5 Jenis Ikan Cupang Pilihan

Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan air tawar. Ikan yang satu ini memiliki keindahan warna serta bentuk yang beragam yang membuat ikan jenis yang satu ini dijadikan sebagai ikan air tawar. Ikan cupang menjadi ikan hias air tawar yang sudah sangat dikenal di Indonesia. Banyak orang yang menjadikan ikan hias yang satu ini sebagai salah satu pilihan ikan hias mereka. Terlebih dengan jenis ikan cupang yang sangat beragam membuat semakin banyaknya pilihan warna serta bentuk ikan yang satu ini. Perawatannya yang mudah kerap menjadikan alasan lain mengapa ikan yang satu ini banyak diminati oleh pecinta ikan hias.

Ikan cupang memiliki bentuk dan ukuran yang relatif kecil dengan bentuk ekor serta sirip yang beragam sesuai dengan jenis ikannya. Biasanya, semakin unik bentuk serta warnanya maka akan semakin banyak orang yang berminat untuk memilikinya. Selain itu, semakin banyak yang berminat, ikan tersebut juga akan semakin maha harganya. Ada banyak jenis ikan cupang yang dapat Anda pilih untuk menjadi koleksi ikan hias Anda. Dari banyaknya jenis dari ikan cupang, semuanya dikelompokkan ke dalam dua kelas yaitu ikan cupang adu dan ikan cupang hias. Ikan cupang adu adalah ikan cupang yang banyak digunakan untuk beradu. Ikan cupang tersebut akan diadu satu dengan lainnya. Hal ini tentulah dianggap sebagai suatu hal yang ilegal di beberapa negara, salah satunya adalah Amerika Serikat. Ikan cupang adu memiliki tubuh yang kokoh, ukuran tubuhnya sama (leher sampai ke ekor), bibirnya besar serta kokoh, gerakan lincah, serta menjadi salah satu ikan yang agresif.

Sedangkan ikan cupang hias adalah ikan cupang yang dijadikan sebagai ikan hias dimana ikan cupang dalam golongan ini memiliki keindahan bentuk tubuh serta warna yang akan menghipnotis banyak orang. Bentuk ekor serta siripnya akan berbeda sesuai dengan jenis ikan cupang tersebut. Ikan cupang hias biasanya memiliki gerakan tubuh yang lebih lambat serta merupakan ikan yang lebih cenderung suka memamerkan keanggunan gerakannya. Tidak sedikit ikan cupang hias dijadikan sebagai ikan adu, akan tetapi jika ikan yang satu ini diadu, maka sirip serta ekornya dapat rusak sehingga Anda tidak dapat lagi menikmati keindahan dari ikan yang satu ini.

5 Jenis Ikan Cupang Pilihan Terbaik

Jenis Ikan Cupang Pilihan Terbaik 

Jenis Ikan Cupang Pilihan Terbaik

 

Baca Juga:

 

Berikut adalah beberapa jenis dari ikan hias yang dapat Anda jadikan referensi:

  1. Ikan cupang halfmoon

Sesuai dengan namanya, ikan yang satu ini memiliki bentuk menyerupai setengah bulan. Bagian yang menyerupai setengah bulan adalah bagian ekor serta siripnya yang seolah-olah menyatu dan kemudian membentuk setengah lingkaran. Ikan yang satu ini merupakan jenis ikan cupang yang banyak diminati dan cukup populer dikalangan pecinta ikan hias. Jenis dari ikan cupang yang satu ini memiliki warna warni yang sangat beragam. Selain itu, ikan jenis yang satu ini juga memiliki beberapa tipe lainnya.

  1. Ikan cupang crown tail

Jenis ikan cupang yang satu ini memiliki bentuk seperti serit. Ikan cupang yang satu ini dihasilkan oleh para breeder yang berasal dari Indonesia. Ikan jenis yang satu ini memiliki bentuk ekor serit yang apabila Anda balik ke atas maka akan menyerupai bentuk mahkota raja. Jenis dari ikan cupang yang satu ini sangat banyak peminatnya dikarenakan keindahan dari bentuk ekor serta warnanya yang sangat beragam. Ikan crown tail juga sudah banyak diadukan keindahannya, bahkan oleh Internasional Betta Congress. Jenis dari ikan cupang yang satu ini dapat Anda jadikan sebagai pilihan untuk memberikan keindahan yang lebih pada aquarium Anda. Jenis ikan yang satu ini dibagi atas beberapa tipe yaitu tipe tunggal dan tipe ganda. Keduanya dibedakan berdasarkan jumlah tulang siripnya.

  1. Ikan cupang plakat

Jenis ikan yang satu ini merupakan jenis ikan yang berasal dari Thailand. Nama dari ikan cupang yang satu ini juga menggunakan istilah Thailand yang artinya bertarung atau laga. Ikan cupang yang satu ini memanglah sudah dikenal sebagai jenis ikan cupang aduan. Thailand memang menjadi salah satu negara yang sudah sangat dikenal dengan tradisi adu ikan cupang. Ikan cupang yang satu ini memiliki sirip serta ekor yang cenderung lebih pendek dan juga tidak memiliki bentuk sirip yang menggelambir seperti ikan cupang jenis yang lainnya. Sama halnya dengan jenis lainnya, ikan cupang yang satu ini juga memiliki keindahan warna yang berbeda-beda.

  1. Ikan cupang giant

Ikan cupang jenis yang satu ini dibedakan berdasarkan bentuk tubuhnya, bukan dari sirip ataupun ekornya. Jenis dari ikan cupang yang satu ini memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dengan berbagai macam jenis serta bentuk yang berbeda-beda. Pada dasarnya, semua jenis dari ikan cupang dapat menjadi ikan giant. Ikan yang satu ini dihasilkan dari berbagai macam persilangan antara satu jenis dengan jenis yang lainnya.

  1. Ikan cupang liar

Ikan cupang yang satu ini merupakan ikan cupang yang hidup di alam bebas atau alam liar. Cupang ini biasanya hidup di sawah atau di parit-parit. Biaasanya jenis ikan cupang liar ini cukup mudah ditemukan di area persawahan dan perkebunan. Setelah musim hujan, cupang liar ini bermunculan, entah dari mana masalnya….

Selain itu cupang liar ini kerap dijadikan sebagai aduan. Dan tak, heran jika cupang liar ini disebut juga sebagai cupang aduan. Untuk harga nya terbilang murah karena mudah didapat…

Demikian beberapa jenis ikan cupang yang dapat Anda jadikan referensi ketika akan membeli ikan cupang sebagai ikan hias di rumah Anda…

Leave a Reply