Umpan Ikan Patin yang Paling Jitu

Kegiatan memancing saat ini bukan hanya dijadikan sebagai upaya menangkap ikan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga atau untuk dijual saja, tetapi juga dilakukan sebagai hobi sambil mengisi waktu luang. Salah satu jenis ikan yang paling sering dijadikan target memancing adalah ikan patin yang dipancing dengan menggunakan umpan ikan patin. Selain itu, sensasi memancing ikan patin sangat menyenangkan, karena jika sudah tersangkut mata kail, ikan patin akan memberontak dan ukurannya tubuhnya yang cukup besar, sehingga membutuhkan usaha lebih untuk memancing ikan tersebut. Tidak hanya itu saja, menu masakan ikan patin biasanya sangat digemari karena dagingnya yang lembut dan gurih bisa diolah menjadi berbagai macam olahan pendamping nasi.

Biasanya masyarakat yang hobi memancing ikan patin tidak hanya menyambangi kolam pemancingan ikan patin saja, tetapi juga sungai. Karena ikan patin yang ada di sungai biasanya lebih liar dan lebih besar, bahkan banyak yang beratnya hingga lebih dari 5 kg, sehingga menimbulkan sensasi memancing yang lebih memuaskan. Selain bobot ikan patin lebih besar, memancing ikan patin di sungai juga lebih diminati karena tidak perlu membayar hasil tangkapan seperti di kolam pemancingan. Oleh karena itu memancing di sungai dianggap lebih menguntungkan asalkan menggunakan umpan ikan patin yang tepat.

Jika selama ini memancing ikan patin baik di sungai maupun di kolam pemancingan hasilnya kurang memuaskan, maka bisa jadi umpan yang digunakan kurang tepat, sehingga kurang menarik minat ikan tersebut. Umpan yang tepat akan menentukan seberapa banyak hasil tangkapan, termasuk dalam memancing ikan patin. Oleh sebab itu, berikut ini akan dijelaskan mengenai jenis-jenis umpan ikan patin jitu dan hasilnya sangat memuaskan yang dapat Anda coba, yaitu:

 

Umpan Ikan Patin yang Paling Jitu

 

Umpan Ikan Patin

Umpan Ikan Patin

Baca Juga:

 

  • Umpan patin racikan 1. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat umpan ini yaitu roti tawar sebanyak 5 lembar, 2 butir telur bebek mentah, pelet ikan sebanyak ½ kg, setengah sendok makan terasi udang, dan air panas secukupnya. Kemudian campurkan seluruh bahan tersebut sambil menuang air panas sedikit demi sedikit dan aduk hingga merata sempurna hingga campuran bahan-bahan tersebut bertekstur kenyal. Setelah itu, masukkan bahan tersebut ke dalam plastik dan umpan patin siap digunakan dengan cara mengaitkan umpan yang dibentuk bulat-bulat dengan mata kail.
  • Umpan ikan patin racikan Bahan yang diperlukan untuk membuat umpan jenis ini yaitu 2 buah terasi, 2 lembar roti rasa keju, 1 butir kuning telur rebus, 2 sendok makan madu, pelet ikan sebanyak 1 gelas, dan air secukupnya. Setelah semua bahan disiapkan, campurkan bahan tersebut sambil diberi air secukupnya hingga adonan bertekstur kenyal, kemudian aduk hingga merata. Setelah itu, bentuk adonan umpan menjadi bulat kecil-kecil sesuai besarnya mata pancing yang digunakan dan umpan tersebut sudah siap pakai.
  • Umpan patin racikan 3. Bahan-bahan pembuatan umpan ini yaitu pelet ikan sebanya 1 ons, tepung pelet, 2 butir kuning telur bebek yang sudah direbus, tepung udang yang benar-benar halus dan tentunya air secukupnya. Cara membuatnya sama seperti cara membuat umpan racikan 1 dan 2. Setelah itu, umpan siap digunakan.
  • Umpan ikan patin dari ikan kecil. Meskipun tidak terlalu buas, ikan patin termasuk ikan jenis predator yang suka memangsa ikan-ikan kecil, misalnya ikan wader dan ikan sepat. Umpan ikan kecil-kecil tersebut tidak susah mendapatkannya, karena di toko umpan ikan sudah banyak menjual ikan kecil untuk dijadikan sebagai umpan.
  • Umpan patin dari udang. Jenis ikan-ikan besar biasanya menyukai umpan pancing berupa udang, termasuk ikan patin. Untuk mendapatkan umpan udang tersebut, Anda bisa mendapatkannya di pasar atau dengan cara menjaring udang di sekitar pinggiran sungai.
  • Umpan ikan patin dari katak kecil. Katak muda atau katak berukuran kecil sangat digemari ikan terutama ikan patin, apalagi katak yang masih dalam keadaan hidup. Oleh sebab itu, umpan katak muda paling sering dipakai untuk memancing.
  • Umpan patin dari cacing. Menggunakan cacing sebagai umpan memancing sangat sering dilakukan untuk memancing ikan patin. Bahkan tidak hanya ikan patin yang bisa didapatkan jika menggunakan cacing sebagai umpan, tetapi juga bisa mendapatkan ikan nila, ikan gabus, dan sebagainya. Apalagi jika memancing di rawa, sungai, waduk, maupun danau.

Itulah beberapa jenis umpan patin yang dijamin jitu untuk mendapatkan ikan patin yang besar dan banyak. Sebaiknya menggunakan umpan racikan untuk memancing di kolam karena ikan patin sudah biasa diberi pakan berupa pelet. Sedangkan menggunakan umpan ikan patin alami seperti cacing, udang, ikan kecil, dan katak kecil jika memancing di sungai, waduk, danau atau rawa, karena ikan patin di sana lebih terbiasa memakan makanan yang alami……

Leave a Reply