Aneka Jenis Ikan Guppy Yang Cantik Dan Unik

Ikan Guppy adalah salah satu jenis dari begitu banyak ikan hias. Ikan hias yang satu ini memiliki nama latin Poecilia reticulata. Ikan yang satu ini merupakan ikan yang awalnya masuk ke dalam bagian dari ikan liar. Akan tetapi, pada tahun 1866 ikan yang satu ini ditemukan oleh Robert John Lechmere Guppy, tepatnya berada di Trinidad. Akhirnya ikan liar tersebut pun diberi nama sesuai dengan penemunya yaitu Guppy. Ikan yang satu ini memiliki ekor yang begitu indah. Dalam beberapa jenis, ikan yang satu ini memiliki bentuk ekor serta corak yang sangat unik sehingga mampu membuat para pecinta ikan hias pun terpana degan kecantikannya. Ikan yang satu ini pun terus dikembangkan dengan melakukan berbagai macam persilangan dengan ikan Guppy yang berbeda jenis atau pun dengan ikan yang memiliki hubungan kekerabatan yang dekat. Karena beberapa hasil persilangan tersebut, lahirlah berbagai macam jenis ikan guppy dengan berbagai macam corak serta bentuk ekor yang indah.

Ikan guppy merupakan salah satu jenis ikan yang termasuk ke dalam kelas omnivora atau pemakan segala. Ikan guppy mampu hidup dengan baik pada suhu 25 sampai dengan 28 derajat celcius. pH optimum yang baik untuk tempat tinggal ikan yang satu ini adalah pH 7 dengan tingkat kekerasan 20Âș. Ikan Guppy juga merupakan salah satu ikan yang hidup di air tawar, akan tetapi beberapa di antaranya ada yang tinggal di air payau. Sebelum Anda berniat untuk memelihara jenis ikan yang satu ini, Anda juga harus mengetahui pakan yang baik untuk beberapa jenis ikan guppy.

 

Aneka Jenis Ikan Guppy Yang Cantik Dan Unik

Jenis Ikan Guppy

Jenis Ikan Guppy

 

Ikan guppy yang baru menetas tidak akan membutuhkan makan. Hal ini dikarenakan ikan yang satu ini masih memiliki cadangan makanan yang masih menempel di tubuhnya. Cadangan makanan tersebut berupa kuning telur. Setelah anak ikan Guppy masuk ke usia 4 sampai dengan 5 hari, Anda dapa memberikan makan kuning telur yang telah direbus. Kuning telur tersebut dihancurkan dan diberikan pada ikan Guppy. Jika tubuh ikan tersebut telah bertambah besar sekitar 2 sampai dengan 3 cm, maka Anda dapat memberikan cacing sebagai makanan ikan tersebut.

Selain beberapa makanan tersebut, Anda dapat menambahkan berbagai macam makanan tambahan yang mengandung nutrisi untuk si Guppy. Jika Anda mampu menjaga kebersihan tempat tinggal dan makanannya, Anda pasti dapat memelihara berbagai macam jenis ikan guppy yang Anda inginkan.

Ikan yang memiliki tubuh mungil serta bentuk ekor dan corak yang indah ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta ikan hias. Meskipun ukurannya yang kecil, ikan yang satu ini mampu menghipnotis orang yang melihatnya sehingga tertarik untuk memelihara jenis ikan yang satu ini. Karena persilangan yang beragam seperti yang telah disebutkan sebelumnya, membuat ikan yang satu ini memiliki begitu banyak jenis, warna, bentuk tubuh, dan ekor yang beragam.

Jika Anda salah satu orang yang tertarik dengan ikan yang satu ini, alangkah baiknya Anda mengetahui beberapa jenis ikan guppy yang dapat Anda pelihara, dengan mengetahui jenisnya, Anda dapat memilih jenis mana yang cocok untuk Anda pelihara. Berikut adalah beberapa jenis dari ikan Guppy yang dapat Anda jadikan referensi dalam memilih ikan guppy:

Baca Juga:

 

  1. Guppy Green Red Dragon

Jenis ikan guppy yang satu ini bisa dibilang sebagai primadonanya ikan guppy di Indonesia. Ikan cantik yang satu ini memiliki bentuk ekor delta yang artinya ekor yang dimilikinya akan melebar ke arah samping. Karena bentuk ekornya yang lebar, membuat ikan guppy yang satu memiliki gerakan berenang yang aneh. Harga ikan kecil yang satu ini mampu mencapai Rp 400.000,-.

  1. Guppy Mosaic

Ikan guppy yang satu ini memiliki warna biru pada bagian pangkal serta ekor. Jenis ikan yang satu memiliki warna yang teratur. Ada berbagai macam perpaduan yang indah dari ikan yang satu ini.

  1. Guppy Grass Blue

Jenis ikan Guppy yang satu ini adalah perkembangan dari ikan guppy jenis Mosaic. Perbedaan dari keduanya adalah terdapatnya bintik hitam atau biru tua di bagian sirip, ekor, serta punggungnya.

  1. Guppy Red Lace Snakeskin

Merupakan salah satu jenis guppy yang memiliki corak layaknya batik asli Indonesia di bagian tubuh, ekor, serta siripnya. Sirip serta ekornya yang panjang membuat ikan jenis yang satu ini akan sangat cantik bila berenang.

  1. Guppy Black Moscow

Ikan guppy yang satu ini memiliki warna hitam pekat di seluruh bagian tubuhnya. Sesuai dengan namanya, ikan yang satu ini berasal dari daerah Moscow, Rusia. Ekornya yang panjang membuat ikan yang satu ini terlihat begitu cantik ketika mengelilingi akuarium.

Demikian beberapa jenis ikan Guppy yang dapat Anda pilih sebelum Anda membeli ikan Guppy….

Leave a Reply