6 Jenis-Jenis Ikan Hias dan Harganya yang Terjangkau

Ikan hias menjadi salah satu ikan yang banyak diburu oleh kebanyakan orang terutama pecinta ikan. Kegunaannya yang bisa menjadi hiasan dalam rumah, ikan hias juga memiliki kekuatan untuk bisa merefleksikan otak ketika dalam kecemasan. Ikan hias yang biasanya dicari oleh kebanyakan orang adalah ikan hias air tawar. Hal ini dikarenakan mudah untuk dijalankan tetapi juga dan tidak memerlukan peralatan yang mahal. Modal untuk memelihara ikan hias pun tidak diperlukan modal yang besar. Ikan hias ini juga mudah untuk dibudidayakan. Jenis -jenis ikan hias dan harganya yang murah selalu banyak dicari oleh pecinta ikan. Apabila Anda akan memelihara ikan hias, Anda juga bisa sekaligus untuk membudidayakannya untuk skala besar. Sehingga bisa menambah penghasilan karena ikan hias ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Saat ini sudah banyak ikan hias yang diperjual belikan, apalagi Indonesia disebut sebagai pemasok ikah hias yang baik. Hal ini menunjukkan betapa melimpahnya jenis-jenis ikan hias. Berikut ada beberapa jenis jenis ikan hias dan harganya yang banyak diminati oleh para pecinta ikan.

6 Jenis-Jenis Ikan Hias dan Harganya yang Terjangkau

Jenis-Jenis Ikan Hias dan Harganya

Jenis-Jenis Ikan Hias dan Harganya

Baca Juga:

  1. Ikan Hias Guppy

Ikan Hias Guppy merupakan ikan hias kecil yang memiliki panjang mencapai 2,5 cm. Jenis ikan ini memiliki manfaat bisa memutus perkembangbiakan nyamuk karena ikan guppy bisa memakan jentik-jentik nyamuk. Sehingga bisa melindungi lingkungan rumah dari adanya nyamuk dan tentunya bisa melindungi setiap anggota rumah. Harga dari ikan guppy disesuaikan dengan jenis dan umurnya. Ikan guppy rata-rata harganya sekitar Rp 2.000,- bahkan ada yang mencapai ratusan ribu Rupiah.

  1. Ikan Hias Cupang

Jenis-jenis ikan hias dan harganya memang perlu diketahui oleh para pecinta ikan hias. Salah satunya untuk para pecinta ikan cupang. Ikan ini sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat karena ikan ini memiliki tubuh yang cantik. Kecantikannya terletak pada ekornya, jika dikembangkan maka akan terlihat jelas ciri khas dari ikan ini. Selain itu, ikan ini juga merupakan ikan yang agresif dan petarung. Sehingga untuk memeliharanya perlu dipisahkan antara satu dengan lainnya meskipun sesama jenis. Ikan ini cocok sebagai ikan hias dan sudah cukup menarik perhatian masyarakat. Harga ikan cupang berkisar antara Rp 6.000,- hingga ratusan ribu Rupiah tergantung dari jenis ikan cupang. Biasanya tingkat kecantikan pada tubuhnya yang bisa menarik perhatian adalah hal yang juga menjadi pertimbangan harganya.

  1. Ikan Black Ghost

Sesuai dengan namanya ikan ini memang terlihat seperti ikan yang aneh ditambah dengan warnanya yang hitam dan ada pula yang putih. Namun, dari keanehan tersebut justru menjadi hal yang menarik perhatian bagi pecinta ikan hias. Ikan ini memiliki kemampuan berenang secara terbalik, mundur, dan maju. Black ghost ini menjadi ikan hias yang mahal dibanding dengan ikan lainnya. Harga ikan ini berkisar Rp 10.000,- hingga ratusan ribu Rupiah.

  1. Ikan Hias Mas Koki

Jenis-jenis ikan hias dan harganya yang terjangkau menjadi hal yang bisa dipertimbangkan oleh para pecinta ikan hias. Mas Koki adalah salah satu ikan hias yang juga sudah terkenal di kalangan masyarakat. Sama halnya dengan ikan cupang, ikan mas koki ini memiliki tubuh yang cantik. Warnanya yang cerah dapat menambah daya tarik tersendiri saat menghiasi aquarium. Namun, ikan ini bisa hidup berdampingan dengan ikan sesama jenisnya dalam satu aquarium. Harga ikan mas koki tergolong lebih mahal, per ekornya seharga Rp 10.000,- hingga jutaan Rupiah. Harga dari ikan ini berdasarkan kecantikan dari ikan mas koki.

  1. Ikan Hias Discus

Ikan hias jenis yang satu ini merupakan ikan yang memiliki daya tarik terletak pada motif tubuhnya. Tubuh ikan ini pipih dan memiliki corak warna dan membentuk garis-garis horizontal. Warna dari corak bermacam-macam seperti merah, orange, ungu, dan lainnya. Harga dari ikan ini tergolong mahal dimana per ekornya dihargai senilai Rp 50.000,- hingga ratusan ribu. Namun, jenis-jenis ikan hias dan harganya memang sesuai dengan ikan yang cantik ini. Oleh karena itu, ikan ini sangat cocok untuk menjadi hiasan di aquarium di rumah Anda.

  1. Ikan Layang-layang

Sesuai dengan namanya ikan ini berbentuk seperti layang-layang yang ada di dalam air. Tubuhnya yang pipih juga menambah unik dan menarik pada ikan ini. Tidak kalah cantiknya dengan ikan hias jenis lain, ikan ini juga banyak peminatnya. Harganya yang tergolong lebih murah cukup menguntungkan bagi para pecinta ikan ini. Setiap ekornya dihargai sekitar Rp 5.000,- hingga ratusan ribu. Hal ini disebabkan jenis-jenis ikan hias dan harganya sudah disesuaikan juga dengan pertimbangan lain seperti keunikan dari ikan tersebut.

Demikian beberapa jenis-jenis ikan hias dan harganya yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan memelihara ikan hias

Leave a Reply