4 Jenis Ikan Cupang Termahal di Dunia

Jenis Ikan Cupang Termahal – Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang sangat familiar di Indonesia. Ikan jenis yang satu ini kerap dijadikan sebagai ikan peliharaan dikarenakan keindahan dari ekor, sirip, serta warna-warni dari ikan yang satu ini aka membuat banyak orang yang terpikat serta terpesona dengan jenis ikan yang satu ini. Jenis ikan cupang memiliki begitu banyak jenisnya. Beberapa diantaranya menjadi jenis ikan cupang termahal. Harga satu ekor ikan cupang mampu mencapai jutaan rupiah. Selain dari aspek keindahannya, ikan yang satu ini juga banyak diminati karena ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan cupang yang mudah perawatannya.

Ikan yang satu ini memiliki banyak jenis, akan tetapi dari berbagai macam jenis tersebut, ika yang satu ini dibagi ke dalam 2 buah golongan yaitu ikan cupang aduan dan ikan cupang hias. Sesuai dengan namanya, ikan cupang aduan adalah ikan cupang yang dipelihara untuk dijadikan sebagai hewan aduan. Tidak sedikit negara yang menganggap ilegal dengan hl tersebut, akan tetapi di beberapa negara seperti Thailand, adu kekuatan ikan cupang justru menjadi salah satu tradisi yang sudah turun temurun. Ikan cupang yang satu ini juga memiliki beberapa jenis ikan cupang termahal. Mahalnya tergantung dari kekuatan dari ikan tersebut. Ikan cupang yang dijadikan sebagai ikan cupang aduan merupakan ikan cupang yang memiliki tubuh yang kuat, biasanya akan memiliki ekor serta sirip yang cenderung lebih pendek dibandingkan yang lainnya. Selain itu, ikan cupang aduan juga memiliki sifat yang agresif yang akan menyerang ikan cupang lainnya jika saling bertemu dalam ruangan yang sama.

Ikan cupang hias tentulah dipelihara karena keindahan yang dimiliki oleh ikan yang satu ini. Ikan cupang hias biasanya memiliki bentuk ekor serta sirip yang beragam sesuai dengan jenisnya. Warna yang dimiliki oleh ikan cupang hias pun sangat beragam sesuai dengan keindahan yang dimilikinya. Jenis ikan yang satu ini biasanya akan memiliki gerakan yang lebih lamban serta lebih senang untuk menunjukkan keindahan serta keanggunan gerakan tubuhnya. Ada begitu banyak jenis ikan hias dengan berbagai macam warna serta dengan berbagai macam bentuk yang berbeda-beda. Jenis ikan cupang termahal biasanya akan memiliki bentuk ekor, sirip, serta warna yang unik dibandingkan dengan yang lainnya.

Berikut ini adalah beberapa jenis ikan cupang termahal yang dapat Anda jadikan sebagai referensi untuk mempercantik aquarium Anda:

Baca Juga: 5 Jenis Ikan Cupang Pilihan

6 Jenis Ikan Cupang yang Perlu Dibudidayakan

 

4 Jenis Ikan Cupang Termahal

Jenis Ikan Cupang Termahal di dunia

Jenis Ikan Cupang Termahal di dunia

 

  1. Ikan cupang crown tail

Jenis ikan cupang termahal yang satu biasanya juga disebut dengan ikan serit dikarenakan bentuk ekor serta sirip yang menyerupai serit. Ikan jenis yang satu ini berasal dari Indonesia, lebih tepatnya berasal dari Jakarta. Ikan jenis yang satu ini awalnya muncul pada tahun 1998 dan kemudian menjadi sangat populer di tahun 2000. Ikan jenis yang satu ini juga sudah diakui dalam Internasional Betta Congres. Ikan serit sering disebut dengan ikan crown tail dikarenakan bentuk ekornya yang apabila diputar 90 derajat ke kiri atau ke kanan akan menyerupai bentuk mahkota raja.

  1. Ikan cupang halfmoon

Jenis ikan cupang yang satu ini memiliki bentuk sirip serta ekor yang seolah-olah menyatu satu dengan lainnya. Sirip serta ekornya tersebut akan membentuk setengah lingkaran. Ikan jenis yang satu ini memiliki warna yang sangat beragam dan akan membuat Anda terkesan dengan warna yang dimilikinya. Bentuk ekornya yang menggelambir akan memberikan gerakan yang begitu indah ketika mereka berenang. Jenis ikan yang satu ini dijual dengan harga yang mahal sesuai dengan keunikan ekor, sirip serta warna yang dimilikinya.

  1. Ikan cupang double tail

Jika dilihat secara sekilas, jenis ikan cupang termahal ini memiliki bentuk yang sama dengan ikan cupang jenis halfmoon. Perbedaan yang dimiliki oleh keduanya terletak pada ekor serta siripnya yang membentuk double tail yang membelah menjadi 2 bagian. Ukuran serta lebar dari sirip dan ekornya tidak memiliki berbedaan yang jauh. Perbedaan lainnya yang dimiliki oleh ikan yang satu ini adalah pada punggung serta sirip dari ikan cupang ini yang lebih panjang. Jenis ikan yang satu ini merupakan salah satu jenis ikan cupang yang sulit untuk dibudidayakan sehingga untuk memperolehnya akan cukup sulit.

  1. Ikan cupang plakat

Jenis ikan cupang yang satu ini berbeda dengan yang lainnya. Jika jenis lainnya dinikmati karena keindahan ekor serta siripnya, maka ikan yang satu ini dinikmati karena kemampuannya untuk beradu dengan ikan cupang lainnya. Jenis ikan cupang yang satu ini merupakan jenis ikan cupang aduan. Bentuk sirip serta ekornya yang lebih pendek akan memberikan kesan yang lebih kuat pada ikan tersebut.

Demikian beberapa jenis ikan cupang termahal yang dapat Anda jadikan sebagai referensi ketika akan membeli ikan cupang….

Leave a Reply