Umpan Ikan Gabus agar Cepat Disambar Ikan saat Memancing

Apa ya Umpan Ikan Gabus? Mungkin banyak dari kita yang masih belum mengetahuinya? Memancing bagi beberapa orang merupakan salah satu hobi yang sangat digemari. Walaupun bagi beberapa orang memancing butuh kesabaran yang ekstra karena harus menunggu ikan dalam waktu yang tidak sebentar, tetapi bagi beberapa orang yang menyukai kegiatan memancing ini menunggu lama bukanlah menjadi hambatan. Belum lagi para pemancing ini harus menghadapi cuaca yang tidak menentu ketika memancing di alam terbuka seperti di sungai maupun di laut. Namun, tantangan tersebutlah yang terkadang menjadi tantangan tersendiri bagi para pemancing untuk tetap bertahan pada hobi tersebut.

Hobi memancing ini terkadang dimaknai sebagai hanya sekadar hobi saja dimana setelah mendapatkan ikan biasanya ikan akan dilepas kembali, namun ada pula yang memancing untuk ditangkap ikannya dan dijadikan sebagai pemeneh kebutuhan sehari-hari. Salah satu jenis ikan yang sring diincar oleh para pemancing ini adalag ikan gabus. Untuk bisa menangkap ikan ini, pemancing harus memilih terlebih dahulu umpan ikan gabus yang akan digunakan.

 

Umpan Ikan Gabus agar Cepat Disambar Ikan saat Memancing

Umpan Ikan Gabus

Umpan Ikan Gabus

 

Ikan gabus merupakan salah satu ikan yang banyak diincar orang ketika memancing. Ikan gabus memiliki habitat di sungai dan juga rawa air tawar. Selain sungai dan rawa, ikan gabus juga memiliki habitat di parit, tambak maupun perairan air dangkal lainnya. Ikan gabus termasuk dalam jenis ikan kanibal, yaitu ikan yang dapat memakan sesama jenis apabila persediaan makanan bagi ikan ini di alam sudah semakin sedikit. Dalam dunia memancing, ikan gabus termasuk dalan jenis ikan yang mudah untuk dipancing. Ukuran ikan gabus dapat mebcapai 1 meter dengan ukuran kepala yag cukup besar. Ciri-ciri fisik ikan gabus ini adalah warna kepalanya yang hitam mirip seperti ikan.

Beberapa orang sangat suka memancing ikan gabus dan terkadang ikan ini menjadi salah satu ikan incaran para pemancing ketika memancing di sungai dan rawa karena ketika dikonsumsi. Ikan ini memiliki daging yang tebal dan rasanya gurih. Bagi para pemancing yang memancing ikan untuk dimasak, ikan bagus sangat pas dijadikan sebagai target. Selain dimakan, ikan gabus banyak dicari karena dapat dijadikan obat berbagai macam penyakit seperti untuk mengobati bekas luka akibat operasi, luka akibat kecelakaan, korengan, dan lain-lain. Oleh karena itu, untuk memancing ikan ini, harus memilih umpan ikan gabus yang sesuai agar ikan ini mau memangsanya dan dapat tersangkut di kail pancing.

Memancing memang bagi orang yang hobi dengan kegiatan ini merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan. Menunggu waktu hingga umpan dapat disambar oleh ikan merupakan kenikmatan tersendiri bagi para pemancing, apalagi ketika umpan disambar ikan kepuasan yang sangat besar bagi para pemancing. Memancing terbukti dapat meningkatkan kesabaran seseorang dan bisa menyegarkan pikiran. Tak aneh apabila banyak orang di akhir pekan meluangkan waktu memancing di alam terbuka baik di sungai, rawa maupun laut setelah bergelut dengan pekerjaan.

Salah satu ikan yang menjadi incara banyak orang adalah ikan gabus. Ikan gabus ini sangat enak bila dimasak, baik dibakar maupun digoreng. Dagingnya yang tebal dan rasanya yang gurih akan memanjakan lidah siapa saja yang memakannya. Bila Anda tertarik ingin memancing ikan ini, maka Anda harus menyiapkan umpan yang sesuai terlebih dahulu. Hal ini karena ikan gabus termasuk dalam ikan yang mudah berkamuflase, terutama di air yang keruh dan berlumpur.

Ikan gabus yang berwarna hitam kelam dari bagian kepala hingga ekornya ini sangat mudah bersembunyi di dasar air seperti lumpur. Akan sangat sulit bagi para pemancing untuk bisa melihat ikan ini secara kasat mata, terutama ketika memancing di rawa dan sungai berlumpur. Untuk mengantisipasinya, maka sebaiknya dibuat umpan gabus yang sesuai sehingga dapat menarik keluar ikan ini untuk segera menyambar umpan pancing yang sudah dipasang.

Baca Juga:

 

Cara Membuat Umpan Ikan Gabus

 

Ada beberapa jenis umpan ikan gabus yang bisa Anda gunakan ketika ingin memancing ikan ini. Berikut adalah beberapa jenis umpan yang bisa Anda gunakan.

  1. Umpan cacing

Cacing merupakan salah satu jenis umpan ikan gabus yang sangat sesuai untuk menarik ikan in keluar dari persembunyiannya. Cacing termasuk dalam umpan favorit ikan gabus, baik di sungai maupun rawa. Umpan cacing ini sangat mudah didapatkan, bisa diperoleh di sawah maupun di kebun.

  1. Umpan ikan

Ikan gabus termasuk dalam ikan kanibal sehingga ikan ini bisa dipancing dengan menggunakan ikan pula. Jenis ikan yang bisa dijadikan sebagai umpan untuk emmancing ikan gabus adalah ikan kecil-kecil.

  1. Umpan serangga

Serangga juga dapat dijadikan umpan ikan gabus ini. Salah satu serangga yang bisa dijadikan umpan adalah belalang. Selain belalang, Anda juga dapat menggunakan jangkrik.

Di atas adalah uraian mengenai jenis umpan ikan gabus yang bisa Anda gunakan. Selamat mencoba dan semoga berhasil…..

Leave a Reply