Jenis Ikan Koi yang Indah dan Bernilai Cukup Tinggi

Berbudidaya ikan merupakan sebuah usaha yang cukup menjanjikan, sehingga banyak orang yang berminat terhadap usaha ini, termasuk berbudidaya berbagai jenis ikan koi. Namun jenis ikan yang paling sering dibudidaya masyarakat yaitu ikan lele, nila, gurameh, mujaer, patin, bandeng, kerapu, belut, sidat, dan masih banyak lagi. Jenis ikan tersebut banyak dibudidaya masyarakat karena banyaknya permintaan dari masyarakat untuk konsumsi. Selain itu, masyarakat memang suka berbudidaya ikan tersebut karena cara budidayanya yang sangat mudah dan tidak merepotkan, serta modal yang dibutuhkan untuk budidaya cukup terjangkau, sehingga budidaya ikan lele dan sebagainya tersebut dianggap lebih menguntungkan jika dijadikan sebagai suatu usaha.

Saat ini budidaya ikan yang diminati oleh masyarakat tidak hanya budidaya ikan jenis-jenis ikan untuk dikonsumsi saja seperti ikan lele, mujaer, nila, patin, belut, dan sebagainya, tetapi juga bididaya beraneka jenis ikan hias seperti ikan lohan, ikan koi, ikan cupang, arwana, mas koki, ikan guppy, hingga ikan sepat hias. Dan diantara berbagai jenis ikan hias yang budidaya tersebut, budidaya berbagai jenis ikan koi masih menjadi primadona.

Budidaya ikan koi menjadi sebuah bisnis yang sangat menjanjikan karena harga semua jenis ikan koi di pasaran masih sangat tinggi, dan peminat ikan yang mitosnya membawa keberuntungan tersebut masih sangat banyak, bahkan memelihara ikan koi menjadi hobi tersendiri bagi sebagian orang karena mitos pembawa keberuntungan, warna dan motifnya yang sangat indah, dan tentunya bisa dijual kembali dengan harga yang masih cukup tinggi, sehingga bisa dijadikan sebagai investasi yang sangat menjanjikan. Bahkan terkadang ada pameran dan kompetisi ikan koi yang berskala internasional, dan ikan koi yang memenangkan kompetisi tersebut akan mendapat hadiah yang banyak dan nilai ikan koi tersebut menjadi lebih tinggi.

Jenis Ikan Koi yang Indah dan Bernilai Cukup Tinggi

Jenis Ikan Koi

Jenis Ikan Koi

 

Bagi Anda yang tertarik untuk memelihara atau membudidayakan ikan koi, ada beberapa jenis ikan koi yang memiliki warna dan motif yang berbeda-beda untuk Anda ketahui, antara lain sebagai berikut:

Baca Juga:

 

  • Ikan koi jenis Kohaku. Jenis ikan yang satu ini merupakan salah jenis koi yang paling banyak dipelihara masyarakat, karena lebih banyak beredar di pasaran. Pada dasarnya ikan koi jenis Kohaku merupakan jenis koi tertua yang ada di dunia. Coraknya sangat khas dengan dasar warna putih dan ada perpaduan warna merah di bagian atasnya. Ikan koi jenis yang satu ini biasanya menjadi simbol ikan koi pada umumnya. Ikan koi lainnya yang termasuk spesies Kohaku yaitu Maruten Kohaku, Gin Rin Kohaku, dan Tancho Kohaku.

 

  • Ikan koi jenis Taisho Sanke. Ikan koi jenis ini secara fisik cukup mirip dengan ikan koi Kohaku dengan dasar warna tubuh berwarna putih. Namun terdapat perbedaan pada pola warna merah di bagian atasnya yang dikombinasikan dengan warna hitam. Selain itu, koi Taisho Sanke lebih sering disebut Sanke dan juga cukup banyak dipelihara karena lebih banyak dijual di pasaran.

 

  • Ikan koi jenis Tancho. Jenis ikan koi ini masih tergolong satu spesies dengan ikan koi jenis Kohaku, namun terdapat perbedaan motif pada bagian kepalanya, yaitu ada titik merah di bagian atas kepalanya yang berbentuk seperti bendera Jepang. Oleh sebab itu, ikan koi jenis Tancho ini sangat dihormati oleh masyarakat Jepang, karena motif bendera Jepang tersebut hanya dimiliki oleh ikan koi jenis Tancho ini.

 

  • Ikan koi jenis Showa Sanshoku. Motif tubuhnya hampir sama seperti motif ikan koi jenis Sanke, yaitu sama-sama memiliki motif wsrna hitam. Namun motif warna hitam pada ikan koi jenis Showa tidak hanya menyebar dan terletak di bagian kepalanya saja, tetapi juga menyebar hingga ke seluruh tubuhnya.

 

  • Ikan koi jenis Shiro Utsuri. Koi jenis Shiro Utsui ini terbilang cukuo unik, karena memiliki warna dasar hitam dengan corak berwarna putih. Ikan koi jenis Shiro Utsuri yang terbaik ditandai dengan adanya motif berwarna putih yang hanya terletak di bagian atas kepalanya saja.

 

  • Ikan koi jenis Matsuba. Ikan koi jenis Matsuba termasuk jenis ikan koi yang colorfull, karena memiliki warna dasar berwarna-warni. Namun pada dasarnya ikan koi jenis Matsuba ini memiliki warna logam dengan perpaduan pola jaring berwarna hitam.

 

  • Ikan koi jenis Komonryu. Ikan koi jenis Komonryu termasuk salah satu jenis koi paling mahal karena sangat unik dengan warna sisik yang tampak bisa bergonta-ganti warna. Pergantian warna tersebut biasanya dari warna putih, kemudian berganti menjadi warna hitam atau kombinasi kedua warna tersebut, sehingga ikan koi jenis ini memiliki daya tarik tersendiri.

Itulah beberapa jenis ikan koi yang sangay indah dan tentunya bernilai cukup tinggi. Jenis-jenis koi tersebut bisa dijadikan sebagai investasi maupun dijadikan sebagai bisnis budidaya yang sangat menguntungkan

Leave a Reply