6 Fakta dan Mitos Unik Seputar Ikan Piranha

Berbicara tentang jenis ikan yang paling ganas di dunia, ikan piranha tentu termasuk di dalamnya. Anda tentu sudah tidak asing lagi bukan dengan jenis ikan satu ini? Yup, ikan yang termasuk dalam jenis hewan predator ini memang cukup dikenal karena keganasannya. Meskipun habitat piranha memang bukan berasal dari Indonesia, namun piranha ini banyak diketahui oleh masyarakat di seluruh dunia. Habitat aslinya sendiri berada di daerah Amerika Selatan. Bagi yang belum pernah melihat ikan satu ini tentunya penasaran bukan seperti apa sih piranha itu dan apa saja fakta-fakta tentang piranha? Nah, kali ini kita akan mengupas tuntas mengenai mitos dan fakta pada piranha yang penting untuk diketahui. Ada apa saja? Yuk langsung saja simak informasinya berikut ini:

 

6 Fakta dan Mitos Unik Seputar Ikan Piranha

Ikan Piranha

Ikan Piranha

Baca juga:

 

  1. Asal nama piranha

Piranha memiliki bahasa latin Silver Tetra Ctenobrycon Spilurus Characins yang termasuk dalam famili Characidae. Nama piranha sendiri berasal dari bahasa Tupi masyarakat Amazon yang artinya ikan bergigi. Sementara itu ada juga masyarakat di Venezuela yang menyebut piranha sebagai Caribes yang berarti kanibal.

  1. Kecil-kecil cabe rawit

Pepatah tersebut mungkin sangat jelas menggambarkan hewan satu ini. Ikan piranha memang memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, namun hewan yang tergolong omnivora ini juga ternyata menjadi salah satu ikan paling ganas di dunia. Panjang piranha kurang lebih hanya sekitar 40 cm, namun ia memiliki gigi-gigi yang tajam berbentuk segitiga sehingga mampu memakan daging dengan cepat.

  1. Tidak semua piranha pemakan daging

Perlu diketahui bahwa meskipun piranha dikenal sebagai ikan pemakan daging, namun ada juga beberapa spesies piranha yang tergolong herbivor atau pemakan tumbuh-tumbuhan. Riset menunjukkan dari sekitar 40 spesies ikan piranha yang sudah ditemukan di kawasan Amerika Selatan, menunjukkan bahwa hanya sekitar 3 spesies saja yang tergolong ikan pemakan daging yang agresif. Kebanyakan spesies dari piranha ialah pemakan buah-buahan, kacang-kacangan, hingga tumbuh-tumbuhan.

  1. Hidup berkelompok

Dalam beberapa kasus kematian yang diakibatkan oleh piranha, dapat dipastikan bahwa semua kasus tersebut adalah dikarenakan serangan piranha dalam jumlah yang banyak. Hal ini memang menjadi ciri khas piranha yang hidup bergerombol, biasanya dalam segerombol ikan piranha bisa mencapai 20 ekor lebih. Namun ternyata cara hidup bergerombol ini bukan menjadi bukti agresifnya, melainkan sebagai salah satu cara mereka untuk menjaga pertahanan diri.

  1. Tidak pernah membunuh manusia

Selama ini kita seringkali beranggapan bahwa ikan satu ini merupakan hewan yang ganas karena bisa membunuh manusia. Namun, tahukah Anda bahwa hal tersebut ternyata hanya mitos belaka. Sebuah riset yang dilakukan oleh ilmuwan dari Brazil bernama Profesor Ivan Sazima menyatakan bahwa sama sekali tak ada satu pun kasus ikan piranha yang membunuh manusia. Ternyata selama ini media terlalu melebih-lebihkan perilaku piranha, di mana kasus-kasus kematian yang seakan diakibatkan oleh piranha justru hanyalah mitos. Piranha baru akan menyerang jika memang merasa terancam oleh situasi sekelilingnya. Biasanya serangan yang dilakukan adalah dengan memberikan gigitan, tidak sekaligus menghabisi mangsanya hingga tinggal tulang belulang seperti halnya apa yang biasa kita saksikan di film-film barat.

  1. Pemakan hewan mati

Ikan piranha ternyata biasanya menyerang hewan yang sudah mati dibandingkan dengan hewan hidup, seperti ayam mati, burung mati, dan yang lainnya. Berkaitan dengan poin sebelumnya, dalam beberapa kasus yang melibatkan manusia ternyata piranha ini hanya memakan mayat manusia yang sudah mati, bukan di makan hidup-hidup. Misalnya mayat orang tenggelam, di mana piranha pun baru memangsa tubuh mayat tersebut jika sudah berjam-jam terapung di air.

Video Ikan Piranha Youtube

Nah, itulah beberapa fakta dan mitos dari piranha. Setelah melalui berbagai riset, ternyata piranha tidaklah seganas seperti apa yang digambarkan di media. Sebut saja film-film hollywood seperti Piranha, James Bond, dan banyak film lainnya yang membuat piranha menjadi ikan ganas yang bisa menghabisi nyawa manusia dalam hitungan menit hingga hanya meninggalkan tulang belulangnya saja.

Faktanya, gambaran media tentang keganasan piranha tidak sepenuhnya benar atau ternyata hanya sebuah mitos saja setelah dibuktikan melalui berbagai riset dari para ilmuwan. Tidak hanya riset yang dilakukan oleh Profesor Ivan Sazima dari Brazil, namun ada juga ilmuwan dari Wesleyan University, Barry Chernoff, yang mengatakan bahwa piranha adalah monster palsu, atau sesuatu yang digambarkan seperti monster namun ternyata tidak demikian.

Barry Chernoff bahkan menyaksikan secara langsung bagaimana penduduk yang tinggal di sekitar bantaran sungai Amazon yang hidup santai, dan anak-anak pun berenang bebas di pinggiran sungainya tanpa khawatir. Tentunya hal ini menjadi menarik melihat ternyata popularitas ikan piranha yang selama ini dikenal sebagai ikan pembunuh, namun faktanya tidaklah demikian

Leave a Reply