Racikan Umpan Ikan Mas yang Tepat untuk Memancing

Memancing adalah salah satu hobi yang sudah tentu melatih kesabaran Anda karena membutuhkan waktu yang lama dan dengan hasil yang tidak seberapa. Hasil yang tidak seberapa biasanya juga disebabkan karena racikan umpan ikan mas dengan resep yang kurang ideal sehingga Anda tidak puas mendapatkannya. Jangan kaget jika untuk mendapatkan ikan mas Anda harus memiliki kesabaran ekstra karena banyak orang mengatakan bahwa ikan mas sulit sekali diambil atau dipancing. Dengan biaya yang terjangkau, Anda bisa membuat racikan umpan untuk memancing ikan mas dengan mudah. Nah, pada kesempatan kali ini secara khusus kami akan membahas mengenai cara meracik umpan ikan. Ada beberapa hal yang  harus Anda ketahui perihal racikan bahwa ada beberapa umpan ikan mas yang ternyata bisa merusak ekosistem jika bahan yang digunakan adalah bahan-bahan kimia dan bahan sejenis yang ternyata berbahaya.

Bahan racikan ikan mas yang aman dan yang perlu Anda coba adalah yang menggunakan kroto telur bebek atau sisa-sisa daging ikan, udang, dan beberapa bahan lainnya yang kira-kira cocok. Dengan cara tersebut, Anda secara langsung ikut membantu melestarikan proses berkembang biakan dari ikan-ikan tersebut. Alam akan ikut terjaga kelestariannya jika bahan racikan umpan ikan mas bukan berasal dari bahan-bahan zat kimia. Jika tujuan Anda memancing ikan tidaklah hanya menghibur diri atau sekadar hobi saja, maka dianjurkan Anda terlebih dahulu bertanya dimana lokasi pemancingan yang memiliki ikan mas yang paling banyak. Berikut beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat umpan ikan mas.

Racikan Umpan Ikan Mas yang Tepat untuk Memancing

Racikan Umpan Ikan Mas

Racikan Umpan Ikan Mas

 

Bahan yang diperlukan meliputi satu bungkus susu dancow atau sarden, satu santan kara berukuran kecil, 4 butir telur, 1 ons kroto, dan tiga lembar daun pandan. Cara pembuatan yang mudah dan sederhana tidak akan menyita banyak waktu Anda. Pertama, campurkan semua bahan yang sudah disediakan kecuali sarden dan aduk sampai semua bahan bercampur dan menjadi sebuah adonan. Apabila adonan racikan umpan ikan mas dirasa sudah bercampur menjadi satu dengan sempurna, kukus dengan waktu sekitar 15 menit. Setelah itu tunggu hasil kukusan tersebut sampai dingin lalu campurkan dengan sarden tadi dan aduk sampai semua bahan merata.

Baca Juga:

 

Cara kedua yang bisa Anda tempuh untuk membuat racikan umpan ikan mas adengan langkah sebagai berikut. Bahan-bahan yang diperlukan meliputi 2 sendok tepung beras ketan, 2 sendok tepung beras biasa yang bersantan, satu potong keju yang sudah diiris, satu bungkus susu dancow berwarna putih, dan sayu ons kroto. Cara pembuatannya juga terlampau mudah yaitu dengan mencampurkan semua bahan kecuali santan. Aduk semua bahan tersebut dan pastikan menjadi sebuah adonan yang sudah merata dengan sempurna. Setelah itu, masukkan santan yang sudah dipersiapkan secukupnya dan jangan sampai adonan menjadi terlalu encer atau terlalu kental. Setelah adonan selesai dibuat, masukkan adonan tersebut ke dalam plastik dan kukus selama kira-kira 20 menit. Setelah proses pengukusan selesai, tunggu hasil pengukusan tersebut sampai dingin,

Cara ketiga membuat umpan ikan mas adalah dengan menggunakan beberapa bahan meliputi pelet ikan dengan berat sekitar 200-300 gram, pindang tongkol sebanyak  2-3 iris, nissin crackers rasa keju sejumlah 2 atau 3, setengah ons kroto. Cara pembuatannya juga sangat mudah yaitu dengan merendam ikan pindang atau tongkol terlebih dahulu menggunakan air panas. Perendaman dilakukan selama sekitar 10 menit. Buang daging ikan yang berwarna hitam lalu campurkan semua bahan yang sudah disediakan tadi dan aduk sampai merata dengan sempurna. Nah, penggunaannya racikan umpan ikan mas dengan mencocolkan kroto dengan umpan ikan tersebut setiap kali Anda akan memancing ikan mas.

Ikan mas bahkan sering disebut-sebut sebagai ikan yang rakus dan dimasukkan di dalam golongan omnivora. Mengapa demikian karena dalam proses pembuatan racikan umpan ikan mas menggunakan bahan-bahan yang berasal baik dari daging atau yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.

Ikan mas juga memiliki kemampuan dengan tenaga yang luar biasa mampu mengaduk seluruh dasar air hanya untuk mencari makanan. Jika tidak diberi makanan buatan, ikan mas ternyata tetap mencari makanan di dalam air meliputi tumbuhan pada air, lumut, keong, cacing, udang, serangga dan beberapa makanan lainnya yang bisa didapatkan di dalam air. Beberapa makanan sisa-sisa manusia juga ternyata bisa dilahap habis oleh ikan mas. Berikut ini makanan ikan mas yang dibuat tanpa racikan umpan ikan mas yang bisa Anda temukan di sekitar Anda seperti cacing, kroto, ulat daun pisang, sekam padi yang dicampur dengan kotoran sapi, dan beberapa bahan alami lain yang bisa Anda gunakan sebagai alternatif umpan ikan jika Anda tidak memiliki waktu luang untuk membuat resep racikan…

Leave a Reply