Berbagai Macam Olahan Berbahan Baku Ikan Layang

Selain daging ayam, daging sapi, dan telur, Anda juga dapat memperoleh sumber protein dari berbagai makanan laut, seperti udang, kepiting, kerang, maupun ikan. Anda sangat beruntung sekali tinggal di Indonesia, karena Indonesia memiliki laut yang luas, serta memiliki beragam ikan laut yang dapat dikonsumsi, seperti ikan layang, ikan teri, ikan tongkol, ikan kakap, dan masih banyak lagi. Tapi sayangnya, masyarakat yang mengkonsumsi ikan di negeri ini masih sangat rendah. Banyak yang lebih memilih mengkonsumsi daging ayam maupun sapi ketimbang mengkonsumsi ikan. Padahal ikan mengandung banyak gizi yang sangat baik bagi tubuh Anda.

Mungkin beberapa dari Anda bingung dan bosan, karena jika hendak mengkonsumsi ikan, Anda hanya dapat mengolahnya dengan cara menggorengnya saja, tidak seperti daging ayam ataupun sapi yang bisa diolah menjadi berbagai makanan. Nah, kali ini, akan diulas mengenai olahan makanan yang berbahan baku ikan, dan salah satunya yang akan diulas yaitu olahan makanan yang berbahan baku ikan layang. Ada banyak sekali olahan makanan berbahan baku ikan yang lezat dan bisa Anda coba di rumah. Selain memiliki rasa yang lezat, olahan makanan ini juga hanya menggunakan bumbu-bumbu yang mudah didapatkan, serta prosesnya yang cukup mudah untuk dilakukan.

Berbagai Macam Olahan Berbahan Baku Ikan Layang

Berbagai Macam Olahan Berbahan Baku Ikan Layang

Berbagai Macam Olahan Berbahan Baku Ikan Layang

 

Nah, untuk Anda yang bosan dengan olahan makanan berbentuk ikan, Anda bisa mengolahnya menjadi bakso ikan layang. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah, cara membuatnya pun cukup mudah. Bahan-bahan yang diperlukan yaitu bawang putih 5 siung, merica, garam, tepung sagu, air es, serta daging ikan filet. Pertama-tama, filet daging ikan dan pisahkan dari durinya. Kemudian haluskan merica, bawang putih, dan garam. Lalu, haluskan daging ikan filet hingga lembut bersama bumbu yang telah dihaluskan sebelumnya. Setelah lembut dan tercampur rata bumbunya, masukan ke dalam baskom bersih. Tambahkan tepung sagu dan air es secukupnya, campur hingga merata dan ulen. Anda dapat menguleninya dengan tangan ataupun mixer. Setelah adonan ulen, selanjutnya membentuk bakso menjadi bulat. Sembari menyiapkan bakso, didihkan air untuk merebus baksonya, dan tambahkan sedikit minyak agar tidak lengket. Setelah air mendidih dan bakso siap, rebus bakso hingga matang. Jika bakso telah mengapung ke permukaan, itu tandanya bakso telah matang dan siap untuk disantap. Anda dapat mengonsumsi bakso ikan ini dengan mencampurnya ke dalam nasi goreng, capcay, membakarnya menjadi bakso bakar, ataupun menyantapnya menjadi bakso ikan dengan kuah kaldu seperti bakso pada umumnya.

Anda juga dapat mengolahnya menjadi pempek ikan layang. Bahan yang diperlukan yaitu 3 daging ikan filet, tepung tapioca atau sagu, kaldu bubuk, air es, telur, garam, bawang putih, cabai rawit, cabai merah, gula merah, dan asam jawa. Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu memblender daging ikan filet. Kemudian, tuang daging yang telah diblender ke dalam baskom. Tambahkan kaldu bubuk, garam, bawang putih yang telah dihaluskan sebelumnya, serta air es, aduk hingga rata. Sembari mengaduk, tambahkan tepung tapioka atau sagu dengan perlahan, hingga tidak lengket. Kemudian, bentuk adonan sesuai selera Anda, jika Anda ingin membuat pempek kapal selam, bentuk menyerupai mangkuk dan masukan telur yang telah dikocok, lalu rapatkan. Rebus pempek di dalam air yang mendidih. Sama seperti bakso, jika sudah mengapung, maka pempek berarti telah matang. Selanjutnya, Anda bisa mulai menggoreng pempek. Untuk kuah cuka, Anda hanya perlu menghaluskan cabai rawit, cabai merah, bawang putih, gula merah, dan asam jawa. Kemudian, masukan semua bumbu ke dalam air mendidih, lalu saring kuah tersebut. Pempek ikan pun siap disantap.

Bagi Anda pencinta pedas, Anda dapat mengolah ikan ini menjadi ikan layang balado yang sangat cocok sekali untuk Anda. Bahan-bahan yang diperlukan yaitu bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, tomat, jeruk nipis, garam, gula, dan jangan lupa ikannya. Cara pembuatannya pun cukup mudah, sama seperti Anda memasak balado kentang, telur, dan lainnya. Namun, sebelum mencampurnya dengan bumbu balado, sebaiknya Anda menggoreng ikannya terlebih dahulu agar daging ikannya tidak hancur saat diaduk dan dimasak bersama dengan bumbu balado.

Baca Juga: Manfaat Ikan Barakuda Untuk Kesehatan

Tahukah Anda, selain memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk tubuh Anda, ternyata ikan layang juga memiliki banyak khasiat serta manfaat untuk kesehatan Anda. Sama seperti ikan lainnya, ikan ini juga dapat menambah tinggi badan Anda, serta meningkatkan kecerdasan anak Anda. Manfaat dan khasiat lainnya yaitu seperti mengurangi resiko kanker, menambah berat badan, mencegah osteoporosis dan pengeroposan gigi, mengobati radang tenggorokan dan radang gusi, serta mencegah maag. Selain menghilangkan flek hitam, mengobati mata yang minus, mengobati sakit kepala, hingga mengobati penyakit kuning. itu, ikan layang juga memiliki khasiat untuk merawat dan melembutkan kulit Anda…

Leave a Reply