Manfaat Ikan Barakuda Untuk Kesehatan

Ikan barakuda termasuk ikan paling ganas di lautan. Bahkan, ikan ini adalah yang terganas ketiga setelah hiu serta paus. Ikan ini juga merupakan seekor predator yang handal. Saat masih muda, barakuda akan membentuk koloni agar dapat menguasai lautan. Ketika dewasa, mereka akan hidup menyendiri dan menjadi predator yang sangat pemberani. Barakuda juga tidak akan segan dalam menyerang manusia yang berani mendekat. Kecepatan ikan ini pada saat berenang dapat mencapai 75 km per jam. Kepopuleran barakuda terutama meningkat saat semakin menjamurnya resto yang menjual barakuda sebagai menu andalannya. Daging barakuda diklaim memiliki banyak khasiat kesehatan, termasuk meningkatkan vitalitas pria.

Selain menambah vitalitas pria, masih ada lagi beberapa manfaat kesehatan yang bisa diperoleh apabila mengonsumsi daging ikan barakuda. Pertama adalah dapat menambah massa otot. Ini artinya, konsumsi barakuda akan dapat membuat otot tumbuh semakin besar. Ikan ini biasa dikonsumsi atlet laki-laki yang menginginkan tubuh kekar berisi. Kemudian, manfaat lain ikan ini ialah menyembuhkan radang pada kulit. Radang kulit dapat terjadi karena serangan virus, bakteri hingga alergi makanan. Daging barakuda bisa menyembuhkan radang kulit. Ini karena daging barakuda bekerja seperti halnya obat anti inflamasi. Daging barakuda dapat menjadi alternatif obat anti peradangan di samping mengonsumsi obat dari perusahaan farmasi karena dapat menyebabkan efek toksik.

 

Manfaat Ikan Barakuda Untuk Kesehatan

Manfaat Ikan Barakuda

Manfaat Ikan Barakuda

Baca Juga:

 

Manfaat kesehatan lain yang bisa didapat dari konsumsi ikan barakuda ialah menambah stamina. Ikan ini sendiri sangat ganas dan beringas saat berada di samudera. Staminanya luar biasa sehingga memancing ikan ini terbilang sangat sulit, sehingga perahu cadik nelayan dapat tertarik. Dalam ikan ini juga terkandung vitamin B2 yang dapat menjaga sistem syaraf. Vitamin B2 tidak akan dapat diproduksi oleh tubuh, sehingga harus dipasok dari asupan makanan yang berasal dari luar tubuh. Fungsi utama vitamin ini adalah menjaga agar sistem syaraf dapat berjalan dengan normal. Dalam daging barakuda turut terkandung piridoksin yang akan mendorong pembentukan hemoglobin.

Piridoksin akan menjadi katalisator bagi hemoglobin. Zat ini salah satunya terkandung dalam ikan barakuda. Salah satu manfaat dari hemoglobin ialah zat pemerah darah serta zat pengangkut zat besi. Hemoglobin juga bisa digunakan dalam menghantarkan listrik atau energi ke seluruh tubuh. Hal ini menjadikan hemoglobin sebagai salah satu komponen yang sangat penting dalam tubuh manusia.

Manfaat lain dari konsumsi barakuda adalah menjaga metabolisme. Ikan ini menyesuaikan metabolisme seperti apa yang dibutuhkan seseorang, apakah metabolisme yang cepat atau yang lambat. Yang lebih mengejutkan, daging barakuda ternyata bisa mengobati anxiety disorder atau gangguan kecemasan yang dapat memberi efek psikosomatis, termasuk di antaranya adalah nyeri di sekujur tubuh, pusing, sesak nafas, jantung berdebar-debar hingga pandangan mata blur.

Siapa sangka, ikan barakuda juga memiliki khasiat dalam mencegah penyakit jantung. Hal ini karena adanya lemak ikan HDL sehingga akan dapat membersihkan pembuluh jantung. Barakuda akan dapat memasok lemak ikan HDL tersebut. Konsumsi barakuda juga dapat mencegah penyakit diabetes. Penyakit ini dapat membuat penderitanya lemas dan apabila terluka akan sulit sembuh. Manfaat selanjutnya dari barakuda seperti yang telah disebutkan sebelumnya adalah meningkatkan vitalitas pria. Khasiat ini dianggap unik dari seekor ikan predator. Ikan ini sendiri biasanya akan dimasak dengan cara digoreng, di mana mulutnya menganga dengan gigi-gigi yang tajam. Daging barakuda juga dianggap baik bagi pembuluh darah. Ini karena barakuda akan dapat melancarkan sirkulasi darah.

Ikan barakuda juga memiliki khasiat dalam menjaga kesehatan mata. Di dalamnya terkandung asam lemak omega 3 yang bisa mencegah degenerasi serta hilangnya kemampuan penglihatan pada manusia. Dalam barakuda terdapat retinol sehingga akan dapat meningkatkan kemampuan penglihatan di malam hari. Daging barakuda juga dapat dimanfaatkan dalam menjaga kesehatan paru-paru. Konsumsi ikan ini juga bisa mencegah serta mengobati asma pada anak-anak. Paru-paru akan menjadi lebih kuat serta sehat. Depresi juga bisa dicegah berkat konsumsi daging barakuda. Depresi sendiri dapat terjadi sebagai akibat dari kurangnya konsumsi omega 3. Konsumsi seafood terutama daging barakuda akan dapat mencegah Seasonal Affective Disorder atau SAD serta depresi pasca melahirkan.

Manfaat konsumsi barakuda tidak hanya sampai di situ saja. Ikan ini juga baik untuk kesehatan kulit. Omega 3 yang terdapat dalam barakuda akan membantu melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet. Konsumsi ikan ini juga bisa membantu meringankan gejala psoriasis serta eksim. Ikan ini juga merupakan salah satu sumber protein dan bisa membuat kulit semakin lentur serta kencang. Peradangan usus dapat pula dicegah berkat konsumsi barakuda. Omega 3 pada ikan ini akan dapat mengurani peradangan usus pada penderitanya. Demikian adalah beberapa manfaat dari konsumsi ikan barakuda. Semoga ulasan di atas bermanfaat.

Leave a Reply