6 Jenis Ikan Laut yang Bisa Dikonsumsi

Indonesia adalah negara kepulauan. Setiap pulau yang ada di Indonesia dipisahkan oleh lautan. Indonesia juga diapit oleh dua samudra besar yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Laut Indonesia yang begitu luas membuat Indonesia dijuluki sebagai negara maritim. Laut di Indonesia menjadi habitat untuk beragam jenis ikan laut yang bisa dikonsumsi. Bahkan FAO (Food and Agricultural Organization) mencatat bahwa Indonesia merupakan negara penghasil ikan laut terbesar kedua yang ada di dunia ini. Dari tahun ke tahun produksi ikan laut di Indonesia selalu meningkat.

Tercatat pada tahun 2016, Indonesia menghasilkan lebih dari 7 juta ton ikan laut. Ikan laut sangat baik untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Di bawah ini ada enam jenis ikan laut yang bisa dikonsumsi dan memiliki kandungan gizi yang tinggi.

 

6 Jenis Ikan Laut yang Bisa Dikonsumsi

Jenis Ikan Laut yang Bisa Dikonsumsi

Jenis Ikan Laut yang Bisa Dikonsumsi

 

  1. Ikan Tongkol

Ikan tongkol termasuk ke dalam salah satu jenis ikan laut yang bisa dikonsumsi. Ikan tongkol memiliki warna tubuh yang gelap. Bentuk tubuh ikan tongkol tergolong langsing. Rata-rata ikan tongkol memiliki panjang hingga 60 sentimeter. Ciri khas dari ikan tongkol terdapat garis berwarna biru gelap dengan pola bergaris yang ada di bagian punggung. Kelebihan dari ikan tongkol adalah durinya memiliki ukuran yang besar sehingga tidak dibutuhkan kejelian mata ketika menyantap ikan tongkol. Ikan tongkol bisa diolah menjadi beragam kudapan seperti gula ikan tongkol, ikan tongkol bumbu cabai hijau, ikan tongkol pindang asem, dan masih banyak lagi variasi olahan ikan tongkol.

 

  1. Ikan Teri

Jenis ikan laut yang bisa dikonsumsi dan digemari oleh masyarakat adalah ikan teri. Ikan teri memiliki ukuran yang kecil, tetapi ada segudang manfaat yang terkandung di dalam tubuh kecil ikan teri. Ikan teri membantu menjaga kesehatan jantung dan kadar gula dalam darah. Kandungan kalsium yang tinggi di dalam ikan teri membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, terdapat asam lemak omega 3 yang membantu mencerdaskan otak. Ikan teri bisa dikonsumsi dalam kondisi kering, basah, atau diasinkan. Ikan teri memiliki olahan yang terkenal yaitu dengan sambal dan kacang. Ikan teri bisa dijadikan bahan untuk pepes, botok, dan makanan pelengkap.

 

  1. Ikan Kakap

Ikan kakap adalah salah satu jenis ikan laut yang bisa dikonsumsi dan digemari oleh banyak orang. Ikan kakap terdiri dari dua jenis yaitu ikan kakap merah (red snapper) dan ikan kakap putih (white seabass). Dibandingkan ikan kakap putih, ikan kakap merah paling banyak dikonsumsi. Ikan kakap merah termasuk ikan yang menjadi favorit pada juru masak profesional karena mudah diolah dengan beragam jenis bumbu. Ikan kakap memiliki daging yang tebal dan memiliki duri yang mengumpul di tengah. Olahan ikan kakap yang terkenal adalah gulai kepala kakap, sup, dan ikan bakar.

 

Baca Juga:

 

  1. Ikan Makarel

Ikan makarel merupakan jenis ikan laut yang bisa dikonsumsi. Selain itu, ikan makarel mudah dijumpai di supermarket dalam bentuk kaleng. Ikan makarel terkenal dengan kandungan omega  3 dan omega 6 yang tinggi. Bentuk tubuh dari ikan makarel langsing dan nyaris menyerupai silinder. Tubuh ikan makarel berwarna perak. Selain itu, ikan makarel bisa diolah menjadi beragam makanan seperti pepes ikan makarel, ikan makarel bumbu sambal balado, sarden, ikan makarel bumbu rica-rica, dan masih banyak lagi.

 

  1. Ikan Tenggiri

Ikan tenggiri termasuk ke dalam salah satu jenis ikan di perairan Indonesia yang paling banyak dikonsumsi. Ikan tenggiri termasuk ke dalam ikan yang menjadi komoditas ekspor. Ikan tenggiri tergolong ikan yang besar. Tubuh ikan tenggiri dewasa bisa memiliki panjang hingga satu meter. Bahkan ikan tenggiri berjenis Melayu memiliki panjang mencapai dua meter. Ikan tenggiri bisa dijadikan bahan dasar untuk aneka makanan khas Indonesia seperti pempek, kerupuk, kemplang, siomay, otak-otak, dan lain-lain. Ikan tenggiri memiliki rasa yang sangat nikmat jika diolah dengan rempah-rempah.

 

  1. Ikan Tuna

Ikan tuna termasuk jenis ikan laut yang paling banyak digemari. Bahkan Indonesia terkenal sebagai penghasil ikan tuna terbesar di dunia. Ikan tuna memiliki nilai jual yang tinggi karena memiliki ukuran yang besar. Ikan tuna yang dewasa memiliki berat mulai dari 35 kilogram sampai dengan 350 kilogram. Ikan tuna memiliki daging yang berwarna merah muda. Selain itu, kandungan gizi yang terdapat pada ikan tuna sangat baik untuk kesehatan.

Ikan tuna tergolong jenis ikan laut yang bisa dikonsumsi dalam berbagai olahan. Ikan tuna bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah dan segar seperti pada sashimi. Ikan tuna bisa juga diolah dengan beragam jenis bumbu seperti kuah kuning, bumbu balado, saus teriyaki, saus tiram, dan lain-lain. Selain itu, ikan tuna bisa dikeringkan dalam bentuk abon…

Leave a Reply