Umpan Ikan Nila Jitu untuk Memancing

Umpan merupakan suatu hal yang penting yang dibutuhkan oleh para pemancing, karena umpan ini sangat mempengaruhi keberhasilan dari sebuah kegiatan memancing. Umpan sendiri biasanya menggunakan beberapa ramuan atau racikan dari cacing, kroto, jangkrik, dan udang kecil. Untuk umpan ikan Nila sendiri berbeda dengan ikan yang lainnya, karena umpan untuk ikan Nila ini terhitung irit dan juga tidak ribet. Ya, walaupun setiap pemancing memiliki karakter dan kepercayaan tersendiri terhadap umpan yang Anda gunakan untuk memancing, termasuk untuk ikan Nila.

Ikan Nila merupakan spesies ikan air tawar yang biasa dikonsumsi oleh manusia, dan juga cukup diandalkan sebagai ladang ekonomi. Tidak heran jika ikan Nila ini mudah ditemukan di Indonesia. Banyak para pemancing yang hobi dan mengisi waktu luang mereka dengan memancing ikan Nila. Mungkin untuk memancing ikan Nila akan lebih mudah saat musim penghujan, karena ikan Nila akan lebih mudah lapar pada musim itu. Tentu saja Anda juga memerlukan sebuah umpan untuk memancing ikan Nila. Anda bisa menggunakan umpan ikan Nila yang biasa saja, atau Anda juga bisa menggunakan umpan racikan untuk memancing ikan Nila. Sifat atau karakteristik yang ikan Nila punya adalah karakter yang rakus dan sangat mudah untuk berkembangbiak, fisiknya pun juga cukup kuat jika di dalam air yang keruh.

Umpan Ikan Nila Jitu untuk Memancing

Umpan Ikan Nila jitu

Umpan Ikan Nila jitu

 

Berikut ini ada beberapa jenis dan macam dari umpan biasa yang digunakan untuk ikan Nila antara lain: 1) Umpan lumut, yang mana Anda ketahui bahwa lumut makanan pokok bagi ikan Nila. Biasanya lumut yang dimakan oleh ikan Nila yaitu lumut yang memiliki tekstur lebih kasar dan warnanya lebih hijau. 2) Umpan cacing merah, biasanya digunakan pada saat air hujan turun dan kondisi air kolam agak keruh, karena mengingat bahwa tingkat kelaparan ikan Nila tinggi saat hujan. Sehingga umpan cacing merah ini sangat tepat. 3) Umpan kroto dan laron, juga merupakan makanan sampingan yang ikan Nila juga suka. Ukurannya yang lebih kecil dari umpan lainnya, membuat ikan Nila mudah untuk mengkonsumsinya, sehingga sangat cocok untuk menjadi umpan memancing.

Bukan hanya umpan-umpan biasa yang menjadi makanan pokok ikan Nila saja yang bisa Anda gunakan untuk memancing. Tetapi, Anda juga bisa membuat umpan racikan sebagai umpan ikan Nila Anda. Anda bisa membuat dan mengolah umpan racikan ini sendiri di rumah, hanya dengan menggunakan umpan-umpan biasa tadi, dan juga ditambah atau dicampurkan dengan bahan-bahan pelengkap lainnya yang bisa menghasilkan sebuah adonan umpan yang disukai oleh ikan Nila.

Baca Juga:

 

Berikut beberapa cara untuk membuat dan meracik umpan ikan Nila yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Pertama, Anda bisa membuat umpan untuk ikan Nila dengan pelet. Anda hanya memerlukan setengah gelas pelet ikan, 1 kuning telur, 2 sdt madu, dan tetesan ramuan essen umpan ikan (Aquatic Essen). Caranya, Anda hanya perlu mencampurkan berbagai bahan tersebut menjadi satu, lalu dikukus hingga matang. Kemudian Anda juga bisa meneteskan kembali essen umpan ikan itu lagi sekitar 3-5 tetes ketika Anda hendak memancing, kemudian aduk kembali hingga merata.

Kedua, masih menggunakan pelet, tetapi tidak dicampur atau ditambah dengan bahan-bahan lain. Anda hanya perlu mengolah pelet tersebut menjadi kenyal. Caranya cukup mudah dilakukan, Anda hanya perlu mencampurkan pelet yang berbentuk serbuk dengan air secukupnya, lalu Anda bisa meremas-remasnya hingga terasa kenyal dan tidak mudah hancur jika terkena air. Anda juga bisa menggunakan pelet yang berbentuk bulat, caranya dengan memasukkan pelet ke dalam air panas (kurang lebih 1 menit) hingga pelet sedikit mengembang, lalu tiriskan. Setelah pelet mengembang, remas pelet hingga menjadi seperti liat dan mudah dibentuk.

Umpan ikan Nila yang ketiga, yang bisa Anda buat adalah dengan babon. Umpan babon ini merupakan umpan yang menggunakan cotton bud, dimana teknik memancing yang digunakan dengan cara membuat ikatan pada rangkaian pancing. Dibagian mata kailnya, Anda bisa masukkan beberapa potongan kecil cotton bud (gunakan yang berwarna putih). Selanjutnya, umpan racikan keempat yang bisa Anda gunakan untuk memancing ikan Nila yaitu lumut.

Umpan ikan Nila ini bisa Anda racik dengan lumut asli yang masih segar yang bisa Anda temukan di sungai. Untuk mencampur umpan lumut ini, Anda bisa memilih yang masih segar, hijau, dan yang sudah memiliki helaian yang menunjukkan bahwa lumut tersebut sudah tua. Anda juga bisa menggunakan lumut murni sebagai umpan untuk ikan Nila, dengan menambahkan beberapa cacing dan juga pelet untuk digabung dan dicampurkan.

Nah, jadi itulah beberapa jenis dan macam umpan yang bisa Anda gunakan untuk memancing ikan Nila. Baik umpan biasa ataupun umpan racikan, keduanya merupakan sama-sama umpan ikan Nila yang bisa dan ampuh digunakan untuk memancing. Karakter rakus yang dimiliki oleh ikan Nila, juga sangat membantu para pemancing terkait hal ini. Usahakan Anda memancing di saat hujan turun, karena peluangnya lebih besar untuk mendapatkannya…

Leave a Reply