Seputar Info Hiu Megalodon yang Fenomenal

Belakangan ini dunia sedang dihebohkan dengan fenomena tentang sesosok hewan buas. Hewan buas ini muncul dan membuat para netizen kaget tetapi juga penasaran. Tidak hanya para netizen saja yang dibuat heboh, para ilmuwan pun juga heboh untuk mencari tahu lebih lanjut tentang keberadaan hewan buas ini. Hewan buas yang membuat dunia heboh ini adalah Hiu Megalodon, yang mana hiu jenis ini merupakan sebuah spesies dari hiu raksasa dan juga merupakan jenis hiu yang menjadi nenek moyang dari para spesies ikan hiu yang Anda ketahui saat ini. Sehingga hiu ini disebut juga sebagai hiu purba yang ada di dunia.

Bagaimana bisa hiu jenis Megalodon ini menjadi viral secara tiba-tiba di kancah dunia? hal ini dikarenakan, adanya sebuah rekaman video dari sebuah robot tangan yang sedang berada di dalam palung laut di Mariana, yang secara tidak sengaja memperlihatkan sesosok penampakkan dari ikan hiu raksasa ini. Tentu saja ini menjadi sebuah pembicaraan yang sangat panas, karena sejauh dan selama ini Hiu Megalodon…

Seputar Info Hiu Megalodon yang Fenomenal

Info Hiu Megalodon yang Fenomenal

Info Hiu Megalodon yang Fenomenal

 

Belum pernah ditemukan kembali dalam keadaan hidup. Hal ini dikarenakan, beberapa pendapat dari orang serta ilmuwan mengatakan bahwa ikan hiu raksasa ini telah punah. Sehingga inilah yang menjadi sebuah misteri dari keberadaan ikan buas hiu raksasa ini, karena ada beberapa yang beranggapan bahwa ikan hiu ini sudah punah, dan ada pula yang beranggapan bahwa ikan hiu raksasa ini masih ada hingga sekarang, termasuk juga fosilnya yang masih hidup. Jadi bagi yang percaya bahwa ikan hiu raksasa Megalodon ini, karena mereka melihat dari rekaman video yang sempat mengguncang di tahun 2015 itu.

Mengapa ikan Hiu Megalodon ini disebut-sebut sebagai ikan hiu raksasa? Ya, hal ini tentu saja bisa terjadi karena jika Anda ingin tahu, bahwa faktanya ukuran dari ikan hiu ini bisa 10 kali lipat lebih besar dari ukuran ikan hiu lainnya yang ada pada saat ini. Bisa dibilang juga bahwa, ukuran ikan hiu raksasa ini lebih besar daripada kapal pesiar. Ikan hiu raksasa ini memiliki ukuran panjang sekitar 70 feet atau sekitar 21 meter, dengan berat 80-100 ton. Bukan hanya ukuran tubuhnya saja yang sangat besar, tetapi ukuran giginya pun juga besar. Seperti arti dari namanya “Megalodon” yaitu “gigi yang besar”. Ukuran dari satu gigi hiu raksasa ini bisa melebihi 1 tangan dari orang dewasa, mencapai sekitar 7 inci.

Baca Juga:

 

Oleh sebab itu, ikan hiu ini dikenal sangat buas dan ganas. Memiliki ukuran gigi yang besar, membuat ikan Hiu Megalodon ini dikenal sebagai pemangsa yang terbaik. Kekuatan dari giginya yang besar tersebut dapat menghancurkan segala macam mangsanya, serta memiliki kecepatan yang tinggi saat mengejar mangsanya. Sehingga hiu ini juga dikenal sebagai “super predator”. Hewan-hewan yang menjadi mangsa dari ikan hiu raksasa ini adalah paus (seperti paus Sperma, paus Balin, paus Bungkuk, dan jenis paus lainnya) dan juga hewan mamalia laut besar lainnya (seperti singa laut, gajah laut, sapi laut, penyu, dan lainnya). Mengapa ikan Megalodon ini mengincar mangsa yang memiliki ukurannya yang cukup besar juga? Hal ini dikarenakan hiu raksasa ini membutuhkan energi yang besar, sehingga membutuhkan jumlah makanan yang besar juga. Diperkirakan ikan hiu raksasa ini memerlukan sekitar 1 ton lebih yang harus dikonsumsi setiap harinya.

ikan Megalodon ini merupakan spesies ikan hiu raksasa yang hidup pada zaman sekitar 20-1,2 juta tahun lalu (zaman Miosin tengah-Pliosin akhir), dan sudah punah pada zaman sekitar 2,6 juta tahun yang lalu. Sebenarnya banyak yang tidak mengetahui secara pasti penyebab punahnya ikan Hiu Megalodon ini. Tetapi banyak teori yang mengatakan bahwa ikan Megalodon ini mengalami puncak kepunahannya yaitu pada zaman es yang mengakibatkan ikan hiu raksasa ini mati, di mana pada saat itu ketika bumi sedang mengalami perubahan iklim yang sangat ekstrim sehingga mempengaruhi kehidupan hiu raksasa ini.

Sebenarnya, fosil dari gigi Megalodon ini sudah tersebar hampir di seluruh dunia. Anda bisa menemukan fosil tersebut di wilayah Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Afrika, Australia, Selandia Baru, Jepang, Malta, India, Puerto Rico, Kuba, Jamaika, Grenadines, dan Kepulauan Canary. Fosil gigi dari Hiu Megalodon ini ternyata memiliki harga yang fantastis. Jika gigi Megalodon ini dijual, menghasilkan harga sekitar 50.000 USD atau setara dengan Rp 700.000.000,-. Sehingga tidak heran bila banyak kolektor yang memburunya.

Jadi, itulah beberapa pengetahuan dan informasi yang bisa Anda dapatkan terkait ikan hiu raksasa yang buas. Persoalan tentang kebenaran dari keberadaan Hiu Megalodon ini, masih menjadi sebuah misteri, karena banyaknya laporan terkait penampakkan dari ikan hiu ini. Tetapi para ilmuwan pun sangat yakin dan percaya bahwa, ikan Megalodon ini sudah punah sejak lama, dan hal tersebut sudah dipublikasikan terkait pernyataan tersebut sejak 2 atau 3 tahun yang lalu dan berlangsung hingga sekarang….

Leave a Reply