Umpan Jitu Ikan Mas untuk Hasil Pancingan yang Berlimpah

Mungkin beberapa dari Anda menyukai kegiatan memancing, atau bahkan memancing sudah menjadi hobi Anda untuk mengisi kegiatan waktu luang Anda. Tentu saja bagi Anda yang suka memancing, pasti harus tahu trick atau cara agar umpan Anda bisa dimakan oleh ikan. Ikan Mas salah satu jenis ikan yang sering dipancing, sehingga Anda memerlukan umpan jitu ikan Mas agar ikan tersebut tertarik dan memakan umpan Anda. Sehingga Anda bisa pulang tidak dengan tangan kosong.

Pada dasarnya, ikan Mas merupakan salah satu jenis ikan dari perairan air tawar, dan ikan ini sudah tidak asing lagi bahkan sangat terkenal di kalangan para pemancing. Hal ini dikarenakan, ikan Mas bisa mudah Anda temukan di tempat seperti rawa, danau, sungai, dan tentu saja kolam pemancingan. Ikan Mas ini banyak menjadi incaran para pemancing karena selain rasanya yang nikmat untuk disantap, ikan Mas ini juga mudah untuk ditangkap. Untuk bisa mendapatkan ikan Mas yang banyak, banyak cara yang sangat simple yang bisa Anda lakukan. Seperti teknik memancing, cuaca, kondisi air, dan juga umpan ikan. Banyak dari Anda yang berpikir bahwa, untuk mendapatkan ikan dengan mudah dan banyak harus menggunakan umpan ikan yang jitu dan mahal. Ternyata tidak perlu mahal untuk mendapatkan umpan jitu tersebut, karena Anda bisa mendapatkannya dengan harga yang cukup murah dengan memanfaatkan beberapa bahan dan perlengkapan yang ada di sekitar dan sering Anda gunakan.

 

Umpan Jitu Ikan Mas untuk Hasil Pancingan yang Berlimpah

Umpan Jitu Ikan Mas

Umpan Jitu Ikan Mas

 

Ikan Mas sendiri biasanya memakan makanan sisa dari manusia yang biasanya dibuang ke kolam, sungai, ataupun danau. Umpan yang biasa digunakan adalah makanan utama dari ikan Mas itu sendiri. Seperti cacing, kroto (semut rangrang), ulat daun pisang, dan juga sekam padi yang dicampur dengan kotoran sapi. Selain umpan utama ikan Mas tersebut, ada pula beberapa racikan dari bahan-bahan yang sering kita jumpai yang dipercaya sebagai umpan jitu ikan Mas. Bagi Anda yang tertarik dan ingin mencoba untuk membuat umpan jitu sendiri untuk memancing ikan Mas, Anda bisa mengikuti beberapa cara berikut untuk membuat umpan tersebut.

Berikut ini terdapat beberapa cara untuk Anda membuat umpan jitu ikan Mas yang bisa Anda praktekkan dan Anda coba dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Pertama, Anda bisa menggunakan bahan-bahan seperti 1 butir telur asin, 1 sachet biskuit rasa kelapa/vanilla/susu, 1 pelet pancing, dan air panas secukupnya. Untuk membuat umpan yang pertama ini pun cukup mudah. Anda hanya perlu menyediakan baskom/wadah dan juga centong atau sendok untuk mengaduknya.

Baca Juga:

 

Lalu Anda bisa memulai meracik umpan jitu tersebut dengan cara, menghaluskan dan menghancurkan 2 keping biscuit, kemudian masukkan 1 butir telur asin yang sudah dikupas kulitnya, lalu haluskan hingga tercampur dengan biskuit tersebut. Selanjutnya, Anda bisa menuangkan air panas sedikit demi sedikit sembari mengaduk bahan-bahan yang sudah dihaluskan sebelumnya. Aduk hingga bahan tersebut tidak terlalu lembek dan juga tidak terlalu keras. Setelah itu, Anda bisa menambahkan 1 sachet pelet pancing sedikit demi sedikit sembari mengaduk hingga adonan umpan sesuai dan tidak mudah pecah dalam air, dan juga tidak terlalu keras.

Kedua, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan seperti 1 bungkus susu bubuk, sarden, 1 santan kecil, 1 ons kroto, 4 butir putih telur, dan 3 lembar daun pandan untuk membuat umpan jitu ikan Mas selanjutnya. Cara membuatnya pun Anda hanya perlu mencampurkan bahan-bahan tadi (kecuali sarden), lalu mengaduknya hingga rata. Kemudian, kukus selama 15 menit, lalu setelah dikukus dan menunggu dingin, Anda bisa mencampurkan sarden dan aduk hingga merata.

Ketiga, bahan lain yang bisa Anda gunakan untuk umpan jitu ikan Mas yaitu 2 sdm tepung beras ketan, 2 sdm tepung beras biasa, santan, sepotong keju, 1 sachet susu bubuk, dan 1 ons kroto. Caranya, cukup mencampurkan semua bahan (kecuali santan), lalu baru tuangkan santan secukupnya agar tidak terlalu encer ataupun kental. Kemudian jika sudah tercampur semua, masukan adonan umpan ke dalam plastik dan dikukus selama 20 menit, setelah itu tunggu hingga dingin dan umpan jitu pun siap digunakan. Bahan umpan jitu ikan Mas selanjutnya yang bisa Anda gunakan adalah dengan 200-300 gram pellet ikan, 2-3 iris pindang tongkol, 2-3 buah crackers rasa keju, dan setengah ons kroto. Cara membuatnya, Anda harus merendam ikan pindang tongkol dengan air panas (10 menit), lalu tiriskan dan campur dengan pelet dan crackers hingga merata, dan cocolkan kroto dengan umpan jika Anda hendak memancing.

Jadi, itu lah beberapa macam bahan dan cara yang bisa Anda praktekkan untuk membuat dan mendapatkan umpan jitu ikan Mas. Hanya dengan memanfaatkan bahan-bahan yang sering dan mudah Anda temukan, Anda bisa menghasilkan umpan yang cukup jitu untuk memancing. Tetapi selain umpan yang jitu, faktor keberuntungan pun juga diperlukan dalam dunia memancing ini

Leave a Reply