3 Racikan Umpan Ikan Nila Paling Jitu Banyak Tangkapan

Siapa yang tidak tahu ikan nila? Ikan yang satu ini sudah sangat sering disebut-sebut di rumah makan dan juga sudah menjadi makanan favorit banyak orang. Apalagi untuk para penangkapnya atau pemancing pun juga ternyata sangat banyak yang memburu ikan nila. Hal ini karena umpan ikan nila yang sebenarnya tidak sulit dan dapat dibuat sendiri dengan bahan-bahan yang murah dan mudah untuk didapatkan. Apalagi untuk beberapa cara membuat umpan untuk ikan nila yang memang sangat sederhana dan cukup mudah, Anda hanya memerlukan beberapa makanan untuk dikombinasikan menjadi sebuah pakan untuk ikan nila yang jitu. Ikan nila adalah salah satu ikan yang banyak dikonsumsi dan disukai oleh masyarakat di Indonesia. Itu sebabnya baik di pemancingan maupun di rumah makan pasti akan disediakan ikan nila ini.

Menjadi ikan yang favorit itu karena ikan nila memiliki rasa daging yang sangat gurih dan nikmat untuk dimakan. Menjadi ikan favorit kesukaan banyak orang menjadikan ikan nila menjadi menu olahan berbagai macam variasi masakan oleh para ibu atau chef yang ada di rumah-rumah makan. Oleh karena itu, ada banyak juga yang telah memburu ikan nila ini dengan memancingnya di tempat-tempat tertentu hanya untuk dijual di pasaran dan untuk dikonsumsi sendiri. Karena sudah sangat banyak yang mengincar dan ingin mendapatkan ikan nila saat memancing, maka banyak pula yang mencari umpan ikan nila terjitu yang bisa membuatnya mendapatkan hasil tangkapan yang cukup banyak.

3 Racikan Umpan Ikan Nila Paling Jitu Banyak Tangkapan

Umpan Ikan Nila

Umpan Ikan Nila

 

Tidak perlu khawatir untuk para pemancing yang ingin mengincar ikan nila, karena pakan untuk ikan nila bisa dibuat sendiri dari bahan-bahan yang mudah untuk didapat. Untuk itu, tidak perlu membeli pakan ikan yang mahal-mahal karena untuk membuat sendiri pun sangat mudah. Beberapa bahan dan cara membuat umpan ikan nila akan dibahas di artikel ini.

Karena banyak orang yang menyukai ikan nila, maka banyak pula yang telah membudidayakan ikan nila di sekitar rumah sendiri. Baik itu dibudidayakan di terpal atau bisa juga di kolam biasa. Pembudidayaan ikan nila pun juga cukup mudah, karena itu ikan ini merupakan jenis ikan yang favorit untuk banyak orang. Apalagi bagi para pemancing sejati yang mengincar dan menginginkan sensasi dalam memancing ikan nila yang liar yang biasanya berada di habitat luar seperti di sungai, maka akan lebih baik jika untuk mencoba membuat dan meracik umpan ikan nila sendiri di rumah.

Baca Juga:

 

Namun, jika Anda belum mengetahui cara membuat pakan untuk ikan nila, berikut ini akan dijelaskan beberapa resep untuk bahan cara membuat umpannya tersebut. Karena banyak dari beberapa ikan nila liar yang cukup sulit untuk didapatkan. Maka trik dan tipsnya adalah untuk membuat umpan ikan nila yang terjitu.

Untuk mencari jenis umpan untuk ikan nila ini tidak sulit, hanya memerlukan beberapa bahan seperti cacing, ulat bambu, ulat daun pisang, kroto, jangkrik, dan juga umpan standar lainnya. Namun ternyata untuk umpan seperti itu sudah sangat biasa. Agar dapat menghasilkan ikan yang banyak, Anda bisa dengan membuat dan meracik umpan ikan nila sendiri yang lebih ampuh dan mendapatkan tangkapan ikan nila yang jauh lebih banyak. Berikut ini adalah 3 racikan untuk umpan yang jitu untuk ikan nila:

  1. Racikan umpan yang pertama adalah dengan bahan-bahan berikut ini : 200 gr tepung roti, 200 gr udang rebon segar, 2 butir telur bebek, 1 saset vanili, dan air secukupnya. Cara membuatnya sangat mudah yaitu dengan mencampurkan tepung dan juga kedua telur bebek kemudian aduk sampai merata. Selanjutnya blender rebon sampai menjadi halus dan masukan vanila. Kemudian yang terkahir mencampurkan semua bahan, apabila adonan terlalu kental bisa menambahkan sedikit air.
  2. Racikan yang kedua yaitu dengan bahan-bahan berikut ini: 1 gelas kecil pelet, 1 butir telur bebek, 1 sendok makan madu, dan air secukupnya. Caranya membuatnya adalah dengan mencampurkan semua bahan diaduk sampai merata, pastikan bahan yang sudah sedikit lembut tidak encer agar mudah untuk dibentuk bulatan untuk umpan memancing.
  3. Racikan yang ketiga yaitu dengan bahan-bahan berikut ini: lumut sawah, tepung maizena 100 gr, dan vanili 1 sendok makan. Cara membuatnya dengan mencampurkan seluruh bahan yang sudah disediakan dan aduk sampai merata, kemudian bungkus bahan yang sudah halus dengan menggunakan daun pisang untuk dikukus selama 10 menit saja jangan lebih.

Nah itulah beberapa racikan atau cara membuat umpan ikan nila yang jitu dan termudah. Bahan-bahan yang diperlukan juga murah dan mudah untuk didapatkan. Anda bisa mencoba salah satu dari ketiga racikan di atas sebagai umpan ikan saat memancing….

Leave a Reply