mEn66wek4hUZxgyLpfYGsyHo8X3h4RFEl7qVV3iw

Tips Memilih Akuarium Untuk Ikan Hias

Bagi Anda yang baru ingin memulai untuk memelihara ikan hias di akuarium pasti akan sedikit kebingunngan untuk memilih aquarium yang tepat. Untuk itu, kami akan membantu Anda untuk memilih akuarium yang pas untuk ikan hias.


Tips Memilih Akuarium Untuk Ikan Hias


Ada beberapa faktor yang harus diperhitungkan selain harga tentunya. Beberapa pertimbangan seperti jenis ikan hias, letak aquarium, alat-alat aquarium, jenis kaca dan sebagainya.


Banyak orang salah memilih akuarium karena tidak tau jenis akuarium dan karakteristik ikan hias. Sehingga ikan hiasnya tidak bisa tumbuh dengan baik atau ketahanan (durability) aquarium tidak akan bertahan lama.


Mengenal Karakteristik Ikan Hias


Tips Memilih Akuarium Untuk Ikan Hias


Sebelum memilih jenis akuarium apa yang akan dipilih, kenali terlebih dahulu ikan hias yang akan dipelihara.


Beberapa ikan bisa tumbuh besar puluhan centimeter bahkan hingga ratusan centimeter atau satu meter. Hal ini perlu diperhatikan karena kadang kita terpesona dengan lucu dan imutnya saat kecil tetapi beberapa tahun mendatang aquarium kita tidak sanggup untuk menampungnya.


Mengetahui jenis ikan hias tersebut juga cukup penting. Jika memelihara ikan jenis predator, selain harus merogoh kocek yang cukup dalam perhatikan juga ketebalan dinding akuarium.


Ikan predator cenderung agresif dan tak jarang mereka membentur-benturkan diri ke dinding aquarium. Jika kaca akuarium tidak terlalu tebal, siap-siap untuk mencari akuarium yang baru.


Perhatikan Jumlah Ikan yang Dipelihara


Tips Memilih Akuarium Untuk Ikan Hias


Poin ini juga penting dipertimbangkan untuk memilih aquarium untuk ikan hias. Tidak semua ikan bisa dicampur didalam satu aquarium, terutama ikan predator. Khusus ikan predator, mereka akan saling memangsa jika didapati ada ikan jenis lain dibawah ukuran mereka.


Ada beberapa ikan hias predator yang teritorial dan ada juga yang hidup berkoloni. Untuk perbandingan jumlah ikan harus disesuaikan dengan volume aquarium tersebut. 


Jika memang memiliki akuarium yang kecil, sebaiknya hanya memelihara satu atau dua ikan predator yang teritorial. Atau jika ingin aquarium terlihat penuh dengan ikan predator, ikan piranha juga merupakan pilihan yang baik karena memiliki tipe koloni.


Letak dan Ukuran Aquarium Harus Pas


Tips Memilih Akuarium Untuk Ikan Hias


Tujuan memiliki ikan hias didalam akuarium adalah untuk menikmatinya. Maka dari itu letakkan ditempat yang pas dan tidak mengganggu lalu-lalang orang berjalan.


Biasanya meletakkan akuarium di sudut-sudut rumah atau mendesain khusus rumah dengan melubangi tembok dan menempatkan akuarium didalamnya. Selain aman dari jangkauan anak kecil juga menambah point view dari keindahan.


Pertimbangkan juga ukuran akuarium dengan lokasi sudut-sudut ruangan. Jika ukuran akuarium yang ada dipasaran tidak sesuai, memesan akuarium secara custom juga banyak tersedia tersedia sekarang ini.


Akuarium identik diletakkan didalam ruangan, penempatan diluar ruangan selain membuat kotor dan jika terkena paparan sinar matahari akan menumbuhkan lumut yang akan sulit dibersihkan terutama bagian sudut. Menghindari meletakkan dekat jendela juga pilihan yang baik.


Aquarium Berbahan Kaca VS Akrilik


Tips Memilih Akuarium Untuk Ikan Hias


Hal ini paling penting saat mempertimbangkan memilih akuarium baik untuk pemula maupun yang sudah berpengalaman. Secara umum bahan aquarium yang sering dipakai ada dua yaitu kaca dan akrilik. Dari dua bahan tersebut berikut kelebihan dan kekurangannya.


