Membahas mengenai ikan hias

Ikan hias

Membahas mengenai ikan hias adalah budidaya ikan yang menarik dan berwarna-warni yang dipelihara dalam sistem perairan terbatas. Sebagian besar ditanam oleh petani dan penghobi. Permata hidup adalah istilah lain untuk ikan hias.

Membahas mengenai ikan hias Ikan hias dapat menenangkan, menghilangkan kesepian, dan bahkan meningkatkan kesehatan mental. Ikan hias yang berwarna-warni dan menarik tidak hanya mempercantik lingkungan, tetapi mereka juga dapat meningkatkan mood dan membuat Pet Pals lebih bahagia.

Ikan hias dipelihara untuk menghiasi taman atau ruang tamu. Panorama bawah laut sering kali dianggap menarik sehingga banyak orang rela menghabiskan banyak uang untuk menyelam dan menikmatinya. Kini, berkat kemajuan teknologi, orang dapat menikmati panorama air laut di dalam ruangan. Ikan hias dipelihara untuk kesenangan, oleh karena itu bentuk, warna, ukuran, keserasian, dan biasanya perlu diperhatikan. Indonesia menghasilkan hampir 75% ikan hias air tawar dunia, dan sekurang-kurangnya 363 jenis ikan hias air tawar telah diekspor ke berbagai negara di seluruh dunia.

Pengertian dan Jenis Komoditas Ikan Hias

Komoditas, menurut kbbi.kemdikbud.go.id, adalah barang dagangan utama atau barang dagangan. Karena itu, ikan hias yang diperdagangkan dianggap sebagai komoditas ikan hias.
Sejak beberapa tahun yang lalu, perdagangan ikan hias telah menjadi hal yang biasa. Ada saat-saat ketika ikan hias ini sangat populer, bahkan di Indonesia.
Misalnya, ikan lou han, ikan arwana, ikan cupang, dan ikan chana adalah musim ikan hias. Ikan hias air tawar dan air laut adalah dua jenis ikan hias.

Membahas mengenai ikan hias air tawar

Ikan hias air tawar adalah komoditas perikanan yang dapat dibudidayakan secara tanpa mengenal musim. Banyak peminat ikan hias air tawar mulai pasar lokal hingga pasar ekspor. Ikan hias air tawar lebih mudah dibudidayakan karena sumber air tawar melimpah di mana pun.
Angka ekspor ikan hias air tawar naik dari tahun ke tahun sebesar 0,09–9% per tahun, menurut buku Budi Daya Ikan Hias Air Tawar untuk Ekspor oleh Yusuf Bachtiar (2004:2).
Indonesia hanya mengekspor ikan hias ke Singapura sepuluh tahun yang lalu. Tetapi saat ini telah masuk ke 60 negara lain di seluruh dunia.

Membahas mengenai ikan hias air laut

Ikan hias air laut sangat sulit untuk dibudidayakan. Karena pasokan air laut sangat besar untuk daerah pesisir.
Penangkapan ikan besar-besaran akan mengganggu keseimbangan ekosistem air laut. Ini karena ikan hias air laut hanya dapat diperoleh melalui penangkapan dari lautan. Namun, dari segi harga, ikan hias air laut lebih baik daripada ikan hias air tawar karena memperoleh jenis ikan ini sangat sulit karena harus diambil langsung dari habitatnya di lautan.
Komoditas ikan hias memiliki prospek bisnis yang sangat baik ke depannya. Tidak mengherankan bahwa banyak orang yang memperdagangkan ikan hias sebagai barang dagangan. (IMA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *