Ramuan Rahasia Umpan Mancing Ikan Air Tawar

Ikan air tawar merupakan jenis ikan yang paling diminati banyak orang. Hal ini karena ikan air tawar cukup mudah dikembangbiakan. Selain itu, pemeliharaannya tergolong mudah dan dapat menguntungkan petani ikan. Para pemancing pun banyak yang mengincar, terlebih umpan mancing ikan air tawar lebih mudah diracik dan didapat. Beberapa ikan air tawar yang laku di pasaran dan sering jadi sasaran para pemancing adalah ikan mujair, ikan mas, ikan gurame, ikan nila, ikan gabus, ikan patin, ikan tawes, dan lain sebagainya.

Kegiatan memancing memang terasa menyenangkan, khususnya bagi pecinta kegiatan memancing. Aktivitas memancing air tawar biasa dilakukan di beberapa tempat, seperti empang atau kolam tempat pemancingan, sungai, danau, rawa, dan sawah dekat sungai. Aktivitas ini disukai karena ini merupakan teknik menangkap ikan yang praktis.

Bagi Anda para pemancing ikan air tawar, pastinya sudah merasakan sensasi memancing ikan air tawar yang cukup memakan waktu, sekaligus mampu melepas penat. Karenanya, diperlukan umpan mancing ikan air tawar yang khusus nan jitu. Umpan yang diberikan harus dapat menarik perhatian ikan yang ditargetkan.

Berbicara soal umpan mancing ikan air tawar, sebetulnya ada ramuan khususnya. Selain peralatan yang mumpuni dan teknik pemancingan yang baik, ikan air tawar juga memiliki umpan favorit yang jitu. Berikut beberapa umpan favorit ikan air tawar:

 

Ramuan Rahasia Umpan Mancing Ikan Air Tawar

umpan mancing ikan air tawar

umpan mancing ikan air tawar

 

  1. Kroto

Jika Anda awam dalam hal memancing, tentu asing dengan kata ini. Kroto merupakan kata yang digunakan untuk menyebut telur atau larva semut. Kroto biasanya disebutkan untuk larva semut jenis rangrang. Kroto dihasilkan oleh ratu semut rangrang yang keberadaannya dilindungi oleh sejumlah kawanan semut pekerja. Biasanya kroto berada di lipatan-lipatan daun. Namun, kini telah banyak dijual di toko kebutuhan memancing.

  1. Lumut

Ikan air tawar yang memiliki habitat asli di sungai atau sawah biasanya merupakan pemakan lumut. Lumut sangat mudah ditemui. Jika tidak mau repot, Anda juga bisa mendapatkannya di toko kebutuhan memancing. Untuk umpan mancing ikan air tawar, pilihlah lumut yang agak panjang dan bertekstur agak kasar, agar memudahkan Anda mengaitkannya ke kail. Jenis lumut yang paling disukai ikan air tawar adalah lumut yang warnanya hijau cenderung gelap yang banyak ditemui di selokan.

  1. Cacing

Cacing pastinya sudah tidak asing lagi di telinga siapa saja. Cacing memang terkenal ampuh untuk dijadikan umpan mancing ikan air tawar. Ada dua jenis cacing dari alam yang berbeda yang disukai ikan air tawar, yaitu cacing laut dan cacing tanah. Cacing laut banyak ditemukan di daerah tambak, sedangkan cacing tanah atau cacing merah banyak ditemukan di dalam tanah pekarangan. Jika tidak mau repot mencarinya sendiri, cacing ini banyak dijual di toko. Bawalah umpan cacing sebanyak mungkin, mengingat umpan jenis ini mudah sekali lepas.

Baca Juga:

 

  1. Udang rebon

Orang yang hobi memasak pasti tidak asing dengan udang rebon. Udang rebon memang biasa digunakan sebagai pelengkap olahan masakan. Ternyata tidak hanya berguna sebagai pelengkap masakan, udang rebon juga dikenal efektif untuk digunakan sebagai umpan mancing ikan air tawar. Udang rebon berpotensi dimangsa ikan yang lebih besar dari yang umum. Nah, mengingat ukurannya yang sangat kecil, Anda juga harus memperhatikan bagaimana penempatan udang rebon sebagai umpan agar tidak mudah lepas. Pemasangan kail harus dipasangkan pada bagian sekitar ekor bukan urat punggung. Anda dapat menaruh lebih dari satu udang rebon dalam satu kail, sekitar 3-4 ekor.

  1. Mie

Terdengar agak aneh memang, namun mie merupakan alternatif umpan yang perlu dipertimbangkan nilai gunanya. Tentunya dengan pengolahan yang tepat, yaitu dengan menghancurkannya terlebih dahulu hingga halus merata, kemudian pecahkan sebutir telur bebek dan pisahkan bagian kuningnya. Kemudian aduk hingga merata. Sayangnya, umpan ini hanya cocok dan ampuh pada wilayah pemancingan tertentu yang kondisi airnya tenang, seperti rawa dan/atau sungai.

Agar hasil yang didapat lebih maksimal, terdapat beberapa umpan jitu yang melalui proses pengolahan terlebih dahulu. Pastikan bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan-bahan yang ramah lingkungan dan tidak merusak ekosistem, misalnya resep umpan amis. Bahan yang digunakan untuk membuat umpan amis, yaitu 1 kg putih telur, keju kraft secukupnya, 1 sdm susu bubuk, 10 ekor udang jerbung, mie instan goreng matang, 2 sdm kroto, 1 sdt biang susu, pisang susu yang dihaluskan dan ambil 1 sdm. Caranya dengan menghaluskan semua bahan, kecuali biang susu dan kroto. Blender hingga terlihat mengembang, kemudian tambahkan 2 sdm kroto. Aduk adonan menggunakan sendok. Setelah merata, tuangkan adonan ke kantong plastik dan biarkan selama ±45 menit. Kemudian tambahkan biang susu dan aduk rata. Umpan mancing ikan air tawar siap digunakan…

Leave a Reply