Tips Budidaya Ikan Mujair

Banyak sekali makanan yang sangat baik untuk kebutuhan gizi, salah satunya adalah ikan. Ikan merupakan makanan yang mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi dan juga dapat mencukupi gizi untuk anak, dewasa, bahkan sampai lansia. Selain itu rasa ikan juga cukup enak apabila dinikmati dengan nasi yang sebagian besar masyarakat Indonesia tidak bisa lepas dari nasi. Salah satu ikan yang paling banyak diminati adalah ikan mujair. Ikan ini merupakan ikan air tawar yang biasa hidup di sungai, kolam yang mempunyai aliran air yang jernih. Ikan ini juga banyak dibudidayakan oleh orang-orang karena cara pembudidayaan yang cukup mudah. Untuk dapat membudidayakan ikan ini Anda dapat membelinya terlebih dahulu atau Anda dapat menangkap sendiri langsung ikan ini. Menangkap ikan ini cukup mudah karena Anda hanya akan memerlukan umpan yang tidak sulit dicari, bahkan ada di sekitar Anda.

Misalnya dengan menggunakan cacing sebagai umpan. Cacing ini merupakan umpan yang paling mudah dicari karena cacing ada di bawah tanah di sekitar pekarangan. Ikan mujair juga mempunyai kandungan seperti ikan pada umumnya. Di antara kandungan ikan ini adalah vitamin, mineral, protein, selain itu juga adanya kandungan omega 3 yang berfungsi untuk kecerdasan otak, adanya selenium, fosfor, kalium, vit B12, vit B6, vit b5, dan vit b3. Selain itu juga ikan ini mempunyai beberapa manfaat untuk kesehatan seperti membantu perkembangan sel otak, ikan ini mengandung asam amino essensial yang cukup bagus untuk otak. Asam amino essensial ini dapat mempercepat pertumbuhan sel dalam tubuh terutama sel otak. Oleh sebab itu, banyak orang-orang yang lebih memilih mengkonsumsi ikan sebagai lauk untuk makan. Selain itu juga ikan ini dapat digunakan untuk camilan karena mempunyai kalori yang cukup rendah.

Tips Budidaya Ikan Mujair

 Budidaya Ikan Mujair

Budidaya Ikan Mujair

 

Ikan mujair ini juga mempunyai manfaat dapat menjaga berat badan karena seperti yang telah barusan disebutkan bahwa ikan mempunyai kandungan kalori yang rendah. Kemudian masakan ikan ini dapat mengurangi asupan kalori harian dengan tetap mendapatkan sumber gizi. Ikan ini juga dipercaya mengandung banyak fosfor dan kalsium. Kandungan ini sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menguatkan tulang. Fosfor juga dapat membentuk pertumbuhan gigi. Selain itu mineral fosfor membantu mencegah penyakit tulang osteoporosis. Selenium yang ada pada ikan ini bermanfaat sebagai antioksidan. Antioksidan ini dapat merangsang vitamin E dan C, dimana vitamin ini dapat menjadikan kulit awet muda, sehingga dapat mencegah penuaan dini.

Baca Juga:

 

Nah, karena ikan mujair ini mempunyai banyak sekali manfaat maka banyak orang yang membudidayakan ikan ini. Untuk membudidayakan ikan ini maka memerlukan beberapa cara agar dapat tumbuh banyak, segar dan besar. Budidaya ini dimulai dari pemilihan lokasi. Lokasi ini cukup baik untuk ditentukan, ada beberapa syarat lokasi untuk membudidayakan ikan ini. Yaitu dari keramaian, dan mempunyai air yang bersih. Sebab jika air yang digunakan tidak bersih akan mengganggu kesehatan ikan, terlebih jika ikan tersebut akan dimakan oleh manusia maka lebih baik ikan tersebut hidup di aliran yang bersih. Begitu  juga dengan media tanah yang bagus, tidak adanya semak dan jauh dari predator lain, budidayakan terpisah dari jenis ikan lainnya. dan yang paling terpenting adalah mudah dijangkau, sebab dengan begitu maka Anda tidak akan lupa atau malas untuk memberi makan atau membersihkan ikan.

Selain itu pembuatan media kolam juga tidak sembarangan, memerlukan beberapa teknik tertentu agar ikan tetap bisa tumbuh dengan besar dan sehat. Budidaya ikan mujair ini dapat menggunakan terpal dan kolam tanah atau kolam semen. Pembuatan kolam ikan ini dapat dilakukan dengan ukuran 50x50x100 meter persegi atau tergantung dengan keinginan pemilik ikan.

Kemudian dilakukannya pencangkulan dari lubang yang telah ditentukan tersebut. Tidak lupa melakukan pengapuran selama beberapa minggu hingga kering jika Anda menggunakan kolam dari tanah. Jika sudah dilakukan pengapuran maka lakukan pengeringan dan setelah itu Anda dapat melakukan pembenihan ikan. Untuk pembenihan ikan ini harus berasal dari induk ikan yang berkualitas, dan mempunyai pertumbuhan yang cepat, tidak terserang penyakit atau hama, tidak cacat dan mempunyai warna yang segar dan cerah. Kebanyakan orang jarang melakukan pembenihan ikan karena dianggap terlalu lama, sehingga orang-orang lebih sering membeli ikan mujair hasil pembenihan yang kemudian langsung dibudidayakan.

Kemudian untuk pemeliharaan ikan tersebut dapat dilakukan dengan pemberian pakan yang dilakukan 2 kali sehari pada pagi dan sore. Pakan ikan ini dapat menggunakan pelet, bekatul, dan juga pakan lainnya. Kemudian pergantian air tidak boleh terlewatkan, pergantian air ini dapat dilakukan dengan teratur agar tidak terjadinya penumpukan makanan ikan yang dapat menyebabkan penyakit di kolam. Selain itu ikan mujair juga harus dicegah dari adanya hama dan penyakit, sebab akan sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ikan. Sehingga lebih baik dalam membudidayakan ikan ini harus disertai dengan pengendalian hama dan penyakit dengan penyuntikan, pemberian nutrisi, dan merendam ikan dalam larutan. Sehingga dengan begitu budidaya ikan ini akan menghasilkan ikan yang besar dan segar serta sehat..

Leave a Reply