6 Jenis Ikan Tawar yang Bisa Dikonsumsi

Indonesia merupakan negara dengan wilayah negara kepulauan. Indonesia memiliki 54 juta hektar wilayah perairan baik itu laut, waduk, danau, atau pun sungai. Luasnya wilayah perairan di Indonesia membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki keanekaragaman biota perairan. Indonesia juga dikenal sebagai negara yang memiliki keindahan laut yang luar biasa. Sekitar 16% spesies ikan di dunia hidup dan berkembang di perairan Indonesia. Ikan tersebut dibagi menjadi dua jenis yaitu ikan air laut dan ikan air tawar. Beberapa diantaranya ada yang hidup di air payau (percampuran antara air laut dan air tawar). Ikan merupakan sumber dari protein hewani yang sangat baik bagi tubuh. Selain itu, ikan juga mengandung lemak tidak jenuh sehingga aman bagi tubuh. Air tawar adalah ikan yang hidup di air dengan kadar garam sekitar 0% sampai dengan 5%. Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki jenis ikan tawar yang bisa dikonsumsi.

Ikan air tawar memiliki keunggulan dibandingkan ikan air laut. Ikan air tawar merupakan ikan yang terbebas dari senyawa merkuri yang biasanya terkandung di dalam ikan air laut akibat pencemaran perairan. Dari beberapa ikan air tawar ada yang dapat dikonsumsi dan beberapa diantaranya hanya dijadikan sebagai ikan hias. Berikut ini adalah jenis ikan tawar yang bisa dikonsumsi:

 

6 Jenis Ikan Tawar yang Bisa Dikonsumsi

Ikan Tawar yang Bisa Dikonsumsi

Ikan Tawar yang Bisa Dikonsumsi

 

  1. Ikan Baung

Jenis ikan tawar yang bisa dikonsumsi ini memiliki nama latin Hemibagrus nemurus merupakan ikan air tawar masuk ke dalam marga Heibragus. Ikan yang satu ini memiliki sungut serta pati di mulutnya yang membuatnya berada dalam satu kerabat dengan ikan lele. Ikan yang satu ini memiliki ciri-ciri kepalanya yang kasar, daun insang terpisah, panjang sirip lemak punggungnya sama dengan sirip dubur, serta bibirnya tidak bergerigi. Ikan yang satu ini merupakan ikan yang aktif beraktivitas di malam hari untuk mencari makan. Anda dapat menemukan ikan baung di daerah muara perairan sampai dengan hulu sungai. Ikan baung merupakan ikan yang lebih senang bersembunyi dibandingkan jenis ikan lainnya.

  1. Ikan Belut

Jenis ikan tawar yang bisa dikonsumsi adalah ikan belut. Ikan yang satu ini memiliki nama latin Monopterus albus. Ikan yang satu ini merupakan salah satu ikan yang memiliki nilai ekonomi serta ekologi. Sebagai nilai ekonomi, ikan yang satu ini merupakan ikan yang satu ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi dengan rasanya yang enak. Sedangkan sebagai nilai ekologi, ikan yang satu ini merupakan ikan yang dapat dijadikan sebagai tanda kerusakan lingkungan. Ikan belut memiliki ciri-ciri kulitnya yang licin, memiliki bentuk seperti ular, tidak memiliki sisik, ekor berbentuk lancip, memiliki warna kecokelatan, matanya yang kecil, serta jika dewasa ikan yang satu ini memiliki panjang 45 hingga 50 cm. Ikan yang satu ini mampu bertahan tanpa air sampai beberapa bulan asalkan wilayah sekitarnya dalam kondisi yang basah. Anda dapat menemukan ikan yang satu ini area sawah dan rawa.

  1. Ikan Gabus

Jenis ikan tawar yang bisa dikonsumsi yang satu ini memiliki nama latin Channa striata. Ikan yang satu ini merupakan ikan air Tawar yang hidup di danau dan sawah. Ikan gabus memiliki ciri-ciri kepalanya yang berukuran besar dan agak gepeng, sisik yang besar di bagian kepala, tubuhnya yang berbentuk bulat hampir lonjong, warnanya cokelat gelap, serta sirip ikan yang membulat di bagian ujung ekor.

  1. Ikan Gurame

Ikan dengan nama latin Osphironemus goramy ini merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sangat umum di kalangan masyarakat Indonesia. Jenis ikan tawar yang bisa dikonsumsi yang satu ini memiliki ciri-ciri bentuk badannya yang lonjong dan pipih dengan mulut yang kecil, sisik di bagian kepala agak kasar, sisik di bagian tubuh relatif besar, memiliki bintik hitam di bagian dasar sirip dada, serta terdapatnya bintik hitam di bagian  sirip dubur. Ikan yang satu ini memiliki rasa yang gurih dan enak dengan durinya yang besar membuat Anda dengan mudah memisahkan bagian daging dengan duri.

Baca Juga:

 

  1. Ikan Jelewat

Ikan yang satu ini memiliki nama latin Leptobarbus hoevenii merupakan jenis ikan tawar yang bisa dikonsumsi. Ikan yang satu ini merupakan ikan yang berasal dari Semenanjung Malaka dan Pulau Kalimantan. Ikan jelewat memiliki ciri-ciri ukuran yang besar, bagian tubuh yang bulat serta memanjang, memiliki mulut dengan ukuran yang sedang, serta bagian perut yang berwarna putih keperakan sedangkan bagian punggungnya memiliki warna perak kehijauan.

  1. Ikan Lele

Mungkin Anda tidak asing lagi dengan ikan yang memiliki nama latin Clarias batracus ini. Ikan yang satu ini merupakan ikan yang sangat populer di Indonesia. Ikan lele memiliki tubuh yang licin, bentuk tubuhnya yang pipih, bagian kepala sampai ekor berwarna hitam, warna tubuhnya berwarna putih, serta memiliki kumis di bagian mulutnya.

Demikian beberapa jenis ikan yang hidup di air tawar yang bisa dikonsumsi oleh Anda…..

Leave a Reply