Jenis-jenis Ikan Paus di Dunia dan Keunikannya

Ikan paus merupakan salah satu ikan yang tergolong kedalam kelompok mamalia. Ikan paus memiliki ukuran yang cukup besar dan memiliki paru-paru. Ada banyak sekali jenis-jenis ikan paus di dunia dan yang masih ada hingga saat ini. Namun secara umum, ikan paus dibedakan menjadi dua yaitu paus yang bergigi dan tidak bergigi. Ciri-ciri Ikan yang tergolong kedalam jenis mamalia ini yaitu memiliki rambut yang tips pada tubuhnya. Rambut tersebut akan tumbuh pada saat paus sudah menginjak usia dewasa. Selain itu, karena termasuk jenis hewan mamalia, maka ikan paus memiliki kelenjar susu serta memiliki jantung layaknya manusia. Nah, berikut ini adalah jenis-jenis paus yang ada di dunia.

 

Jenis-jenis Ikan Paus di Dunia dan Keunikannya

jenis Ikan Paus di Dunia

jenis Ikan Paus di Dunia

 

  • – Ikan Paus Fin Whale

Jenis-jenis ikan paus di dunia yang pertama yaitu Fin Whale. Fin Whale merupakan salah satu ikan paus yang memiliki nama latin Balaenoptera physalus. Ikan paus yang satu ini mempunyai ciri-ciri yaitu memiliki tubuh yang panjang dan langsing. Bahkan panjang ikan paus ini bisa mencapai 27 meter. Paus ini memiliki tubuh yang berwarna kecokelatan dengan perpaduan warna abu-abu pada bagian bawah dengan warna yang lebih pucat. Paus jenis ini banyak ditemukan di wilayah yang memiliki perairan tropis serta pada bagian kutub. Paus ini juga sering ditemukan di bagian samudera besar yang ada di dunia. Fin Whale sering memakan jenis-jenis ikan kecil dan crustacean, bahkan cumi-cumi.

 

  • – Ikan Paus Southern Right Whale/Paus Balin

Selain Fin Whale, masih ada jenis-jenis ikan paus di dunia yang masih bisa ditemukan saat ini seperti Paus Balin atau southern right whale. Paus ini memiliki ciri-ciri yaitu berwarna abu-abu gelap bahkan cenderung hitam. Selain itu, paus ini juga tidak memiliki sirip pada punggungnya, serta memiliki bentuk mulut yang melengkung panjang. Paus Bali ini memiliki ukuran yang tidak cukup panjang dibandingkan dengan fin whale. Ukuran paus balin dewasa hanyalah 18,5 m dengan berat mencapai 130 ton. Jenis paus ini banyak ditemukan di bumi bagian selatan. Paus yang memiliki nama latin Eubalaena Australis ini termasuk kedalam genus balaena karena ciri-cirinya yang tidak memiliki sirip. Paus jenis ini sering kali sulit untuk bisa mengontrol panas tubuhnya karena adanya lapisan lemak yang sangat tebal dan terisolasi.

 

  • – Ikan Paus Orcinus Orca/Killer Whale

Tak hanya paus yang memakan ikan-ikan kecil saja. Jenis-jenis ikan paus di dunia juga ada yang tergolong kedalam jenis paus pembunuh. Paus Orca ini merupakan jenis paus yang berasal dari keluarga lumba-lumba laut terbesar. Paus yang memiliki nama latin Orca Orcinus ini dapat ditemukan dimana saja. Mulai dari Antartika, lautan tropis, hingga samudera-samudera yang ada di dunia. Makanan paus ini juga sedikit berbeda dengan paus lainnya. Apabila paus yang lain memakan ikan-ikan kecil, cumi-cumi, namun, ikan paus ini akan memakan singa laut, anjing laut, hingga jenis ikan lainnya. Oleh karena itu, paus Orca disebut sebagai paus pembunuh. Karena hobinya yang suka berburu berbagai hewan lainnya. Bahkan dalam sistem rantai makanan, paus ini berada pada posisi puncak sebagai predator. Karenanya paus ini disebut dengan paus pembunuh.

Baca Juga:

 

  • – Ikan Paus Gray Whale

Gray Whale merupakan jenis-jenis ikan paus di dunia yang masuk kedalam jenis paus balin. Paus yang memiliki nama latin Eschrichtius Robustus ini memiliki kebiasaan unik yaitu akan bermigrasi saat mencari makanan serta saat akan berkembang biak. Paus ini memiliki ciri-ciri yaitu mempunyai panjang 16 meter dengan rentang hidup 50 hingga 60 tahun. Paus ini memiliki corak warna yang cukup unik yaitu teradapat bintik-bintik putih yang cenderung abu-abu. Warna dasar tubuh paus ini yaitu berwarna gelap. Paus gray merupakan satu-satunya paus Eschrichtius yang masih tersisa di dunia saat ini. Fakta menarik dari paus ini yaitu satu-satunya paus yang dikembangkan Oligosen dengan menurunkannya dari filter-makan, dan hal itu sudah dilakukan lebih dari 30 juta tahun lamanya.

 

  • – Ikan Paus Paus Sperma

Paus sperma merupakan salah satu jenis paus yang paling sering di dengar dan banyak diketahui oleh banyak orang. Paus dengan nama latin Physeter Macrocephalus ini masuk ke dalam jenis-jenis ikan paus di dunia yang bergigi. Ikan ini diberi nama paus sperma karena adanya lapisan lilin-putih bak susu yaitu spermaceti yang ada di bagian atas kepala ikan tersebut mirip dengan sperma. Paus sperma selain memiliki gigi juga memiliki otak yang cukup besar. Paus ini juga masuk ke dalam genus physester yang mana merujuk pada tiga spesies ikan paus sperma. Mula dari sperma pygmy serta sperma cebol.

Selain jenis-jenis ikan paus di dunia di atas, masih ada banyak sekali jenis paus yang masih bisa ditemui di dunia ini. Paus selain dikenal sebagai hewan dengan tubuh yang besar juga dikenal sebagai hewan yang memiliki ciri-ciri yang unik….

Leave a Reply