Fakta-Fakta Menarik Seputar Ikan Redfin

Jika Anda pecinta ikan hias, tentunya sudah tidak asing lagi bukan dengan ikan redfin? Ikan satu ini memang bisa dikatakan menjadi salah satu primadona ikan hias yang banyak dicari oleh para penggemar ikan hias. Ikan jenis ikan redfin sendiri memiliki ciri khas dari warna nya, di mana sekujur tubuhnya biasanya memiliki warna polos, namun keunikan berada pada warna siripnya yang berwarna-warni. Ada warna merah, biru tua, oranye, dan warna lainnya yang tentunya akan sangat cantik menghiasi akuarium di rumah Anda. Tertarik untuk memiliki Ikan redfin sebagai salah satu koleksi ikan hias di rumah? Namun sebelum itu tentu penting bagi Anda mengetahui terlebih dahulu apa-apa saja sih karakteristik yang dimiliki redfin. Dengan mengetahui karakter yang ada pada ikan redfin tentunya akan membantu Anda dalam merawat ikan itu sendiri. Nah, untuk itulah kali ini kita akan membahas mengenai fakta seputar ikan redfin yang perlu Anda ketahui. Yuk langsung saja simak penjelasannya berikut ini:

Fakta-Fakta Menarik Seputar Ikan Redfin

Ikan Redfin

Ikan Redfin

Baca Juga:

 

  • Kenali asal muasal Ikan redfin

redfin ini tergolong dalam spesies ikan famili Cyprinidae dengan nama latin yakni Epalzeohynchos Frenatum. Sementara itu, nama ikan redfin sendiri berasal dari kata red dan fin, di mana red berarti merah dan fin berarti sirip. Dengan kata lain, nama ikan redfin langsung menunjuk pada ciri khas ikan tersebut yang ada pada siripnya. Meskipun sangat populer di Indonesia, namun ternyata Ikan redfin ini bukan berasal dari dalam negeri lho, melainkan menjadi ikan hias yang berasal dari Chao Phraya, Indochina.

  • Disebut mirip ikan hiu

Keunikan lain yang dimiliki ikan redfin adalah perawakan tubuhnya yang dikatakan mirip dengan ikan hiu. Maka tak heran jika ikan satu ini juga memiliki nama lain yakni hiu ruby atau ruby shark, ikan redfin shark, red-finned shark, whitetail sharkminnow dan berbagai nama julukan lainnya.

  • Tergolong ikan herbivora

Dalam memelihara ikan redfin ini tidaklah sulit, terutama masalah pakan karena ikan redfin adalah hewan herbivora yang suka memakan alga. Selain itu, ada juga spesies ikan redfin yang tergolong omnivora yang memakan cacing, serangga, hingga plankton.

  • Semi-Agresif dan aktif

Ikan redfin dikenal dengan ikan hias yang cukup agresif, sehingga bagi penggemar ikan yang masih pemula disarankan untuk tidak memelihara ikan satu ini karena dibutuhkan perhatian dan perawatan khusus dalam merawatnya. Ikan redfin juga tergolong ikan yang aktif dan gerakan renangnya cukup cepat. Ia tak jarang mengejar ikan-ikan yang ukurannya lebih kecil bahkan hingga ikan kecil tersebut mati. Tidak hanya itu, bahkan jika ia ditempatkan di akuarium yang kecil dengan sesama jenisnya, mereka akan saling menyerang dengan saling seruduk hingga mati. Untuk itulah dalam memelihara ikan redfin disarankan untuk sangat berhati-hati dan menempatkan ikan redfin pada akuarium yang ukurannya besar.

  • Pembersih akuarium

Anda tentunya tahu bukan ikan sapu-sapu? Yup ikan tersebut dikenal sebagai ikan pembersih. Sama halnya dengan ikan redfin di mana ikan redfin juga tergolong ikan pembersih akuarium karena sumber makanan utamanya adalah alga yang seringkali membuat kotor akuarium.

  • Panjang umur

redfin jika dipelihara dengan baik dan benar biasanya bisa hidup dalam waktu yang lama yakni hingga 5 sampai 6 tahun. Dengan catatan, dalam memelihara ikan redfin ini diperlukan perawatan khusus yakni suhu air yang sesuai antara 24 sampai 27 derajat celcius, dan untuk meminimalisir sifat agresif nya bisa dengan menambah hiasan di akuarium seperti batu koral, atau pun hiasan lainnya. Lalu, bagaimana dengan makanannya? Soal pakan tidak perlu khawatir, karena seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa ikan redfin ini termasuk ikan pembersih yang memakan alga dan sisa-sisa makanan dari ikan hias lainnya.

Itulah beberapa fakta menarik seputar ikan redfin. Bisa dikatakan bahwa dalam merawat ikan redfin ini susah-susah gampang. Meskipun ikan redfin tidak memiliki pakan khusus atau tergolong hewan pemakan segala (omnivora), namun ternyata ikan redfin ini memiliki sifat semi agresif yang akan berbahaya jika ditempatkan dengan ikan sejenis atau bahkan ikan-ikan hias yang ukuran tubuhnya lebih kecil dari tubuh ikan itu sendiri. Untuk itulah sebagai tips dalam memelihara ikan redfin, maka alangkah baiknya jika Anda membeli akuarium yang besar untuk meminimalisir gerakan agresifnya.

Pasalnya redfin ini merupakan ikan yang suka menjelajah, sehingga membutuhkan ruang yang luas untuk dia agar bisa leluasa dalam berenang. Ukuran akuarium yang paling disarankan adalah akuarium yang berukuran sekitar 121 cm yang dapat menampung air hingga 113 liter. Semakin besar akuariumnya, maka akan semakin disukai oleh ikan redfin itu sendiri.

Nah, sekarang sudahkah Anda semakin tertarik untuk memelihara ikan mungil yang cantik ini? Jika iya, segera saja beli ikan redfin sekarang juga yang dapat ditemui dengan mudah di toko-toko penjual ikan hias. Semoga informasi ini bermanfaat ya…

Leave a Reply