5 Jenis Ikan Lele Yang Dapat Dikonsumsi

Ikan yang berkumis dan berwarna hitam, ikan apakah itu? Ikan lele adalah jawabnya. Ikan lele merupakan jenis ikan yang hidup pada air tawar. Kumis panjang yang dimiliki ikan satu ini menjadi ciri khas tersendiri untuknya. Tahukah Anda jika jenis ikan lele itu beragam?

Ikan lele memiliki banyak nama loh. Di Indonesia sendiri, di setiap daerahnya, ikan lele memiliki sebutan atau nama yang berbeda-beda satu sama lainnya. Berikut ini merupakan beberapa sebutan dari ikan lele menurut daerahnya, Sumatera barat menyebut ikan lele dengan nama ikan kalang, Aceh menyebut ikan lele dengan sebutan ikan seungko, Kalimantan selatan menyebut ikan lele dengan sebutan ikan pintet, Sulawesi Selatan menyebut ikan lele dengan nama ikan cepi, dan kemudian Kalimantan Timur menyebut ikan lele dengan sebutan ikan patil. Lalu bagaimana sebutan ikan lele di negara luar ya?

Dalam bahasa Inggris, ikan lele memiliki nama catfish, siluroid, mudfish, dan walking catfish. Tidak hanya dalam bahasa inggris saja, ikan lele juga memiliki sebutan lain dalam bahasa asing lainnya, berikut ini beberapa sebutan ikan lele dalam bahasa asing, pertama mali, sebutan mali diberikan oleh orang Afrika untuk ikan lele, kemudian di Thailand ikan lele disebut dengan nama plamod, dan sebutan magura diberikan untuk ikan lele dalam bahasa Srilangka. Itulah beberapa nama lain lele dalam bahasa beberapa daerah di Indonesia dan juga sebutan lele dalam bahasa asing. Lalu bagaimana dengan jenis ikan lele?

Jenis ikan lele di Indonesia dibagi menjadi beberapa jenis atau macam, berikut sedikit penjelasan mengenai jenis atau macam dari ikan lele di Indonesia.

 

5 Jenis Ikan Lele Yang Dapat Dikonsumsi

 Jenis Ikan Lele

Jenis Ikan Lele

 

  1. Ikan Lele Dumbo

Pernah mendengar ikan lele dumbo sebelumnya? Ikan lele dumbo merupakan ikan lele yang memiliki ukuran tubuh yang lebih besar bila dibandingkan dengan jenis lele lainnya. Ciri lain yang dimiliki oleh ikan dumbo yaitu ikan lele jenis satu ini memiliki warna yang cenderung hitam menuju kehijauan. Ikan lele dumbo dulunya merupakan hasil perkawinan silang antara ikan lele asal Taiwan dengan ikan lele asal dataran Afrika. Di Indonesia sendiri jenis ikan lele satu ini, ikan lele dumbo sering dipilih untuk budidaya, ikan lele jenis ini banyak dipilih untuk dibudidaya karena dinilai cukup tangguh terhadap serangan penyakit, selain itu ikan lele dumbo juga dapat cepat tumbuh dan kelebihan lainnya, ikan lele satu ini tidak memiliki racun patil serta tidak mempunyai kebiasaan menggali lubang. Jadi dengan beberapa alasan tersebut, ikan lele dumbo sangatlah cocok untuk dibudidayakan.

Baca Juga:

 

  1. Ikan Lele Lokal

Ikan lele lokal memiliki ciri fisik yang khas yaitu memiliki badan yang berwarna hitam yang pekat. Bila biasanya kebanyakan lele memiliki warna badan yang hitam dengan belang putih dan merah, ikan lele lokal sama sekali tidak memiliki belang, semua badannya full berwarna hitam pekat. Jenis ikan lele biasanya lebih sering digunakan untuk ikan hiasan dalam kolam atau aquarium, dan tahukah Anda, ikan lele lokal ini adalah ikan lele yang menjanjikan di pangsa pasar. Ikan lele lokal memiliki racun pada patil atau siripnya, dimana racun ini digunakan untuk melumpuhkan mangsanya dan bila racun ini mengenai manusia, racun ini cukup berbahaya karena mampu menimbulkan demam dan gejala lainnya.

 

  1. Ikan Lele Phyton

Ikan lele phyton merupakan ikan lele dengan warna yang bercorak seperti phyton atau belang-belang kecokelatan. Ikan lele phyton pertama kali ditemukan di daerah Banten pada sekitaran tahun 2004. Dari segi cita rasa, ikan lele jenis satu ini memiliki cita rasa yang baik, karenanya ikan lele jenis ini telah cukup banyak di budidaya. Alasan lain, selain ikan lele jenis ini memiliki rasa yang baik, ikan lele satu ini dibudidayakan juga karena ketahanan ikan lele satu ini terhadap serangan penyakit.

 

  1. Ikan Lele Sangkuriang

Jenis ikan lele sangkuriang adalah ikan lele dimana pada awal dilahirkan ikan lele satu ini adalah hasil perkawinan silang antara ikan lele dumbo generasi kedua dengan ikan lele dumbo jantan keturunan ke 6. Ikan lele sangkuriang banyak dipilih untuk dibudidayakan, dan memiliki pangsa pasar yang cukup baik. Ikan sangkuriang dinilai memiliki kualitas daging yang sangat baik, dimana ikan lele memiliki daging yang empuk dan lezat. Satu hal kelebihan yang terpenting dari ikan lele jenis satu ini adalah ikan lele satu ini mampu melahirkan telur mulai dari 40.000 hingga 60.000 telur dalam sekali melahirkan.

 

  1. Ikan Lele Mutiara

Ikan lele mutiara merupakan ikan lele yang memiliki varietas yang sangat unggul. Ikan lele mutiara memiliki badan yang besar, daging yang empuk dan juga memiliki rasa yang enak.

Itulah beberapa jenis ikan lele yang dapat dikonsumsi dan memiliki banyak sekali manfaat seta gizi. Mungkin kebanyakan saat ini banyak dari kita yang meremehkan khasiat ikan ini, namun kenyataanya ikan ini sangat enak untuk dikonsumsi …

Leave a Reply