Jenis Ikan Langka yang Perlu Anda Ketahui

Ikan adalah hewan yang hidup di air dan bernafas dengan menggunakan insang. Ada berbagai jenis ikan yang hidup di air seperti di air tawar dan juga jenis ikan yang hidup di air laut. Ada banyak juga jenis ikan yang ada di seluruh lautan seperti adanya berbagai jenis ikan langka. Laut memang merupakan habitat bagi semua ikan dan juga terumbu karang. Di Indonesia bahkan di seluruh dunia tentunya memiliki berbagai jenis ikan dengan berbagai macam mulai dari yang memiliki nama yang aneh, warna yang aneh, bentuk yang aneh, dan lain sebagainya. Nah, untuk mengetahui ada apa sajakah jenis ikan-ikan yang aneh bahkan yang sangat langka yang ada di lautan? Yuk simak penjelasan dan contohnya di bawah ini.

Jenis ikan langka memang merupakan suatu keajaiban bahkan merupakan suatu hal yang langka yang jarang Anda temukan. Namun jenis ikan langka ini sering bermunculan di laut-laut di belahan negara tertentu, bahkan ikan-ikan langka ini ada yang berbahaya dan juga yang tidak berbahaya. Usahakan untuk selalu menjaganya dan tidak memburunya karena hewan ini tentu jarang untuk ditemukan. Tentu mau tahu kan, apa sajakah ikan-ikan yang memiliki bentuk langka bahkan bagaimana sajakah ciri-ciri dari ikan-ikan tersebut? Simak penjelasan-penjelasan contohnya berikut ini.

 

Ada berbagai jenis ikan langka yang bisa Anda temui di berbagai penjuru dunia

jenis ikan langka

jenis ikan langka

 

 

  1. Hiu Goblin

Jenis ikan yang pertama yaitu ikan Hiu Goblin. Hiu ini merupakan hiu besar yang memiliki bentuk sedikit menyeramkan. Hiu ini memiliki ciri-ciri yaitu tubuhnya yang berwarna merah, kemudian hewan ini juga memiliki moncong atau rahang yang sangat besar bahkan menonjol. Anda bisa melihat gigi-gigi tajamnya dari rahang hiu yang menonjol ini.

 

  1. Kepiting laba-laba

Jenis ikan yang kedua yaitu ikan kepiting laba-laba. Mendengar namanya tentu Anda akan membayangkan betapa menyeramkan hewan ini. Hewan ini merupakan gabungan antara kepiting dan juga laba-laba dan biasanya hewan ini hidup di dasar laut. Anda bisa melihat jenis ikan ini jika Anda berkunjung ke daerah Jepang. Namun ikan ini tidak seseram bentuknya, karena ikan ini tergolong sebagai ikan yang cukup ramah.

 

  1. Anglerfish

Jenis ikan berikutnya yaitu ikan Anglerfish. Jenis ikan ini merupakan ikan dengan sungut ganda yang sangat menyeramkan karena memiliki semacam antena yang ada di atas kepalanya, bahkan rahangnya yang besar dan juga giginya yang sangat tajam membuat umpan yang akan dimakannya langsung mati seketika.

 

  1. Ikan Fangtooth

Jenis ikan berikutnya yaitu ikan Fangtooth. Ikan ini merupakan ikan yang juga memiliki bentuk sangat menyeramkan dengan bentuk gigi dan rahang yang besar dan juga sangat tajam. Walaupun ikan ini termasuk ikan yang tidak cukup besar, namun ikan ini bisa memakan mangsanya yang jauh lebih besar.

 

  1. Hiu Berjumbai

Jenis ikan berikutnya yaitu ikan ini memiliki bentuk yang sedikit unik karena memiliki bentuk seperti belut. Pada umumnya, ikan ini juga bisa terus bertumbuh panjang hingga mencapai 2 meter.

Di atas merupakan beberapa jenis ikan khususnya jenis ikan langka yang bisa Anda temukan di berbagai laut di seluruh dunia. Namun ada juga beberapa jenis ikan langka yang hidup di laut-laut Indonesia. Beberapa contoh ikan tersebut adalah:

Baca Juga:

 

  1. Ikan Pesut Mahakam

Jenis ikan yang pertama yaitu Ikan Pesut Mahakam. Ikan ini merupakan seekor ikan yang dinilai mirip dengan ikan lumba-lumba. Namun ikan ini memiliki perbedaan di moncongnya yang sedikit lebih datar dibandingkan dengan moncong yang dimiliki lumba-lumba.

 

  1. Ikan Hiu Sentani

Jenis ikan yang kedua yaitu ikan Hiu Sentani. Ikan ini merupakan ikan hiu gergaji yang sangat menyeramkan. Hiu ini memiliki ciri khas moncongnya yang panjang, bahkan hiu ini juga memiliki gigi-gigi yang sangat tajam untuk membunuh mangsanya dengan sangat cepat.

 

  1. Ikan Matahari

Jenis ikan yang ketiga yaitu ikan Matahari. Ikan ini merupakan sebuah ikan yang memiliki ciri dan bentuk sedikit unik yaitu tubuhnya tidak terdapat adanya sirip dan juga ekor. Namun ikan ini memiliki sambungan antara sirip dan ekor yang diberi nama yaitu clavus.

Demikianlah seputar penjelasan dan juga contoh mengenai beberapa jenis ikan-ikan menyeramkan yang tinggal di bawah laut yang ada di berbagai belahan dunia bahkan beberapa contoh ikan-ikan langka yang ada di Indonesia. Bukan hanya saja termasuk ke dalam kategori jenis ikan langka, namun ikan-ikan langka ini juga harus dilindungi agar tidak punah dan menjadi salah satu keajaiban dunia khususnya yang tinggal di bawah laut. Nah, semoga penjelasan dan juga beberapa contoh di atas dapat membantu dan juga dapat bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply