10 Jenis Ikan Koi yang Perlu Diketahui

Ikan Koi merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang berasal dari negeri Sakura, Jepang. Ikan yang satu ini merupakan ikan yang masih dalam satu famili dengan ikan mas. Ikan koi memiliki bentuk tubuh yang hampir sama dengan ikan mas. Hanya saja, ikan yang satu ini memiliki corak yang begitu indah. Ikan koi juga biasa disebut dengan ikan kareper. Kareper sendiri memiliki arti ikan yang bersulam emas ataupun perak. Ikan koi memiliki nama latin Cyprinus carpio. Seiring berjalannya waktu, ikan yang satu ini kerap mengalami persilangan sehingga menghasilkan corak yang begitu indah. Ada begitu banyak jenis ikan koi yang dapat Anda temui dan tentunya setiap jenis ikan tersebut memiliki keunikannya masing-masing yang mampu membuat para pecinta ikan hias terpesona.

Berikut ini adalah beberapa contoh dari jenis ikan koi yang dapat Anda temui:

10 Jenis Ikan Koi yang Perlu Diketahui

Jenis Ikan Koi yang Perlu Diketahui

Jenis Ikan Koi yang Perlu Diketahui

 

 

  1. Ikan Koi Jenis Kohaku

Ikan koi yang satu ini merupakan jenis ikan koi yang paling tua dan paling populer dikalangan masyarakat. Ikan koi yang satu ini memiliki warna dasar putih yang solid dengan dilapisi oleh warna merah yang cerah. Ikan koi kohaku yang berkualitas memiliki warna merah yang cerah serta tidak ada noda di bagian putihnya. Selain itu, ikan koi yang berkualitas juga ditandai dengan adanya kombinasi antara warna merah dan putih di sepanjang tubuhnya. Biasanya, jika corak ikan yang satu ini semakin unik, maka harganya pun akan lebih mahal.

  1. Ikan Koi Jenis Snake Taisho

Jenis ikan koi yang satu ini memiliki warna dasar yang ama dengan koi kohaku. hanya saja, warna pola yang terdapat pada warna putih tersebut adalah hitam dan merah. Sama halnya dengan jenis ikan koi kohako, ikan koi jenis yang satu ini juga dikatakan berkualitas juga memiliki kombinasi warna hitam, merah, dan putih disekujur tubuhnya.

Baca Juga:

 

  1. Ikan Koi Jenis Showa Sanshoku

Ikan koi yang satu ini lebih dikenal dengan mana showa. Jenis dari ikan koi yang satu ini memiliki warna dasar merah dan putih dengan adanya corak hitam disekujur tubuhnya. Sekilas, jenis ikan yang satu ini memiliki corak yang sama dengan koi jenis snake taisho, hanya saja corak hitam pada koi showa tersebar ke seluruh tubuh mulai dari kepala, sirip, serta bagian atas ikan. Jika ikan koi jenis snake taisho hanya berada di bagian atas tubuhnya saja.

  1. Ikan Koi Jenis Asagi

Jenis ikan koi yang satu ini memiliki warna dasar biru dengan adanya corak berwarna merah hingga orange di bagian perut serta sirip ikan tersebut. Jenis ikan yang satu ini dibilang memiliki kualitas terbaik jika memiliki pola merah di bagian atas garis lateral dan pola tersebut tidak panjang.

  1. Ikan Koi Jenis Tancho

Jenis dari ikan koi yang satu ini merupakan jenis koi yang tergolong dalam kelas kohako. Ikan koi yang satu ini memiliki warna dasar putih dengan adanya corak berwarna merah di bagian kepala ikan koi. Titik merah yang menyerupai bendera Jepang tersebut tentunya tidak akan Anda temukan di jenis dari ikan koi lainnya. Ikan yang satu ini merupakan salah satu hewan yang sangat dihormati oleh masyarakat jepang.

  1. Ikan Koi Jenis Shiro Utsuri

Jenis yang satu ini memiliki warna dasar hitam dengan corak berwarna putih di bagian tubuhnya. Ikan koi shiro utsuri akan memiliki kualitas yang baik jika memiliki corak kombinasi antara hitam dan putih di bagian kepalannya.

  1. Ikan koi ki utsuri

Jenis dari ikan koi yan satu ini merupakan jenis koi yang paling mahal. Hal ini dikarenakan jumlah ikan koi jenis yang satu ini sangat terbatas jumlahnya. Jenis yang satu ini memiliki warna dasar hitam dengan adanya corak berwarna hitam di bagian tubuhnya.

  1. Ikan Koi Jenis Matsuba

Ikan koi yang satu ini memiliki aneka warna dasar di bagian tubuhnya. Pada umumnya, jenis yang satu ini memiliki warna menyerupai logam dengan adanya pola berwarna hitam.

  1. Ikan Koi Kumonryu

Jenis ikan yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang cepat bosan dengan warna ikan yang sama setiap harinya. Jenis dari ikan koi yang satu ini memiliki kemampuan mengubah warna mulai dari putih menjadi hitam atau kombinasi antara putih dan hitam.

  1. Ikan Koi Jenis Shusui

Ikan yang satu ini memiliki corak warna yang hampir sama dengan jenis dari ikan koi asagi. Hanya saja, jenis yang satu ini memiliki pola garis di sepanjang tubuh dari ikan tersebut.

Demikian beberapa contoh dari jenis dari ikan koi yang dapat Anda temui. Selain beberapa jenis ikan koi tersebut ada beberapa jenis lainnya seperti Koi Matsuba, Koi Orgon Platinum, Koi Orgon Yamabuki, dan lain sebagainya…

Leave a Reply