Ikan Sapu Sapu Fakta Dan Keunikannya

Salah satu jenis hewan yang mudah didapatkan seperti di sungai dan kali adalah ikan sapu sapu. Hampir tidak ada yang menarik sari salah satu jenis ikan ini. Bentuknya yang biasa dengan warna hitam monoton membuat ikan ini jarang dilirik oleh para pecinta ikan hias. Jenis yang sering kita temukan di perairan Indonesia biasanya berkulit kasar dan berwarna hitam menjadikan ikan ini menjadi ikan yang dijuluki sebagai ikan monster. Sesuai dengan namanya, ikan sapu-sapu ini memiliki beberapa keunggulan yaitu dapat membersihkan kolam, aquarium, atau tempat ikan tersebut hidup dari jentik nyamuk dan lain-lain. Selain itu juga, ikan ini ternyata juga dapat hidup dia air yang tercemar limbah yang sangat kotor dan beracun. Keunggulan ini sudah tentu bisa meruntuhkan perspektif banyak orang yang awalnya melihat ikan sapu sapu sebelah mata saja.

Sudah tentu, ikan ini sangat berfungsi jika Anda meletakkannya di dalam aquarium karena dalam beberapa waktu saja aquarium akan menjadi bersih. Seperti halnya sapu, ikan ini sudah tentu memiliki sifat seperti sapu yang bisa membersihkan semua kotoran yang ada.  Kotoran yang dapat dibersihkan oleh ikan ini dapat berupa lumut atau alga yang berada di sekitar aquarium Anda.

Ikan Sapu Sapu Fakta Dan Keunikannya

Ikan Sapu Sapu

Ikan Sapu Sapu

Baca Juga:

Ikan sapu sapu atau lebih dikenal dengan sebutan plecostomus atau pleco di dunia internasional ini ternyata berasal dari lingkungan air tawar di salah satu negara di Amerika, dengan suhu yang tropis Anda akan kaget jika Anda mengetahui beberapa jenis ikan sapu yang ada. Beberapa hal yang membuat Anda takjub salah satunya adalah jika ternyata ikan sapu memiliki kandungan gizi yang lebih banyak daripada ikan lele dan ikan mas yang mungkin menjadi lauk dan selalu kita santap setiap hari.

Berdasarkan hal tersebut di atas, maka sudah pasti dapat kita tarik kesimpulan, jika kandungan gizi ikan sapu sapu ternyata bisa mengalahkan kandungan gizi ikan yang biasanya kita konsumsi maka sudah tentu ikan sapu ini bisa dibudidayakan dan dikonsumsi. Selain itu, penggunaan ikan ini sebagai bahan dasar pembuatan makanan seperti pembuatan siomay dan lain-lain juga dapat segera dicoba. Lingkungan hidup ikan yang kotor seperti hidup di sungai yang penuh limbah baik di ibu kota atau pun di kota-kota kecil membuat beberapa media kemudian menyatakan bahwa ikan sapu ini beracun.

Beracun ini tidak dikarenakan ikan itu sendiri karena tadi sudah diulas bahwa ikan ini kandungan gizinya termasuk dalam tingkat yang tinggi. Jika ikan ini dipelihara di tempat yang layak dan bersih maka mungkin saja ikan ini bisa Anda konsumsi sesuai dengan kadar protein yang dikandungnya dan memberi manfaat bagi pertumbuhan manusia.

Beberapa manfaat ikan sapu sapu ini ternyata menjadi salah satu alasan munculnya profesi sebagai penangkap ikan sapu. Meskipun jumlahnya yang tidak banyak karena untuk mendapatkan ikan ini maka Anda harus bersedia mengambil ikan-ikan tersebut di sungai yang kotor dan mau merogoh di beberapa lubang-lubang yang ada di dasar sungai yang kotor tersebut.

Ikan sapu menyukai tempat tersebut sehingga biasanya ikan sapu hanya mendekam di dalam lumpur dan tempat kotor yang berlubang-lubang. Lumpur adalah salah satu tempat favoritnya sehingga jika Anda ingin mendapatkan hasil yang melimpah maka Anda harus mencari lokasi sungai yang kotor dan memiliki lumpur yang banyak. Beberapa orang yang sudah berprofesi sebagai pencari ikan sapu sapu ini ternyata melakukan pekerjaan mencari ikan dari sejak pukul enam pagi sampai dengan pukul dua siang.

Terdapat puluhan berbagai jenis ikan sapu ini yang masih berkembang biak dan tersebar di segala penjuru perairan dunia. Salah satu jenis ikan sapu yang membuat takjub setiap orang yang melihatnya ialah ikan sapu zebra pleco atau yang dalam bahasa ilmiah disebut dengan hypancitrus zebra yang memiliki warna sangat menarik seperti zebra. Ikan unik ini hanya hidup di North East Brazil dan biasanya digunakan sebagai ikan hias di dalam aquarium. Ikan ini memiliki panjang mencapai 7.5 cm dan menjadi salah satu jenis ikan yang termahal karena harganya mencapai 1,5 juta untuk ukuran ikan dengan panjang kira-kira 5 cm saja. Jenis ikan sapu lainnya yang juga membuat Anda takjub adalah ikan sapu Adonis pleco yang memiliki ukuran yang sangat besar seperti raksasa yang memiliki panjang paling panjang dari pada jenis ikan sapu yang lainnya. Panjang ikan raksasa ini umumnya berada di kisaran antara 10 cm sampai dengan 30 cm. Khusus ikan sapu sapu dengan jenis Adonis bleco bisa memiliki panjang mencapai 1 meter sehingga jika Anda akan memelihara ikan tersebut maka Anda harus menyiapkan aquarium yang berukuran besar…

Leave a Reply