Macam-Macam Ikan Hias Paling Banyak Diminati

Ikan hias menjadi salah satu binatang peliharaan yang sangat diminati oleh berbagai kalangan. Macam-macam ikan hias paling banyak diminati menjadi salah satu hal yang banyak dicari. Berbagai latar belakang dari orang-orang yang memelihara ikan pun beragam, mulai dari yang memang suka sekali dengan ikan hias bahkan ada pula yang sekadar menggunakan ikan-ikan hias tersebut dalam aquarium sebagai pemercantik interior rumah saja. Berbagai jenis ikan memiliki banyak sekali peminat pula.  Ikan hias ini berasal dari air laut dan air tawar sehingga dalam pengelompokan macam macam-ikan hias paling banyak diminati bisa berdasar kedua kategori tersebut. Namun, karena memang perawatannya jauh lebih mudah memelihara dan merawat ikan hias air tawar, maka pada kesempatan kali ini kami secara khusus akan membahas mengenai ikan hias yang hidupnya di air tawar.

Jenis ikan yang hidup di air tawar ini tentunya memiliki banyak sekali jenis yang sangat beragam. Mulai dari ikan koki, ikan cupang, ikan arwana, ikan louhan, dan masih banyak lagi. Beberapa jenis ikan yang jarang sekali beredar di pasaran seperti alligator gar, ikan botia, ikan discus, ikan black host dan lainnya juga menjadi salah satu jenis dari sekian macam-macam ikan hias paling banyak diminati. Nah, untuk lebih jelasnya secara lengkap dan detail akan kami bahas beberapa jenis ikan hias air tawar secara detail.

Macam-Macam Ikan Hias Paling Banyak Diminati

 

  • Ikan arwana

 

Macam-Macam Ikan HiasMacam-Macam Ikan Hias

Macam-Macam Ikan Hias

Ikan arwana menjadi salah satu jenis ikan dari ikan hias yang paling banyak diminati. Hal ini sudah tentu disebabkan karena keanggunan tubuhnya yang disempurnakan dengan sisik-sisik cantik yang memberikan kesan berkilau dan bercahaya. Ikan hias arwana ternyata juga sering disebut sebagai ikan naga karena memang bentuknya yang sangat mirip dengan naga yang sering digambarkan di cerita-cerita Tiongkok. Ikan ini menjadi salah satu jenis ikan yang dianggap langka dan purba karena memang jumlah ikan arwana yang semakin sedikit bahkan sudah mulai memasuki kategori terancam punah. Hal ini mungkin juga disebabkan karena jumlah peminatnya yang banyak sedangkan perkembangbiakan dari ikan yang tidak cepat dan instan. Ikan arwana ini ternyata masih memiliki banyak sekali jenis meliputi arwana super red, arwana golden red, arwana silver, dan masih banyak lagi tentunya dengan harga yang sangat bervariasi. Harga seekor ikan arwana ini ternyata ditentukan oleh ukuran dan kondisi fisik ikan tersebut dengan harga kisaran antara satu juta rupiah sampai dengan dua puluh juta rupiah.

 

  • Ikan hias mas koki
Ikan hias mas koki

Ikan hias mas koki

 

Selanjutnya, ikan hias mas koki juga menjadi salah satu jenis ikan hias paling banyak diminati. Dengan bentuk tubuhnya yang gendut dan bulat dengan mulut yang sangat mungil memunculkan keinginan untuk memilikinya dan sangat menggemaskan. Karena bentuknya yang sangat unik dan berbeda ini yang menjadikan ikan koki ini cocok dipelihara di aquarium. Ikan koki ini ternyata menjadi salah satu ikan hias yang mudah sekali beradaptasi dengan lingkungannya. Karena mudahnya beradaptasi, ikan koki bahkan bisa tetap hidup dalam suhu antara 18 derajat hingga 32 derajat celcius. Sifatnya yang rakus dan menghabiskan banyak makanan ini membuat ikan koki termasuk ke dalam golongan omnivora. Karena sifatnya yang rakus tersebut, tidak jarang jika ikan koki ini tega memakan telur-telurnya sendiri tetapi ikan ini tidak akan menyerang ikan sesamanya.

Baca Juga:

 

  • Ikan hias discus
Macam-Macam Ikan Hias

Macam-Macam Ikan Hias

Ikan hias yang cukup unik dan banyak diminati. Ikan ini memiliki bentuk dan corak tubuh yang sangat bewarna unik. Tubuhnya yang terlihat pipih dari depan dan akan terlihat lebih lebar jika dilihat dari samping ini akan terasa tidak cocok jika dipelihara di dalam kolam. Ikan unik ini berasal dari sungai terpanjang di dunia yaitu sungai amazon yang memiliki banyak sekali jenis meliputi red ribbon, board pigeon, Marlboro red, angle blue diamond dan masih banyak lagi. Harga ikan hias satu ini berada di kisaran dua ribu saja sampai dengan sepuluh ribu rupiah.

 

  • Ikan guppy

 

Ikan guppy

Ikan guppy

Jenis ikan hias yang menjadi salah satu dari  macam-macam ikan hias paling banyak diminati adalah ikan guppy. Ikan ini menjadi salah satu ikan hias yang ternyata dapat dengan mudah Anda temui di kubangan-kubangan air di sekitar sawah. Ikan guppy ini ternyata juga memiliki nama lain yaitu ikan Cere yang pada dasarnya adalah ikan liar. Namun, tidak semua ikan guppy yang berasan dari selokan dan kubangan sawah yang bisa dipelihara di dalam aquarium rumah Anda. Ikan guppy ini sudah tentu tidak kalah dengan ikan hias yang lainnya jika diukur dari segi bentuk dan warnanya karena memang beberapa jenis ikan yang banyak diminati memang dikarenakan bentuk dan warna yang cantik dari ikan tersebut.

 

  • Ikan Cupang
Ikan Cupang

Ikan Cupang

Ikan cupang merupakan jenis ikan yang banyak diminati oleh hampir semua kalangan. Ikan cupang ini terbagai menjadi dua tipe yaitu tipe pertarung dan tipe hias. Kedua jenis ikan tersebut sama-sama banyak peminatnya, namun yang paling umum dan banyak diincar adalah tipe hias. Ada banyak sekali jenis ikan hais cupang ini mulai dari half moon, back gian, Crowntail betta, Double Tail Betta dan masih banyak lagi.

 

  • Ikan Neon Tetra

 

Ikan Neon Tetra cantik

Ikan Neon Tetra cantik

Ikan Neon Tetra bisa dikatakan ikan yang wajib Anda pelihara di dalam aquascape karena ikan ini memiliki tubuh mungil dan indah. Ikan neon tetra banyak dikenal sebagai salah satau jenis ikan hias yang mudah untuk dipelihara. Ukuran tubuhnya yang mungil sehingga tidak membutuhkan tempat yang begitu besar. Selain itu, juga dengan ikan ini sangat tahan lama,  hingga tidak mudah mati. Bagi Anda para pecinta ikan hias, mungkin ada kalanya untuk mencoba memeilihara ikan hias Neon Tetra ini.

Itulah tadi Macam-macam Ikan Hias yang mudah dipelihara dan banyak peminatnya. Bagi Anda yang sedang mencari ikan hias mungkin beberapa macam diatas dapat dijadikan sebagai referensi…

Leave a Reply