4 Umpan Ikan Mas Jitu yang Perlu Dicoba

Umpan Ikan Mas JituIkan mas merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang cukup populer di kalangan masyarakat. Ikan ini banyak ditemukan di sungai, rawa, danau, dan ada pula tempat pemancingan khusus ikan mas. Ikan ini sering dipancing sebagai keperluan konsumsi. Banyak orang yang belum mampu meracik umpan ikan mas yang pas untuk bisa mendapatkannya.

Memancing ikan mas tidak lah mudah, meskipun ikan ini merupakan jenis ikan yang mudah ditangkap. Banyak orang-orang yang menghabiskan waktunya dengan memancing ikan ini. Entah itu hanya sekedar hobi atau memang untuk dikonsumsi. Biasanya permasalahan berada di umpan ikan mas yang harus diberikan agar bisa mendapatkan hasil pancingan yang maksimal. Selain itu, perlu diketahui pula perilaku dari ikan mas, makanan kesukaan, dan kebiasaan makannya. Memancing ikan mas sama seperti memancing ikan mujair, karena ikan mas tidak menyukai perairan yang keruh. Maka perlu mencari perairan yang cukup jernih. Waktu makan ikan mas biasanya lebih sering makan di pagi dan malam hari. Saat akan memancing juga tidak perlu ke tengah, hanya cukup di pinggiran sungai atau rawa saja. Hal ini karena ikan mas yang lapar akan lebih senang berenang gerombolan ke pinggir sungai.

Perilaku ikan mas akan berubah jika sudah berada di kolam. Jam makan, cara memancing pun berbeda. Ikan mas yang sudah berada di kolam jam makan sudah tidak tentu, cara memancingnya pun bisa di mana saja.

Bagi pemancing yang lebih suka memancing ikan di sungai atau rawa-rawa perlu umpan ikan mas jitu agar bisa mendapatkan hasil pancingan yang banyak. Tidak hanya memperhatikan waktu makan dan cara memancing. Hal utama yang diperlukan untuk memancing adalah perlu mempersiapkan umpan yang disukai ikan mas.Berikut ada beberapa resep racikan untuk umpan ikan mas jitu bisa memperoleh hasil pancingan yang banyak.

 

4 Umpan Ikan Mas Jitu yang Perlu Dicoba

Umpan Ikan Mas Jitu

Umpan Ikan Mas Jitu

Baca Juga:

 

Resep 1

Resep pertama bisa Anda buat dengan bahan yang cukup seadanya. Bahan yang perlu disiapkan adalah sebutir telur asin atau telur ayam, satu sachet biskuit rasa kelapa/vanila/susu, sesachet pelet mancing, dan air panas secukupnya. Pertama, dua keping biskuit dihaluskan, kemudian campurkan dengan sebutir telur asin sampai halus. Setelah itu, tambahkan air panas secukupnya hingga adonan menjadi di antara lembek dan keras. Campurkan satu sachet pelet mancing sedikit demi sedikit. Maka akan dihasilkan adonan yang tidak terlalu lembek dan tidak terlalu keras juga. Hingga umpan sudah siap untuk digunakan.

Resep 2

Bahan yang perlu disiapkan yaitu dua butir telur bebek/ayam, satu bungkus susu bubuk ukuran kecil saja, satu sendok makan margarin, 50 gram kroto (telur semut rangrang) segar, ¼ sendok makan biang susu essen premium strike secukupnya. Cara membuatnya cukup sederhana, pertama campurkan telur dan susu sachet (bisa gunakan susu dancow) hingga merata, tambahkan satu sendok makan margarin. Kemudian masukan tiga tetes essen amis premium strike, diaduk hingga merata. Adonan tersebut dimasukan ke dalam plastik dan kemudian dikukus. Terakhir, setelah dikukus, campurkan dengan kroto. Umpan ikan mas sudah siap digunakan.

Resep 3

Untuk membuat umpan ikan mas diperlukan beberapa bahan yaitu 3 butir telur bebek, deho 3 sendok makan, essen wijsman ½ sendok teh, essen katilayu ½ sendok teh, keju apel secukupnya, susu bubuk 5 sendok makan, jagung tumbuk 1 ons, dan kinoy (pengeras) secukupnya. Cara membuatnya pertama-tama memisahkan kuning telur dari putihnya dan yang digunakan hanya kuningnya saja. Tambahkan deho, essen wijsman, essen katilayu, keju apel, dan susu bubuk lalu aduk rata. Setelah itu tambahkan jagung tumbuk dan kinoy, aduk hingga merata. Adonan masukan ke dalam kantong plastik dan dikukus selama 10-20 menit. Racikan umpan ikan sudah siap untuk digunakan.

Resep 4

Resep selanjutnya disebut sebagai umapan putih. Bahan yang diperlukan yaitu dua butir telur ayam, susu bubuk sesachet, kroto atau telur semut rangrang, santan kelapa 1 bungkus, keju wisman, essen tengiri, daun pandan 2 helai, pengeras umpan atau kinoy. Cara membuatnya cukup sederhana, pertama campurkan telur, susu bubuk, dan santan aduk perlahan. Siapkan plastik yang diisi oleh daun pandan yang sudah diremas-remas, baru masukan adonan yang sudah dicampurkan. Kemudian rebus adonan tersebut dengan air hingga mendidih, tunggu hingga 10 menit. Lalu tambahkan kinoy agar adonan menjadi lebih kenyal. Ketika sudah kenyal maka umpan putih ikan mas sudah bisa digunakan untuk memancing.

Itulah beberapa resep umpan ikan mas yang bisa digunakan untuk memancing. Resep ini bisa digunakan dengan disesuaikan dengan kepentingan dan bisa dengan bahan yang seadanya. Sehingga Anda bisa mendapatkan hasil pancingan ikan mas yang maksimal dan memuaskan…

Leave a Reply