Umpan Mancing Ikan Air Tawar Terbaik

Memancing merupakan hobi bagi sebagian orang. Tentu saja memancing merupakan suatu kegiatan yang sangat menyenangkan. Memancing akan lebih menyenangkan apabila pemancing mendapatkan ikan yang cukup besar setelah menunggu sekian lama. Memang memancing ini merupakan kegiatan yang memerlukan kesabaran yang sangat tinggi. Memancing dapat dilakukan dimana pun baik dalam air tawar seperti kolam, sungai, rawa, yang membutuhkan umpan mancing ikan air tawar terbaik, atau di laut sekalipun. Kebanyakan orang memancing ikan air tawar, ikan ini biasanya akan lebih mudah didapatkan. Namun, untuk mendapatkan ikan air tawar tersebut memerlukan umpan agar ikan dapat terkait mulutnya dan dapat tertangkap. Banyak sekali umpan-umpan yang dapat digunakan untuk menangkap ikan air tawar, karena beda ikan tentu saja umpannya juga berbeda. Berikut ini merupakan beberapa umpan yang dapat digunakan untuk memancing.

Umpan Mancing Ikan Air Tawar Terbaik

Umpan Mancing Ikan Air Tawar Terbaik

Umpan Mancing Ikan Air Tawar Terbaik

  1. Cacing

Kebanyakan orang menggunakan cacing sebagai umpan untuk memancing, karena cacing merupakan umpan mancing ikan air tawar terbaikyang paling banyak digunakan, baik cacing merah maupun cacing laut. Cacing juga merupakan umpan yang mudah untuk didapatkan, karena cacing bisa didapatkan langsung dari tanah pekarangan seperti cacing merah. Sedangkan untuk laut sendiri akan banyak ditemukan di daerah sekitar tambak. Sebenarnya akan lebih mudah jika umpan cacing ini dibeli langsung karena cacing mudah putus sehingga akan sangat membutuhkan umpan yang agak banyak. Oleh sebab itu dengan membeli akan lebih menghasilkan banyak cacing daripada mencari sendiri di pekarangan.

  1. Lumut

Lumut juga bisa digunakan sebagai umpan mancing , karena ikan air tawar omnivora dapat mengkonsumsi lumut, dan biasanya ikan yang mempunyai habitat di sungai atau sawah mengkonsumsi lumut. Meskipun lumut muda maupun tua tidak masalah yang terpenting adalah ukurannya yang panjang agar dapat lebih mudah jika dipasangkan pada kail pancing. Biasanya lumut yang banyak disukai oleh ikan air tawar ini adalah lumut yang berbentuk seperti rambut dan berwarna hijau gelap, biasanya lumut seperti ini dapat ditemukan di dasar selokan atau dasar parit.

Baca Juga: 

 

  1. Kroto

Kroto menjadi alternatif umpan mancing air tawar. Kroto merupakan telur semut, biasanya kroto ini ada pada sarang semut. Atau kroto ini bisa didapatkan di toko makanan burung. Biasanya kroto yang digunakan adalah kroto yang segar yang mempunyai ciri agak masam pada aromanya dan terdapat semut-semut dewasa di sekitarnya.

  1. Udang rebon

Udang rebon sudah menjadi hal yang biasa untuk digunakan sebagai umpan, karena udang rebon ini sangat berpotensi dalam mendapatkan ikan yang banyak dan besar. Biasanya ikan tawar ini akan memakan udang rebon, terlebih ikan besar. Untuk pemasangan udang rebon sendiri harus ada yang diperhatikan, yakni dalam pemasangannya. Lebih baik untuk memasangkan udang rebon pada kail di bagian sekitar ekor bukan di bagian urat punggungnya agar umpan dapat bertahan hidup. Biasanya untuk satu mata kali bisa dipasangkan beberapa udang rebon, bisa 3-4 .

  1. Mie

Mie merupakan makanan manusia yang dapat dijadikan sebagai umpan mancing ikan air tawar terbaik. Mie sendiri sudah banyak digunakan oleh banyak orang sebagai alternatif untuk umpan jika akan memancing ikan di sungai. Mie tidak langsung dikaitkan pada kail ikan saja, tetapi mie harus diproses terlebih dahulu. Mie dihancurkan sampai berukuran kecil, lalu tambahkan sebutir telur bebek bagian kuningnya, dan aduk hingga rata. Umpan seperti ini dapat digunakan untuk menangkap ikan di danau dan rawa-rawa dengan air yang tenang.

Itulah beberapa umpan mancing ikan air tawar yang dapat digunakan untuk menangkap ikan baik itu di sungai, kolam, rawa, bahkan di danau. Umpan sendiri merupakan suatu hal yang sangat penting dan juga dapat mempengaruhi keberhasilan seseorang dalam memancing. Oleh sebab itu pemilihan umpan juga sangat dibutuhkan, sebab seperti yang diketahui bahwa setiap ikan pastinya mempunyai selera umpan yang berbeda-beda. Selain umpan yang telah disebutkan tadi, ada juga umpan yang dapat dibuat sendiri seperti jagung yang diparut dan dicampur dengan mentega, kemudian dikukus hingga matang. Setelah itu diberikan essen rasa apa saja, dan aduk hingga merata. Sama halnya seperti mie, umpan ini ditambahkan telur bebek dan ubi jalar kukus. Kemudian bisa ditambahkan dengan mie atau tidak.

Untuk ikan tawar jenis belut dapat menggunakan perangkap di sawah, biasanya orang-orang akan menggunakan kecebong, cacing, atau jangkrik sebagai umpan mancing ikan air tawar. Biasanya cacing akan dibakar sebentar sebelum disimpan dalam perangkap dan dimasukan ke sawah. Berbeda dengan ikan air jenis nila, biasanya ikan jenis ini bisa didapatkan dengan membuat umpan sendiri. Biasanya dapat digunakan pelet dan daun pandan. Daun pandan ini ditumbuk terlebih dahulu untuk diambil sari arinya yang kemudian dicampurkan dengan pelet

Leave a Reply