Sejuta Manfaat Ikan Baung Bagi Kesehatan

Perairan Indonesia memang diberi kekayaan yang tak terhingga jumlahnya. Mulai dari lautan yang berisi jutaan spesies ikan dan terumbu karang, hingga perairan air tawar yang dihuni jutaan jenis ikan. Semua kekayaan yang terkandung dalam perairan Indonesia tersebut dapat dimanfaatkan untuk memenuhi konsumsi kebutuhan ikan masyarakat, baik ikan laut maupun ikan tawar. Namun, tak semua ikan dikenal oleh masyarakat pada umumnya. Ada beberapa jenis ikan yang namanya masih terdengar asing bagi khalayak. Salah satu jenis ikan yang masih sedikit asing di telinga masyarakat adalah ikan baung. Mendengar nama ikan ini, mungkin banyak dari Anda yang bertanya-tanya seperti apakah ikan ini. Mengapa tak sepopuler ikan lainnya seperti ikan salmon, ikan tongkol, ikan nila atau ikan mujahir? Dan habitat manakah ikan ini sebenarnya hidup?

Sejuta Manfaat Ikan Baung Bagi Kesehatan

Ikan Baung air tawar

Ikan Baung air tawar

 

Tentang Ikan Baung

Mendengar nama ikan ini mungkin masih terdengar begitu asing di telinga kita. Ikan ini memang tak sepopuler ikan laut maupun ikan tawar yang sering kita konsumsi atau sering kita lihat seperti ikan salmon, ikan tongkol, ikan mujahir, maupun ikan nila. Lalu, seperti apakah sebenarnya ikan ini? Dan apa sajakah manfaat yang bisa diperoleh dari ikan ini? Berikut adalah ulasan mengenai ikan baung.

Ikan baung memiliki nama latin mystus nemurus, merupakan jenis ikan air tawar. Ikan ini merupakan salah satu jenis ikan budidaya dan sudah dibudidayakan oleh pemerintah sejak tahun 1988. Walaupun bergitu, ikan ini tak sepopuler saudara sehabitatnya yang lain seperti ikan nila, mujahir, lele, dan ikan air tawar lainnya. Hal ini karena ikan ini masih belum dibudidayakan dalam jumlah yang banyak, tak seperti ikan air tawar lain yang saat ini sudah dikonsumsi secara masal oleh masyarakat. Oleh karena masih minimnya jumlah ikan ini dalam pembudidayaan, masyarakat yang ingin menangkap ikan ini haruslah mencari di habitat aslinya yaitu di sungai atau danau yang jumlahnya tak sebanyak dibandingkan bila dibudidayakan. Ikan ini merupakan jenis ikan dari ordo siluridae.Ikan ini memiliki ciri fisik yaitu memiliki kumis yang panjang, badannya tidak bersisik dan memiliki sirip yang cukup besra. Warna tubuh ikan ini adalah coklat kehijauan. Ikan ini merupakan jenis ikan pemakan segala atau omnivora.

Walaupun tak sepopuler ikan air tawar konsumsi lainnya, ikan baung ternyata memiliki nama-nama lokal di berbagai daerah. Mungkin, masyarakat lebih mengetahui nama lokalnya dibandingkan nama asli ikan ini. Contohnya di daerah Jawa Tengah, ikan ini sering dijuluki ikan tageh sedangkan di Jawa Barat, Jakarta dan sekitarnya ikan ini disebut dengan ikan bawon. Sementara itu, di Kalimantan ikan ini disebut dengan ikan niken, tiken, siken, baung putih atau bato sedangkan di Sumatera ikan ini disebut dengan nama ikan baong. Dari banyaknya nama-nama di berbagai daerah di Indonesia, ikan ini memang dapat hidup di berbagai wilayah perairan air tawar Indonesia. Nah, apakah Anda sudah ingat sekarang dengan ikan ini?

Baca Juga: Asal Usul Ikan Arapaima Jenis Ikan Raksasa Yang Hampir Punah

 

Manfaat Ikan Baung Untuk Kesehatan

Setelah mengetahui seluk beluk tentang ikan baung, pasti Anda penasaran bukan apa sajakah manfaat ikan ini untuk manusia? Apakah ikan ini bisa dikonsumsi seperti ikan-ikan air tawar lainnya? Nah, berikut adalah informasi mengenai manfaat dari ikan baung yang pasti sudah membuat Anda cukup penasaran.

Ikan ini ternyata memiliki manfaat yang cukup banyak, loh. Ikan ini ternyata memang menjadi ikan favorit di beberapa daerah di Indonesia walaupun lebih dikenal dengan nama lokal. Ikan ini tergolong ikan yang sangat terjangkau dan enak ketika dijadikan masaka. Dagingnya yang lembut dan gurih bila dimasak menjadikan ikan ini adalah salah satu hidangan favorit masyarakat di Sumantera dan Kalimantan. Selain enak dibuat masakan, ikan ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan manusia. Kira-kira apa saja ya manfaat dari sisi kesehatan ikan ini?

  • – Ikan ini mengandung sumber protein yang tinggi. Protein hewani merupakan salah satu jenis protein yang dibutuhkan manusia untuk memenuhi kebutuhan gizinya.
  • – Ikan ini mengandung lemak tak jenuh yang bisa mengusir lemak jenuh dari tubuh Anda sehingga dapat membuat Anda terhindar dari penyakit jantung dan kolesterol.
  • – Ikan ini merupakan sumber kalori penting bagi tubuh. Bagi Anda yang memiliki aktivitas cukup padat dan membutuhkan energi cukup banyak, maka mengkonsumsi ikan ini bisa menjadi salah satu cara Anda dalam memenuhi kebutuhan kalori harian.
  • – Ikan ini juga dapat mencegah penyakit asma sehingga sangat sehat untuk dikonsumsi.
  • – Bagi Anda yang takut terkena penyakit kanker usus, ikan ini adalah salah satu jenis ikan yang dapat mencegah penyakit kanker usus. Hal ini karena ikan ini memiliki daging yang halus sehingga usus Anda akan aman dari iritasi dan luka akibat mutasi sel.
  • – Nah, bagi Anda yang memiliki anak dengan nafsu makan yang kurang, ikan ini bisa menjadi salah satu solusinya, loh. Anda dapat menjadikan ikan ini sebagai menu makanan di keluarga Anda dan anak Anda pasti akan memiliki selera makan yang tinggi.

Dengan banyaknya manfaat dari ikan baung, ikan ini menjadi penting untuk dibudidayakan agar masyarakat dapat memetik manfaat dari ikan ini…

Leave a Reply