6 Jenis Ikan Cupang yang Perlu Dibudidayakan

Siapa yang belum kenal ikan Cupang? Semua orang pasti sudah mengenal ikan hias ini, bahkan anak-anak kecil sekalipun. Ikan Cupang merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang memiliki bentuk tubuh kecil, tetapi ekor terlihat indah dipandang dan memiliki jenis ikan Cupang yang bervariasi. Ikan ini cukup dikenal di berbagai kalangan, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak. Tidak jarang pula ikan ini dijadikan sebagai ikan hias air tawar yang mudah untuk dipelihara.

Ikan Cupang memiliki nama Latin Betta splendens, merupakan ikan yang dikenal sebagai tipe petarung yang cukup agresif dan suka menyerang sesama jenisnya. Ada beberapa fakta unik dari ikan Cupang yang perlu diketahui, yaitu :

  • Ikan air tawar ini berasal dari Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.
  • Ikan Cupang bisa bertahan hidup dengan lingkungan yang minim oksigen. Hal ini dapat membuat ringan pekerjaan bagi para pemelihara ikan.
  • Memiliki bentuk tubuh yang kecil tetapi ekornya menjadi simbol dari keindahan ikan Cupang. Bagian dari tubuh ikan Cupang yang lebih cepat tumbuh adalah bagian ekornya. Ekor dari ikan Cupang dapat tumbuh dengan indah dan warnanya pun bagus.
  • Ikan Cupang merupakan hewan petarung yang dapat diadu dengan Cupang lain yang sejenisnya. Biasanya ikan ini akan dijadikan sebagai simbol dalam Kontes Ikan Cupang. Meski sebenarnya tidak boleh melakukan pertarungan pada hewan, tetapi terkadang ini menjadi salah satu strategi untuk mengenalkan ikan Cupang kepada masyarakat luas.

Selain fakta tersebut, Cupang ini pun memiliki jenis-jenisnya. Banyak berbagai jenis ikan Cupang yang sudah banyak dikembangkan atau dipelihara oleh para penggemar ikan ini. Sampai saat ini sudah banyak spesies yang ditemukan untuk ikan Cupang, kurang lebih ada 73 spesies ikan Cupang yang berada di alam. Ada beberapa macam ikan Cupang yang cukup terkenal dan banyak dicari orang, yaitu :

 

6 Jenis Ikan Cupang yang Perlu Dibudidayakan

Jenis Ikan Cupang

Jenis Ikan Cupang

 

Baca Juga:

 

  1. Cupang Plakat

Merupakan jenis ikan Cupang yang memiliki tubuh minimalis, tetapi tergolong pada ikan yang cukup menawan. Ikan Cupang jenis ini berasal dari Thailand. Variasi dari ikan Cupang Plakat yaitu plakat dragon, full black, dan lainnya. Cupang plakat sering dijadikan sebagai Cupang petarung untuk mengikuti kontes adu Cupang. Harga pasaran untuk Cupang jenis ini adalah cukup murah dan ada juga yang mahal.

  1. Cupang Halfmoon

Awalnya muncul karena hasil persilangan peternak Cupang di Amerika. Bentuknya memiliki sirip dan ekor yang seolah menyatu, dan membentuk setengah lingkaran atau seperti setengah bulan. Variasi warna dan bentuknya yang unik menjadi unsur tersendiri untuk memilih memelihara Cupang jenis itu.

  1. Cupang Serit (Crown Tail)

Jenis ikan Cupang Serit ini merupakan ikan Cupang yang berasal dari daerah Slipi, Jakarta, Indonesia. Ikan ini memiliki tubuh yang berserit-serit seperti kain robek yang rapi. Dilengkapi dengan warna yang bagus sehingga dapat menarik minat terhadap ikan Cupang jenis serit.

  1. Cupang Double Tail (Cagak)

Jika dilihat dengan seksama, ikan Cupang jenis ini memiliki kemiripan dengan jenis ikan Cupang Halfmoon. Perbedaannya adalah pada ekornya, sirip ekor Cupang jenis double tail ini terbelah menjadi dua. Tiap belahan pada sirip ekor memiliki besaran yang sama besar. Ada perbedaan lainnya juga yaitu pada bagian punggung dan sirip anak yang panjang.

  1. Giant Jenis Cupang Raksasa

Merupakan salah satu jenis ikan Cupang terbesar dibanding dengan ikan Cupang jenis lain. Ikan jenis ini bisa mencapai ukuran 11-12 cm. Ikan Cupang ini memiliki tubuh yang sangat menawan dengan corak warnanya yang cantik. Tergolong ikan Cupang yang mahal dan banyak diminati oleh kalangan.

  1. Cupang Alam

Cupang ini dikenal sebagai Cupang liar atau alam, karena Cupang ini belum pernah mengalami persilangan apa-apa. Ikan ini berada jauh dari jangkauan manusia karena semakin bagus dan langka maka harganya bisa sangat mahal. Begitu juga sebaliknya, Cupang yang sudah terkenal dan banyak maka harganya jauh lebih murah. Habitat dari Cupang jenis ini adalah di sungai, sawah, rawa, dan selokan.

Itulah beberapa jenis ikan Cupang yang bisa dipelihara sebagai hiasan atau sebagai budidaya. Bagi Anda yang berminat untuk memelihara ikan Cupang, jenis-jenis tersebut diatas bisa menjadi rekomendasi untuk memelihara ikan Cupang yang seperti apa. Harga untuk membeli ikan Cupang dapat disesuaikan dengan kualitas atau kecantikan dari ikan Cupang tersebut.

Ikan Cupang merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar berbasis aquarium yang mudah untuk dipelihara. Untuk membudidayakannya pun bisa dilakukan dengan mudah, karena ikan cupang merupakan ikan air tawar dimana dalam membudidayakannya tidak memerlukan teknologi yang canggih…..

Leave a Reply