Kaca


Kelebihan


  • Harga lebih murah
  • Tahan gores
  • Transparan/bening
  • Awet
  • Cocok untuk semua ikan terutama ikan besar


Kekurangan


  • Mudah pecah/bocor
  • Berat
  • Bentuk terbatas (Segi Empat, Segilima dan Prisma)
  • Tempat Fix (susah untuk dipindah)


Akrilik


Kelebihan


  • Ringan
  • Tidak mudah pecah/bocor
  • Bentuk mudah dimodifikasi (bervariasi)
  • Mudah dibawa/pindah tempat


Kekurangan


  • Lebih mahal
  • Mudah tergores/baret
  • Tidak awet/menguning
  • Kurang jernih
  • Tidak cocok untuk ikan besar


Jenis Aquarium Ikan Hias


Tips Memilih Akuarium Untuk Ikan Hias


Setelah mengetahui dua bahan yang paling dipakai untuk aquarium, berikut ini jenis-jenis aquarium yang bisa dibuat sebagai referensi untuk mengisi kekosongan bagian rumah.


Aquarium Kubus/Segiempat


Aquarium jenis ini paling umum dijumpai di rumah-rumah dan toko ikan. Bentuk ini cukup mudah untuk pembuatannya sehingga harga aquarium untuk ikan hias ini tidak terlalu mahal. 


Jenis ikan hias tanpa oksigen seperti cupang, komet atau guppy lebih baik menggunakan aquarium jenis ini. Aquarium ini cocok untuk mereka yang baru memulai memelihara, budidaya atau jual-beli ikan hias.


Aquarium Tabung


Tips Memilih Akuarium Untuk Ikan Hias


Ini adalah jenis akuarium eksklusif dan harganya cukup mahal karena pembuatannya dilakukan secara custom atau sesuai pesanan. Biasanya client menentukan diameter aquarium yang disesuaikan dan ruangan mereka dan jenis aquarium ini biasanya diletakkan ditengah-tengah ruangan atau tempat lalu-lalang rumah, perkantoran, toko atau mall.


Untuk membuat jenis aquarium tabung ini menggunakan bahan akrilik, penggunanya harus rajin membersihkannya agar tidak cepat menguning.


Akrilik yang dipesan untuk aquarium tabung dibending sesuai pesanan. Dan biasanya dipesan bersama dudukannya yang berbahan besi atau baja ringan untuk menopang beban aquarium yang cukup berat dan diisi ratusan hingga ribuan kubik air.


Dudukan tersebut juga sebagai tempat untuk meletakkan motor filter dan oksigen. Ikan hias di aquarium ini kebanyakan adalah ikan air laut dengan hiasan batu coral yang menambah keindahan aquarium tabung ini.


Aquarium Variasi/Modifikasi


Tips Memilih Akuarium Untuk Ikan Hias


Aquarium jenis ini tidak memiliki bentuk seperti umumnya seperti tabung atau kubus. Ada yang berbentuk seperti seperempat potongan donat dengan dua sisi melengkung dan dua sisi lainnya menutup bagian melengkung.


Jenis aquarium ini biasanya berbahan dasar akrilik yang memang mudah untuk dibentuk apapun.


Pembuatan aquarium jenis ini bukan tanpa alasan. Kebanyakan pecinta ikan hias memesan aquarium modifikasi karena disesuaikan dengan letak atau posisi ruangan rumah mereka.


Aquarium Waterfall


Tips Memilih Akuarium Untuk Ikan Hias


Aquarium jenis ini merupakan kreatifitas dimana sebenarnya ada beberapa aquarium kecil dengan ketinggian yang berbeda dan menggunakan hanya satu mesin filter air atau menggunakan aquascape untuk mengatur aliran air dari ketinggian.


Ikan hias yang hidup di aquarium ini biasanya ikan-ikan kecil seperti guppy, maskoki, komet, cupang atau lainnya. 


Akuarium waterfall ini bisa sangat murah dan sangat mahal tergantung dekorasi dan bentuk dari aquarium tersebut.


Pertimbangan Berat Maksimum


Aquarium yang baik harus sudah mempertimbangkan ketebalan kaca dengan berat volume air, ikan, dan hiasan aquarium didalamnya. Untuk tebal kaca minimum untuk akuarium idealnya sebagai berikut:


  • kaca tebal 5 mm untuk aquarium dengan ukuran tidak lebih 60 cm
  • kaca tebal 8 mm untuk aquarium dengan ukuran 60 - 100 cm
  • kaca tebal lebih dari 10 mm untuk aquarium dengan ukuran lebih dari 100 cm


Dengan mempertimbangkan ketebalan dan ukuran aquarium beserta isi dan hiasannya menjadikan kita nyaman dan yakin bahwa aquarium tersebut dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama.


Harga dan Biaya


Semakin besar ukuran aquarium semakin mahal harganya dan semakin banyak biaya yang dikeluarkan. Biaya tambahan seperti membeli filter, lampu, perlengkapan pembersih, makanan ikan yang banyak, listrik dan hiasan aquarium semua harus diperhitungkan.


Dari sisi bahan aquarium pun seperti dijelaskan diatas juga berbeda. Tetapi jika sudah mempersiapkan semua biaya, hal itu tidak menjadi masalah karena sebanding dengan kepuasan memelihara ikan hias yang didapat.

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar