Rahasia Cara Budidaya Ikan Lele agar Cepat Panen dan Sehat!

Lele merupakan salah satu ikan yang cukup banyak peminatnya. Dikalangan masyarakat, budidaya ikan lele banyak diminati karena budidaya lele merupakan bisnis yang memberi keuntungan cukup besar. Walau tidak banyak yang tau cara budidaya ikan lele agar cepat panen, ada beberapa faktor yang menjadikan lele banyak dibudidayakan, seperti pemeliharaannya yang tergolong sederhana, alat dan bahan yang digunakan untuk budidaya dna perawatannya cukup mudah ditemukan, benih lele murah dan murah diperoleh, siklus perputaran keuntungan cepat didapat, pendapatan relatif lebih, hingga waktu pemeliharaan yang relatif singkat.

Dari kemudahan-kemudahan tersebut, tidak jarang juga banyak orang yang gagal dalam membudidayakan lele. Banyak peternak lele yang gagal panen atau budidaya yang tergolong lambat. Karenanya diperlukan cara budidaya ikan lele agar cepat panen menggunakan teknik khusus yang wajib diketahui para peternak lele jika menginginkan lele yang dibudidayakan tidak gagal dan hasilnya maksimal. Sebab, tidak jarang peternak lele yang tidak paham betul cara membudidayakan lele yang pada akhirnya membuat lele gagal panen, bahkan mati.

Rahasia Cara Budidaya Ikan Lele agar Cepat Panen dan Sehat!

Cara Budidaya Ikan Lele agar Cepat Panen

Cara Budidaya Ikan Lele agar Cepat Panen

 

Ada beberapa cara budidaya ikan lele agar cepat panen dan caranya pun sebetulnya cukup mudah. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat kolam yang proporsional. Artinya, dari mulai media kolam, ukuran, air, hingga kedalamannya harus diperhatikan dan dihitung dengan takaran yang pas. Galian untuk kolam harus seimbang dengan ukuran kolam, kedalamannya bisa sekitar 1,5 meter dengan ukuran 3×4. Kemudian, Anda bisa menggunakan terpal dengan ukuran yang sesuai sebagai media kolam pada tanah. Media kolam jenis ini akan mempermudah ikan lele mendapatkan nutrisi lebih dan bagus yang menunjang pertumbuhan ikan lele secara cepat. Selain itu, pergantian air pada kolam terpal relative lebih mudah dilakukan guna menjaga kolam agar tetap bersih.

Setiap budidaya lele tidak lepas dari pemilihan benih lele yang nantinya akan dibudidayakan. Ini juga yang menjadi salah satu hal penting dari cara budidaya ikan lele agar cepat panen. Pilihlah benih yang berkualitas, tahan terhadap serangan penyakit, dan tumbuh besar. Anda bisa memilih lele seukuran ibu jari dan merupakan jenis lele Sangkuriang atau lele dumbo yang mampu cepat tumbuh besar dibandingkan dengan jenis lele lain.

Tidak lupa pertumbuhan lele juga dipengaruhi oleh pakannya. Pilihlah pakan atau pelet berprotein tinggi agar lele tumbuh besar dengan cepat. Waktu pemberian makannya pun harus teratur sesuai aturan yang pas, yaitu memperhatikan ukuran pakan 3 kali sehari dengan perbandingan ukuran 1:1/2:1. Artinya, pagi hari 1, siangnya ½, dan sorenya 1.

Selain pakan, cara budidaya ikan lele agar cepat panen juga harus memperhatikan kebersihan kolam agar ikan lele Anda tumbuh sehat dan mengalami pertumbuhan yang cepat. Dalam waktu 3 bulan masa pembesaran, air harus diganti sebanyak 1 kali pada 1,5 bulan pertama setelah massa penebaran. Tujuannya adalah agar ikan lele tidak mudah mati. Sebab, pemberian pakan yang sering akan membuat air pada kolam ikan lele menjadi keruh dan menyebabkan ikan lebih mudah mati atau terserang penyakit. Tidak lupa juga Anda harus selalu memperhatikan dan menjaga kesehatan ikan lele Anda. Agar proses pembesaran lele dan panen lele lebih cepat dan menghasilkan lele yang sehat, gunakan prebiotik untuk menjaga kesehatannya.

Anda juga bisa menggunakan pupuk Tambak Organik Nusantara (TON) untuk menunjang pertumbuhan lele agar tumbuh dengan maksimal. Penggunaan pupuk ini merupakan cara budidaya ikan lele agar cepat panen dan berfungsi untuk menjaga kualitas air agar selalu dalam kondisi yang optimal. Hal ini karena, TON mengandung kandungan lemak, protein, asam humat, dan karbohidrat yang kesemuanya merupakan kandungan penting bagi tanah maupun air. TON juga mampu membuat pertumbuhan dan penyuburan pakan alami menjadi lebih cepat, seperti plankton dan jenis cacing. Tidak hanya itu, TON mampu menetralkan senyawa beracun, dengan begitu ekosistem akan menjadi seimbang.

Tidak hanya melalui pakan dan vitamin, serta kebersihan kolam, lele juga merupakan makhluk hidup yang memiliki tingkat psikologis yang mudah berubah. Naik-turun keadaan psikologis dari hewan ini, akan mempengaruhi pula pertumbuhan dan perkembangbiakan dari ikan lele. Ikan juga membutuhkan konsentrasi agar bisa tumbuh secara maksimal agar hasilnya maksimal. Karenanya, Anda harus sering-sering mengecek kondisi ikan Anda, Anda harus paham betul karakteristiknya. Jangan sampai ikan mengalami stres karena akan mempengaruhi pertumbuhannya. Asupan gizi dan nutrisi pada ikan lele harus terpenuhi dengan baik agar pertumbuhan berjalan maksimal dan cepat.

Demikianlah beberapa cara budidaya ikan lele agar cepat panen yang bisa Anda praktikan pada budidaya ikan lele Anda. Panen dari ikan lele yang cepat dan sehat tentunya akan memberi keuntungan sesuai dengan yang diharapkan.

Leave a Reply