Jenis-jenis Ikan Paus di Dunia yang Perlu Diketahui

jenis Ikan Paus  – Ikan paus sudah pasti terkenal di telinga masyarakat dunia. Ikan yang berhabitat di laut ini masih menjadi salah satu ikan terbesar di dunia. Ada banyak jenis-jenis ikan paus di dunia, namun kebanyakan orang kurang bisa mengenalnya. Jenisnya ada yang jinak, ada pula yang buas dimana ikan ini menjadi karnivora.

Paus memang hidup di laut, tetapi paus merupakan bagian dari hewan mamalia yang hidup bebas di laut. Hal ini membuat paus dikenal dengan sebutan ikan. Tubuh paus yang besar membuatnya menjadi hewan yang ditakuti bagi kebanyakan orang. Ikan ini berbeda dengan ikan pada umumnya, karena bernafas dengan paru-paru. Sehingga mamalia ini merupakan hewan yang cerdas dan cukup istimewa serta mampu hidup bertahan lama di samudera.

Ikan ini juga dibekali dengan gigi yang besar dan mampu hidup selamanya di bawah laut dengan kedalaman berapa pun. Sehingga paus bisa sangat mudah beradaptasi pada lingkungan laut seberapa pun dalamnya.

Saat ini ada dua jenis ikan paus yang terdiri dari ikan paus tidak bergigi (Mysticeti) dan ikan paus bergigi (Odontoceti). Jenis-jenis ikan paus di dunia tersebut perlu diketahui keberadaannya di perairan muka bumi ini, antara lain :

Baca Juga: Ikan Lemuru Fakta Dan Keunikannya

 

Jenis-jenis Ikan Paus di Dunia yang Perlu Diketahui

Jenis-jenis Ikan Paus di Dunia

Jenis-jenis Ikan Paus di Dunia

Jenis ikan paus tidak bergigi (Mysticeti)

Jenis ini biasa dikenal dengan sebutan paus baleen atau balin yang memiliki struktur bentuk sikat dengan fungisi untuk menyaring plankton atau makanan. Ukuran tubuhnya lebih besar dibanding dengan jenis paus yang bergigi. Paus ini memiliki dua lubang nafas, tetapi mereka tidak memiliki sirip belakang sehingga tidak dapat berenang dengan cepat. Jenis-jenis ikan paus di dunia yang tidak bergigi ini di antaranya :

  1. Blue Whale. Paus biru ini merupakan paus terbesar di antara jenis-jenis ikan paus di dunia bahkan merupakan hewan terbesar di muka bumi ini. Hal ini disebabkan karena memiliki panjang tubuh mencapai 100 feet atau setara dengan 30,5 meter. Berat tubuhnya mencapai 100-150 ton. Warna tubuhnya cukup unik karena merupakan perpaduan antara biru keabu-abuan dan terdapat bintik-bintik di atasnya. Ciri khas yang unik lagi dari paus biru ini adalah suara-suara yang dihasilkan sekeras 188 dB yang dapat didengar pada jarak 848 km.
  2. Bowhead Whale. Sering dikenal dengan paus kepala busur atau paus bungkuk. Penamaannya ini didasarkan pada bentuk rahang yang tinggi dan melengkung. Warna tubuhnya putih hitam. Paus jenis ini banyak hidup di daerah dingin (Artic) karena memiliki ketebalan lemak mencapai 45 cm. Panjang tubuhnya mencapai maksimal 15 meter dengan usia hidup paus maksimal mencapai 95 tahun. Paus jenis ini memiliki teknik jala gelembung untuk dapat melindungi diri dari musuhnya dan dapat memangsanya.
  3. Fin Whale. Disebut sebagai paus sirip atau razorback. Panjang tubuhnya mencapai 65 feet (20 meter) dengan berat 73 ton. Warna tubuhnya abu kecoklatan dengan bentuk memanjang dan ramping. Saat ini paus sirip hanya terdapat dua spesies yaitu ada di Antartika Utara dan Antartika Selatan. Paus sirip hanya memakan ikan kecil, krill, cumi-cumi, pankton dan lain sebagainya.
  4. Gray Whale. Paus abu-abu memiliki panjang mencapai 50 feet (15 meter) dengan berat 36 ton. Paus ini mampu mendeteksi lingkungan sekitar dengan menggunakan jambang yang ada di dekat mulutnya.
  5. Right Whale. Paus sikat ini memiliki panjang mencapai 60 feet (18 meter) dan bobotnya mencapai 100 ton. Warna tubuhnya ada yang hitam ada juga yang abu-abu tua. Ciri khasnya ialah terdapat kapalan atau bercak putih pada bagian kepalanya. Baca Juga: Jenis Ikan Patin yang Ada di Perairan Indonesia

Jenis ikan paus yang bergigi (Odontoceti)

  1. Beluga Whale. Penampilan paus Beluga ini cukup unik di antara jenis-jenis ikan paus di dunia, dahinya lebar besar dan bulat-bulat. Lapisan lemak setebal 5 inchi, agar bisa beradaptasi pada lingkungan yang dingin. Paus ini mencari makan sampai ke dasar laut.
  2. Narwhal Whale. Paus ini disebut sebagai mayat paus karena warna tubuhnya abu-abu kebiruan dengan bintik-bintik putih. Ada gading panjang dan lurus di area rahanya.
  3. Pilot Whale. Disebut juga dengan paus pembunuh. Paus ini serupa dengan lumba-lumba sehingga paus ini memiliki kecerdasan yang sama dengan yang dimiliki oleh lumba-lumba dan mudah untuk dilatih.
  4. Sperm Whale. Paus ini memiliki kepala yang besar apalagi untuk spesies jantan. Ukuran besarnya bisa mencapai sepertiga dari panjang badannya.
  5. Paus ini disebut sebagai paus pembunuh di antara jenis-jenis ikan paus di dunia. Tubuhnya sekilas mirip dengan lumba-lumba, pada tubuhnya terdapat bercak putih diatas badan yang berwarna hitam. Orca memakan ikan-ikan ukuran kecil hingga sedang, tetapi ada pula yang memburu mamalia lain seperti singa laut, anjing laut, bahkan paus besar.

Itulah beberapa jenis-jenis ikan paus di dunia yang perlu diketahui keberadaannya di bumi ini….

Leave a Reply