Umpan Ikan Nila yang Paling Ampuh

Saat ini memancing tidak hanya dilakukan untuk mendapatkan ikan semata, tetapi juga menjadi hobi bagi sebagian orang untuk mengisi waktu luang. Ikan yang menjadi incaran dalam memancing biasanya ikan nila yang tentunya dengan menggunakan umpan ikan nila. Memancing ikan nila sangat digemari karena caranya cukup mudah, umpannya juga sederhana, dan ikan nila sangat enak dikonsumsi. Selain itu, ikan nila sebenarnya merupakan salah satu jenis ikan yang rakus dan pemakan segala, sehingga sangat mudah dipancing. Banyak masyarakat yang lebih suka memancing ikan nila tersebut membuat beberapa tempat pemancingan ikan lebih memilih menyediakan ikan nila dengan bobot di atas 1 kg sebagai pusat perburuan.

Meskipun memancing ikan nila cukup mudah, namun apabila umpan ikan nila yang digunakan tidak sesuai dengan selera ikan nila tersebut, maka memancing ikan tersebut tidak akan membuahkan hasil. Oleh sebab itu, penggunaan umpan yang tepat sangat menentukan banyaknya hasil pancingan ikan nila yang didapatkan. Jika umpan yang digunakan untuk memancing ikan nila tidak sesuai, maka umpan tersebut tidak akan dimakan sama sekali, bahkan tidak akan perhatian menarik ikan nila tersebut. Penggunaan umpan memancing yang tepat tidak hanya sangat penting untuk memancing ikan nila saja, tetapi juga untuk memancing ikan jenis lainnya.

 

Umpan Ikan Nila yang Paling Ampuh

Umpan Ikan Nila yang Paling Ampuh

Umpan Ikan Nila yang Paling Ampuh

Baca Juga:

Bagi Anda yang ingin memancing ikan nila namun ingin mendapatkan hasil pancingan yang lebih banyak, berikut ini ada beberapa umpan ikan nila yang direkomendasikan dan dijamin ampuh untuk memancing, antara lain yaitu:

  • Umpan dari cacing merah. Cacing merah termasuk umpan yang cukup disukai ikan nila. Namun penggunaan cacing merah sebagai umpan untuk memancing ikan nila tidak setiap saat bisa digunakan, karena tergantung waktu yang paling tepat. Apabila kondisi cuaca saat memancing ikan nila sedang hujan, maka umpan cacing merah ini sangat cocok, karena kondisi air pada saat hujan agak sedikit keruh. Sedangkan apabila cuaca sedang cerah, sebaiknya jangan menggunakan umpan jenis ini, karena pada dasarnya makanan ikan nila adalah lumut, sehingga umpan berupa cacing merah tidak akan menarik. Trik umpan nila yang satu ini sudah banyak dibuktikan oleh pemancing, dan nyatanya justru berhasil.

 

  • Umpan dari lumut. Pada dasarnya makanan utama ikan nila terutama ikan nila liar adalah lumut. Meskipun menjadi makanan utama, namun tidak semua jenis lumut disukai ikan nila apalagi lumut yang memiliki tekstur lembek. Jenis lumut yang paling disukai ikan tersebut adalah jenis lumut yang memiliki tekstur lebih kasar dan berwarana lebih hijau. Sebaiknya menggunakan umpan lumut untuk memancing ikan nila yang berukuran besar atau nila jenis dumbo, karena biasanya ikan nila berukuran makan dengan cara menyedot makanannya, begitu pula dengan umpan yang telah dibalut lumut.

 

  • Umpan dari kroto dan laron. Memancing ikan nila dengan menggunakan umpan ikan nila berupa kroto atau telur semut dan laron cukup sering dilakukan, namun biasanya jenis ikan nila yang dipancing yaitu ikan nila liar yang hidup di sungai, bukan di kolam pemancingan. Laron dan kroto merupakan salah satu makanan yang sangat disukai ikan nila, karena mungkin rasanya hampir sama dengan rasa cacing merah. Biasanya laron akan muncul ketika memasuki musim hujan. Sementara itu, ikan nila sangat suka memakan laron ketika musim hujan kondisi air menjadi cukup keruh. Oleh sebab itu, menggunakan umpan kroto dan laron untuk memancing ikan nila sangat tepat ketika sedang hujan.

 

  • Umpan ikan racikan sendiri. Meskipun termasuk jenis ikan yang suka makan, memancing ikan nila ternyata tetap saja tidak segampang itu. Karena pada saat tertentu, ikan nila lebih suka berenang ke pinggir perairan. Hal tersebut tidak hanya karena cuaca cerah atau hujan, baik siang ataupun malam, tetapi juga karena umpan yang digunakan kurang tepat, sehingga tidak akan menarik perhatian ikan tersebut. Oleh sebab itu, biasanya memancing ikan nila menggunakan umpan yang diracik sendiri dengan menggunakan kombinasi bahan-bahan tertentu. Untuk membuat umpan ikan nila yang diracik sendiri, bahan yang diperlukan yaitu 1 butir kuning telur, setengah gelas pelet ikan, 2 tetes ramuan essen umpan ikan, dan 2 sendok teh madu. Setelah semua bahan disiapkan, selanjutnya campurkan semua bahan tersebut dan diaduk hingga merata. Setelah itu, kukus adonan umpan ikan tersebut hingga matang. Jika sudah matang dan didinginkan, umpan racikan tersebut siap digunakan.

Itulah beberapa jenis umpan ikan nila yang sangat ampuh dan mudah untuk Anda coba. Menggunakan umpan-umpan alami lebih disukai ikan nila, sehingga sebaiknya gunakan umpan alami saja. Namun jika jenis ikan nila yang dipancing merupakan ikan nila hasil budidaya, sebaiknya gunakan umpan racikan, karena jenis ikan nila tersebut sudah terbiasa dengan pakan berupa pelet….

Leave a Reply