Jenis Ikan Cupang Termahal Yang Wajib Kamu Ketahui

Indonesia memiliki pulau-pulau yang sangat indah dan hamparan lautnya yang sangat luas. Dengan adanya hamparan laut yang luas, Indonesia tentunya memiliki berbagai jenis terumbu karang dan juga ikan yang sangat beragam. Salah satu ikan yang sangat unik yaitu jenis ikan cupang, bahkan di Indonesia juga terdapat beberapa jenis ikan cupang termahal. Ikan cupang ini merupakan ikan yang hidup di air tawar dan biasanya ikan ini hidup secara bergerombol atau dengan bersama-sama. Ikan cupang ini juga bisa Anda temukan di sungai, danau, dan juga rawa yang di dalamnya memiliki arus cukup tenang. Ikan cupang ini juga memiliki berbagai jenisnya bahkan ada juga yang termasuk kedalam golongan yang cukup mahal. Lalu apa sajakah jenis ikan cupang yang memiliki harga cukup fantastis? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Bagi seseorang yang sangat menggemari untuk mengoleksi jenis ikan khususnya ikan cupang tentu memiliki klasifikasinya tersendiri seperti mengelompokkan sesuai dengan bentuknya, kemudian warnanya, dan juga jenisnya. Bahkan ada beberapa cara yang mereka gunakan untuk mengawinkan cupang ini sehingga nantinya menghasilkan bentuk, warna, dan juga jenis yang baru tentunya. Bahkan mungkin Anda bisa mengawinkannya dan menjadikan sebagai salah satu kategori jenis ikan cupang termahal. Nah, untuk mengetahui jenis ikan apakah yang Anda miliki apakah termasuk kedalam kategori jenis ikan cupang termahal atau tidak. Yuk perhatikan berbagai jenis ikan cupang di bawah ini.

 

Jenis Ikan Cupang Termahal

 

  1. Jenis ikan cupang Halfmoon atau bulan sepotong

 

Jenis Ikan Cupang Termahal

Jenis Ikan Cupang Termahal

 

Jenis ikan cupang termahal yang pertama yaitu jenis Halfmoon. Mengapa disebut Halfmoon? Karena ikan cupang ini memiliki sirip dan juga ekornya yang sangat cantik secara menyatu, dan jika dilihat akan terbentuk seperti setengah lingkaran, dan karena warnanya yang cantik maka ikan ini disebut dengan ikan Halfmoon. Ikan ini memiliki harga yang cukup menguras kantong yaitu sekitar Rp. 5.000,- sampai dengan Rp. 300.000,-. Bahkan harga ini bisa terus menerus bertambah jika ikan cupang tersebut bertambah umurnya dan juga sudah pernah mengikuti kontes kecantikan ikan cupang.

 

  1. Jenis ikan cupang Grown Tail atau serit

 

 Grown Tail

Grown Tail

Jenis ikan cupang yang kedua yaitu jenis serit. Disebut sebagai ikan cupang serit atau ikan cupang Grown Tail, karena ikan ini memiliki ekor dan sirip yang sangat indah. Bahkan ekor cupang ini menyerupai mahkota yang sangat indah dengan warna-warna yang cantik. Untuk harga ikan ini berkisar antara Rp. 5.000,- sampai dengan Rp. 300.000,-.

 

  1. Jenis ikan cupang Plakat atau Halfmoon

 

ikan cupang Plakat

ikan cupang Plakat

Jenis ikan cupang yang ketiga yaitu jenis ikan yang sering digunakan untuk tarung atau untuk di adu. Ikan ini juga memiliki sirip dan ekor yang pendek sehingga cocok sebagai ikan petarung. Harganya masih sama seperti dengan kedua jenis ikan cupang sebelumnya yaitu berkisar Rp. 5.000,- sampai dengan Rp. 300.000,-.

 

  1. Jenis ikan cupang Double Tail atau ekor ganda

 

ikan cupang Double Tail

ikan cupang Double Tail

Jenis ikan cupang yang keempat yaitu jenis ikan ekor ganda. Dinamai dengan ikan dengan ekor ganda karena ekor ikan cupang ini terbelah menjadi 2 sehingga terlihat seperti memiliki 2 ekor yang sangat indah. Untuk harga ikan cupang ini berkisar Rp. 10.000,- sampai dengan Rp. 300.000,-

 

  1. Jenis ikan cupang Betta atau cupang raksasa

 

ikan cupang Betta

ikan cupang Betta

Jenis ikan cupang termahal yang kelima yaitu ikan cupang raksasa. Hal ini dikarenakan ikan ini memiliki bentuk yang cukup panjang sekitar 10 sampai dengan 15 cm dan harganya yaitu Rp. 5.000,- sampai dengan Rp. 300.000,-.

Baca Juga:

 

Nah, itulah sebagian jenis ikan cupang termahal yang mungkin sudah Anda miliki atau mungkin akan Anda beli sebagai salah satu koleksi ikan hias Anda di rumah. Dalam melakukan perawatan pada ikan cupang juga tentunya tidak boleh sembarangan, karena ikan ini memiliki ukuran yang sangat kecil maka dari itu usahakan untuk memberikan makanan yang sesuai dan juga selalu membersihkan tempat tinggalnya yaitu di akuarium. Ikan cupang ini juga memiliki beberapa jenis antara ikan cupang yang hanya untuk ikan hias dan juga ikan cupang yang digunakan untuk kontes atau di adu. Ikan cupang ini juga bisa Anda budidayakan dengan mudah dengan mengetahui langkah-langkah pembudidayaan yang tepat seperti dengan memilih induk ikan cupang yang baik, sehat, dan juga sesuai dengan umurnya, kemudian memilih jantan yang juga sama sehatnya dan usahakan untuk memilih dengan ukuran yang sama, memilih tempat atau wadah, memperhatikan air dan suhu, dan lain sebagainya.

Demikianlah penjelasan mengenai berbagai jenis ikan yang ada di Indonesia salah satunya adalah ikan cupang yang memiliki keindahan tersendiri dari berbagai bentuk, warna, dan juga jenisnya. Bahkan di atas juga sudah disebutkan mengenai beberapa jenis ikan cupang yang cukup terkenal di dunia yaitu beberapa jenis ikan cupang termahal. Lalu jenis ikan cupang manakah yang akan menjadi koleksi Anda di rumah?

Leave a Reply