Mengenal Jenis Ikan Guppy Lebih Dalam

Ada banyak jenis ikan hias yang ada di Indonesia. Berbagai jenis ikan hias ini tersedia dalam berbagai ukuran dari yang besar seperti ikan arwana sampai dengan ikan kecil-kecil. Yang diunggulkan dari ikan hias adalah penampilannya. Kecantikan sirip, warna, dan corak menjadi hal utama yang diunggulkan ikan hias. Salah satu jenis ikan hias yang banyak digemari adalah jenis ikan guppy.

Ikan guppy adalah ikan berukuran kecil menyerupai ikan cupang. Warnanya sangat menarik dengan corak yang sangat beragam. Bagi Anda yang memiliki akuarium kecil, ikan ini dapat menjadi alternatif ikan hias yang dapat dipilih. Sebagai salah satu jenis ikan hias yang cantik, ikan ini banyak dicari dan memiliki banyak penggemar. Hal ini membuat budidaya ikan guppy marak dilakukan oleh banyak orang.

 

Mengenal Jenis Ikan Guppy Lebih Dalam

Jenis Ikan Guppy

Jenis Ikan Guppy

 

Sebelum kita mencari tahu mengenai jenis ikan guppy, sebelumnya, mari kita berkenalan terlebih dahulu dengan ikan guppy. Ikan guppy adalah ikan yang hidup di air tawar. Ikan ini biasa ditemukan di perairan air tawar yang tenang seperti sungai dengan aliran air yang tenang serta danau. Ikan ini juga dapat ditemukan pada perairan yang payau dan memiliki kandungan garam cukup tinggi.

Jika bertanya dari mana asal ikan lucu ini? Makan jawabannya adalah dari kawasan Amerika tengah dan Amerika Selatan. Ikan indah ini kemudian masuk ke wilayah Indonesia pada kisaran tahun 1920. Ikan ini menjadi ikan akuarium yang populer karena kecantikan warna serta coraknya. Kini, ikan ini dapat ditemukan hampir di seluruh kawasan perairan air tawar tenang di seluruh Indonesia.

Ada berbagai jenis ikan guppy yang dijual. Beberapa dapat dibeli dengan harga yang cukup terjangkau. Namun, ada beberapa jenis ikan ini yang memiliki harga fantastis. Harga fantastis ini disebabkan karena ikan guppy tersebut memiliki corak dan warna yang langka. Harga yang mahal juga dapat disebabkan karena ikan tersebut sulit didapatkan dengan mengembangbiakkan di tempat budidaya dan hanya dapat ditemukan di alam bebas. Memiliki ikan guppy dengan jenis ini menjadi salah satu kebanggaan bagi mereka yang menyukai atau hobi mengoleksi ikan hias jenis guppy ini.

Baca Juga:

 

Jenis Ikan Guppy Termahal

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa ada banyak jenis ikan guppy yang dapat ditemukan. Namun ada beberapa jenis dengan harga yang sangat mahal dan diatas rata-rata. Bagi Anda yang sudah penasaran mengenai ikan guppy seperti apa yang memiliki harga mahal, berikut adalah ulasannya untuk Anda.

 

  1. German Platinum Crown Tail

Satu yang membuat jenis ikan ini menarik adalah ekornya. Ekor ikan guppy jenis ini menyerupai mahkota. Hal ini yang melatarbelakangi nama ikan guppy ini yaitu crown tail yang berarti ekor mahkota.

  1. Green Red Dragon

Anda mencari primadonanya ikan guppy? Green red Dragon adalah juaranya. Harganya yang cukup mencengangkan membuat ikan ini banyak diburu pecinta ikan hias. Yang membuat ikan ini sangat menarik adalah coraknya yang outstanding. Sirip ekornya yang memiliki bentuk melebar menjadikan ikan ini sangat cantik saat berenang.

  1. Blue Moscow Albino

Ikan ini memiliki warna yang cukup unik. Warna dasarnya adalah warna pink degan semburat keunguan. Ekornya yang panjang menjadi ciri khas utama ikan guppy jenis ini.

  1. Black Moscow

Jenis ikan guppy ini memiliki warna hitam pekat. Ikan ini berasal dari Moscow, Rusia.

  1. Full Black Thailand

Seperti hal nya ikan guppy black Moscow, ikan guppy ini memiliki warna hitam pekat yang mempesona. Hanya saja memiliki sirip yang lebih lebar sehingga menambah keunikannya.

  1. Mozaik

Ikan guppy dengan corak mozaik menjadi salah satu ikan cantik yang banyak digemari. Yang menjadi ciri khas ikan jenis ini adalah pangkal ekornya yang berwarna biru dengan susunan warna teratur membuatnya semakin tampak cantik menawan.

  1. Super Red Singapore

Ikan guppy asal Singapura ini banyak diperbincangkan karena warnanya yang sangat indah. Warna merah menyala di seluruh tubuhnya membuat ikan ini tampak menonjol dan memiliki keindahannya sendiri.

  1. Japan Blue

Ikan guppy ini merupakan ikan guppy yang ada di perairan liar jepang. Warna sirip ekornya biru muda yang menyala indah. Pangkal ekornya memiliki warna lebih gelap dan bergradasi menjadi semakin muda. Keindahan ikan guppy jenis ini membuat banyak orang takjub.

Nah, itu tadi beberapa jenis ikan guppy yang memiliki harga cukup mahal. Beberapa berasal dari perairan mancanegara dan merupakan produk impor sehingga harganya mahal. Selain itu, ada juga yang berasal dari perairan dalam negeri namun sulit didapatkan. Hal ini yang membuat harga ikan guppy ini menjadi cukup banyak. Banyaknya peminat ikan guppy membuat ikan ini menjadi salah satu ikan akuarium primadona

Leave a Reply