Panduan Budidaya Udang Air Tawar

Salah satu jenis udang air tawar yang dengan mudah bisa kita temukan di sungai atau di kali adalah udang galah. Udang galah ini ternyata memiliki nilai jual yang sangat tinggi sehingga membuat Anda mungkin memiliki keinginan untuk melakukan budidaya pada salah satu jenis udang ini. Senada dengan hal itu, permintaan udang baik di dalam maupun luar negeri juga sangat tinggi dengan harga yang tinggi pula. Hal ini bisa menjadi salah satu alasan Anda mengapa kemudian Anda memilih udang galah karena memang memiliki potensi yang sangat besar. Beberapa investor ternyata juga sudah menanamkan modalnya melalui investasi karena memang anggapan bahwa budidaya udang galah sangat menjanjikan. Nilai jual dan minat beli yang sama-sama tinggi sudah tentu akan membuat Anda sangat tergiur menjalankan bisnis ini.

Budidaya udang air tawar ini ternyata tidak selalu membutuhkan lahan yang luas. Jika Anda adalah salah satu yang tidak memiliki lahan yang luas, Anda masih bisa membudidayakan udang ini di area lahan yang kecil namun dengan beberapa strategi yang sudah tentu akan Anda dapatkan dengan mudah melalui artikel ini.

Panduan Budidaya Udang Air Tawar

Udang Air Tawar

Udang Air Tawar

Baca Juga: Referensi Harga Aquarium Ikan Hias

Kolam dengan ukuran besar atau tambak yang berukuran besar biasanya sengaja digunakan oleh perusahaan-perusahan pembudidaya udang yang sudah cukup besar dengan kisaran ukuran antara 5 hektar sampai dengan 10 hektar tergantung dengan lahan perusahaan yang tersedia dan berapa target keuntungan yang diterapkan di kebijakan perusahaan tersebut. Jika Anda hanya akan menggunakan profesi budidaya udang air tawar ini sebagai profesi sampingan maka Anda hanya membutuhkan kolam kecil saja atau sesuai dengan lahan kosong yang berada di lingkungan rumah Anda.

Jangan khawatir, lahan yang sempit tidak selalu dan tidak sepenuhnya hanya dapat menghasilkan udang galah yang sedikit. Jika Anda sudah berpengalaman dalam melakukan budidaya udang, hanya dengan lahan yang sempit saja Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan hanya dalam beberapa waktu saja. Potensi hasil yang sudah dianggap sebagai ladang usaha bisa membuat Anda semakin termotivasi untuk sesegera mungkin mencari lahan baru yang bisa Anda gunakan sebagai pengembang dari usaha Anda yang barangkali awalnya hanyalah coba-coba saja.

Nah, pada kesempatan kali ini secara khusus kami akan membahas mengenai tips dan cara membudidayakan udang air tawar yaitu udang galah dengan lahan kecil tetapi bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Hal pertama yang harus Anda lakukan jika Anda ingin menjadi pengusaha udang yang sukses adalah dengan melakukan pemilihan benih. Pilihlah benih dengan ukuran sedang dan benih yang tidak memiliki kecacatan sedikitpun. Jenis udang seperti itulah yang biasanya disebut sebagai bibit udang yang unggul. Tahap awal ini mungkin menjadi tahap yang penting karena hasil panen Anda sudah tentu dipengaruhi oleh kualitas benih yang Anda pilih.

Tahap kedua yang harus Anda tempuh adalah dengan membuat kolam tempat udang-udang tersebut akan hidup dan berkembang biak. Kolam udang yang baik bisa dengan menggunakan ketinggian antara 0 meter sampai dengan 700 meter di atas permukaan laut. Luas kolam yang bisa Anda gunakan berkisar antara 300 meter persegi sampai dengan 1000 meter persegi.  Hal terpenting yang harus Anda perhatikan dalam tumbuh kembang udang adalah mengenai pencegahan penyakit.

Beberapa metode khusus ternyata diperlukan untuk mencegah beberapa jenis penyakit yang bisa saja menyerang udang air tawar Anda dan menyebabkan Anda gagal panen. Nah metode khusus tersebut meliputi pemeriksaan visual yaitu secara langsung kita bisa memperhatikan apakah udang kita memiliki gejala terserang penyakit atau tidak, pengamatan melalui mikroskop yang dilakukan dengan memeriksa potongan-potongan udang di laboratorium yang dilakukan oleh orang yang sudah ahli dan memiliki ilmu di bidangnya, dan yang terakhir adalah melakukan sesuai dengan pengamatan visual yaitu dengan mengamati ciri-ciri udang air tawar tersebut dalam keadaan baik atau tidak.

Tahap selanjutnya yang harus Anda tempuh adalah dengan memberikan pakan pada udang. Pemberian pakan yang baik dan berkualitas sudah tentu menjadi hal penting dan hal pertama yang menjadi pengaruh panen Anda. Pakan yang diberikan kepada udang Anda sebaiknya pakan yang mengandung nutrisi yang cukup dan mendukung perkembangan udang tersebut. nutrisi yang dimaksud meliputi nutrisi lemak, mineral, vitamin, dan karbohidrat yang jika dipenuhi dengan baik dan tidak diberikan terlambat maka sudah tentu potensi budidaya Anda akan sangat baik.

Tahap terakhir yang Anda lakukan dalam budidaya udang air tawar adalah prose panen. Pemanenan pada udang biasanya terjadi pada umur 6-7 bulan yaitu pada beberapa rangkaian panen diantaranya panen perdana yang biasanya dilakukan dengan memilih udang sesuai dengan permintaan udang di pasar. Normalnya, udang galah ini bisa dipanen lima kali dalam satu tahun…

Leave a Reply