10 Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium

Memiliki sebuah peliharaan di rumah adalah salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk memperoleh sebuah ketenangan dan kesenangan tersendiri. Ada begitu banyak jenis peliharaan yang dapat Anda temui. Jika Anda adalah salah satu orang yang menginginkan peliharaan yang indah akan tetapi tidak mengotori dan tidak berisik, maka Anda dapat mencoba memelihara ikan hias air tawar. Ada begitu banyak jenis ikan hias, dan beberapa di antaranya hidup dan berkembang di air tawar. Gerakan yang lincah serta warna-warni yang indah dari ikan hias tentunya akan membantu Anda dalam menghilangkan stres. Sebelum Anda membeli ikan hias, tentulah Anda harus mengetahui beberapa jenis dari mereka bukan?

Berikut ini adalah jenis ikan hias air tawar yang dapat Anda temui dan Anda pilih sebagai pilihan peliharaan Anda:

10 Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium

Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium

Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium

 

  1. Ikan arwana

Jenis ikan hias yang satu ini memiliki nama latin scleropages formosus. Ikan arwana adalah jenis ikan air tawar yang dapat Anda temui di perairan Asia Tenggara. Di beberapa negara, ikan yang satu ini juga disebut dengan ikan naga. Hal ini dikarenakan ikan air tawar yang satu ini memiliki 2 buah sungut yang berada di bawah bibirnya. Sungut tersebut digunakan oleh ikan arwana untuk mendeteksi mangsanya. Ikan yang satu ini dapat Anda temukan di perairan Kalimantan serta Papua. Ikan arwana sendiri merupakan salah satu ikan yang dilindungi oleh dunia.

  1. Ikan black Ghost

Jenis ikan air tawar yang satu ini memiliki nama latin Apteronotus albifrons. Jenis ikan yang satu ini juga biasa disebut dengan ikan hantu hitam. Hal ini dikarenakan ikan black ghost memiliki warna hitam pekat dengan bentuk tubuhnya yang menggelambir membuat ikan yang satu ini tampak seperti hantu.

  1. Ikan cupang

Jenis ikan hias air tawar yang satu ini tentulah sudah sangat familiar terdengar di telinga masyarakat Indonesia. Ikan hias yang satu ini memiliki bentuk yang begitu cantik dengan aneka raga bentuk ekor serta sirip yang dimilikinya. Terlebih jenis ikan yang satu ini memiliki begitu banyak variasi warna. Dengan warna warni yang mencolok ditambah dengan kibasan ekor serta siripnya saat berenang membuat banyak orang terpesona dengan jenis ikan hias yang satu ini.

Baca Juga:

 

  1. Ikan discus

Jenis ikan hias air tawar yang satu ini memiliki nama latin Symphysodon sp. Ikan jenis yang satu ini berasal dari perairan Amazon. Ikan yang satu ini memiliki keindahan warna serta bentuknya yang unik membuat banyak orang menggemari jenis ikan yang satu ini.

  1. Ikan guppy

Jenis ikan hias air tawar yang satu ini dapat Anda temui di perairan Asia Tenggara serta beberapa negara lainnya. Ikan yang satu ini memiliki sirip yang begitu indah dengan berbagai macam bentuk dan ukuran.

  1. Ikan komet

Jenis ikan hias air tawar yang satu ini merupakan jenis ikan air tawar yang masih dalam satu keluarga dengan ikan mas. Jenis ikan yang satu ini memiliki warna merah serta putih yang saling kombinasi menghasilkan sebuah warna yang indah.

  1. Ikan koi

Ikan koi memiliki nama latin Cyprinus carpio. Ikan koi ini merupakan salah satu ikan air tawar yang berasal dari negeri sakura, Jepang. Ikan yang masih dalam satu keluarga dengan ikan mas ini memiliki begitu banyak corak warna-warni yang begitu indah yang mampu menghipnotis para pecinta ikan hias.

  1. Ikan lohan

Louhan adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang sangat populer dikalangan pecinta ikan hias. Ikan yang satu ini sangat terkenal dengan keindahan warna sisik serta adanya benjolan yang terdapat di kepalanya. Ikan ini juga merupakan ikan yang cukup mahal. Dahulu ikan ini pernah mencapai ratusan hingga milyaran dikarena memiliki sisik dan benjolan yang unik. Di beberapa negara, jenis ikan yang satu ini dianggap pembawa keberuntungan jika memiliki benjolan yang besar serta ekor yang panjang.

  1. Ikan oscar

Ikan oscar memiliki nama latin Astronotus. Ikan yang satu ini merupakan salah satu ikan hias yang banyak diminati oleh pecinta ikan hias. Karena ikan oscar memiliki warna putih serta merah yang begitu indah yang akan dipercantik dengan gerakan mereka di dalam air.

  1. Ikan sapu-sapu

Jika Anda adalah salah satu orang yang gemar memelihara ikan hias yang beraneka ragam, maka tidak salahnya jika Anda memelihara jenis ikan yang satu ini. Ikan yang satu ini memiliki warna tubuh yang cenderung hitam dengan adanya totol-totol berwarna putih di bagan tubuhnya. Ikan sapu-sapu ini juga dikenal sebagai ikan pembersih aquarium oleh sebab itu ikan ini kerap kali dicampur dengan ikan lain. Selain itu ikan sapu-sapu ini juga jenis ikan yang tidak ganas dan sangat bersahabat dengan jenis ikan lainnya.

Demikian beberapa jenis ikan hias air tawar yang dapat Anda temui di pasaran. Selain beberapa jenis tersebut, masih ada banyak jenis ikan hias yang hidup di air tawar. Beberapa diantaranya adalah ikan lemon, manifish, ikan molly, dan lain sebagainya…

Leave a Reply