Bermacam Jenis Umpan Ikan Gabus yang Jitu

Ikan Gabus adalah termasuk dari salah satu jenis ikan predator air tawar. Ikan Gabus ini memiliki habitat aslinya di perairan tawar seperti sungai, danau, parit dan juga kanal. Ikan Gabus ini memiliki struktur tubuh yang cukup kuat. Sehingga, jika Anda ingin memancing ikan ini, Anda perlu mempersiapkan tenaga yang extra dan tentu saja umpan ikan Gabus yang jitu. Hal ini dikarenakan, ikan Gabus ini merupakan jenis ikan predator yang cukup rakus, sehingga ikan ini sangat antusias saat menyambar umpan pancingan dan adrenalin Anda pun akan terpacu saat menarik dan mengangkat ikan Gabus ini ke daratan.

Dalam memancing ikan Gabus, sebenarnya tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkannya. Untuk itu, Anda hanya perlu mencari spot yang cukup bagus untuk Anda yang tentu saja yang berpotensi banyak ikan Gabus. Selain itu, Anda juga pastinya memerlukan umpan yang cukup ampuh untuk digunakan dalam memancing ikan ini, sehingga umpan Anda bisa disambar dan dimakan oleh ikan Gabus ini. Pada dasarnya, ikan Gabus sama seperti ikan pada umumnya yang menyukai makanan atau umpan segar. Ditambah lagi, ikan Gabus ini adalah ikan predator yang tentu saja sangat menyukai makanan atau umpan yang masih segar atau bahkan masih hidup. Berikut ini ada beberapa macam jenis umpan ikan Gabus yang jitu, yang bisa Anda gunakan untuk memancing ikan ini.

Bermacam Jenis Umpan Ikan Gabus yang Jitu

Umpan Ikan Gabus

Umpan Ikan Gabus

 

  • Umpan Ikan Gabus Alami

Umpan alami yang bisa Anda gunakan untuk memancing ikan Gabus adalah 1) cacing, yang biasa digunakan ialah cacing tanah karena memiliki bau amis yang sangat kuat dan menyengat untuk menarik perhatian ikan predator ini. Umpan cacing ini juga mudah untuk Anda cari dan dapatkan. 2) Jangkrik, untuk dijadikan sebagai umpan caranya mudah hanya perlu mengaitkan ekor jangkrik ke kail pancingan Anda, lalu umpan pun siap untuk dilemparkan. 3) Belalang, yang bisa Anda temukan di persawahan. Caranya pun juga mudah, hanya dengan mengaitkan belalang ke mata kail pancingan mulai dari bagian ekornya hingga ke tubuhnya. 4) Ulat daun pisang, yang memang sudah tidak asing untuk dijadikan sebagai umpan. Cara memasang ulat daun pisang ini sebagai umpan sama seperti memasang umpan belalang, yang hanya perlu mengaitkan kail mulai dari ekor hingga ke tubuh.

Hewan kecil lainnya yang bisa Anda gunakan sebagai umpan ikan Gabus alami adalah 5) Katak, yaitu katak kecil (percil) yang biasa berkembang biak di sungai-sungai. Usahakan katak kecil yang digunakan adalah katak yang masih hidup, sehingga dapat menarik perhatian ikan Gabus. Caranya cukup Anda kaitkan ekor katak kecil tersebut ke kail pancingan Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan umpan 6) ikan kecil, baik yang masih hidup ataupun yang sudah mati tetapi yang masih segar. Umpan ikan kecil yang biasa digunakan untuk mancing ikan Gabus adalah ikan kecil jenis Wader. Caranya pun sama seperti memasang umpan percil, dengan mengaitkan kail ke punggung ikan.

Baca Juga:

 

  • Umpan Ikan Gabus Tiruan

Selain dengan umpan alami, Anda juga bisa menggunakan umpan tiruan untuk memancing ikan Gabus. Seperti halnya umpan tiruan soft frog dan viva mazzy frog, yang merupakan jenis umpan tiruan yang dirancang khusus untuk menyerupai seekor katak asli yang biasa digunakan untuk umpan ikan tersebut. Biasanya umpan ini terbuat dari bahan karet atau sintetis. Perbedaan dari kedua umpan tiruan tersebut adalah di ujung mulut viva mazzy frog terdapat tali-tali dan hanya ada 1 kail saja di dalam umpan itu. Selain itu, ada juga mouse frog soft lure, yang mana umpan ini berbentuk tikus asli yang berukuran mungil. Umpan ini juga cukup jitu untuk dijadikan umpan bagi ikan Gabus, karena ikan gabus adalah ikan yang rakus dan agresif, sehingga umpan tikus pun juga akan dimangsa.

  • Umpan Ikan Gabus Racikan

Ternyata Anda juga bisa menggunakan umpan racikan untuk memvariasikan umpan untuk memancing ikan Gabus Anda. Untuk umpan racikan ini, Anda perlu menyediakan tepung udang, tepung ikan, pelet, telur ayam kampong rebus, bawang putih, daging ikan / hewan kecil lainnya, madu, dan air secukupnya. Cara membuatnya cukup mencampur dan mengaduknya menjadi satu hingga seperti adonan, dan bentuk menjadi bulat-bulat.

Jadi, itulah beberapa macam jenis umpan yang bisa Anda gunakan untuk memancing ikan Gabus. Anda bisa memilih diantara umpan ikan gabus yang alami, yang tiruan, atau bisa juga yang racikan. Semuanya sudah dijelaskan secara singkat di atas, sehingga bagi Anda yang masih pemula tidak perlu khawatir. Dengan bermacam jenis umpan tersebut, Anda memiliki pilihan dan tidak monoton saat Anda hendak memancing ikan Gabus, dan dijamin jitu…

Leave a Reply