Ikan Oscar, Jenis, Harga Dan Tips Merawatnya

Anda menyukai ikan hias? Ingin memelihara ikan hias yang cantik dan memiliki banyak corak unik? Anda dapat menjadikan ikan jenis Oscar sebagai pilihan. Ikan Oscar adalah salah satu jenis ikan yang kerap dipelihara sebagai ikan hias karena coraknya yang cantik dan berbeda-beda pada setiap ikan. Tiap ikan memiliki corak dengan keunikan tersendiri sehingga banyak orang tertarik ingin memelihara ikan tersebut. Walaupun sering dipelihara sebagai ikan hias, ikan yang memiliki nama latin Astronotus ocellatus ini memiliki sifat yang agresif sehingga tidak cocok dipelihara dalam akuarium bersama.

Asal ikan ini adalah dari perairan air tawar amazon. Akuarium yang besar mungkin dibutuhkan jika Anda ingin memelihara ikan jenis Oscar. Mengapa? Karena ikan jenis Oscar ini dapat tumbuh besar dengan ukuran kurang lebih 40 cm. Ikan jenis ini seringkali menjadi salah satu ikan kesayangan karena ikan ini memiliki usia yang cukup panjang. Jika kita pelihara dengan baik, ikan jenis Oscar dapat bertahan hidup sampai dengan kisaran umur 12 tahun.

Ikan Oscar, Jenis, Harga Dan Tips Merawatnya

Ikan Oscar

Ikan Oscar

 

Mengapa memilih ikan Oscar?

Ikan Oscar merupakan ikan primadona dan banyak digemari oleh para pecinta ikan hias. Hal ini karena walaupun ikan ini termasuk ikan yang agresif dan kerap menyerang ikan lainnya, namun, ikan jenis Oscar ini memiliki kepekaan yang sangat baik. Ikan ini akan merespon jika pemilik nya mendekat atau menggerakan jarinya dari luar akuarium. Tidak banyak ikan yang memiliki respon sebaik ikan jenis Oscar ini. Sebagai hewan peliharaan, ikan jenis ini cukup menarik dan cantik. Tidak heran, banyak pecinta ikan hias yang menjadikan ikan jenis Oscar sebagai salah satu ikan peliharaan kesayangan. Dari uraian di atas, ada setidaknya tiga alasan mengapa Anda patut mencoba memelihara ikan jenis Oscar ini. Adapun tiga alasan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

 

  1. Umur panjang

Ikan Oscar memiliki usia yang panjang dibandingkan dengan kebanyakan ikan. Ikan ini dapat tumbuh besar dengan umur mencapai 12 tahun. Adapun besarnya dapat mencapai 40 cm.

  1. Corak menawan

Ikan jenis Oscar ini memiliki corak yang menawan. Semakin jarang dan semakin indah coraknya, maka harganya pun akan semakin mahal. Memiliki ikan ini, selain dapat menjadi sebuah hobi juga dapat Anda jadikan sebagai salah satu ladang bisnis yang menguntungkan jika dapat mengembangbiakan dengan baik.

  1. Respon baik

Ikan ini termasuk ikan yang dapat melepas stress pemiliknya. Selain memiliki corak yang menawan, ikan ini juga dapat diajak untuk berinteraksi. Hal ini tentunya menjadi salah satu hal yang menyenangkan untuk dilakukan bukan? Tidak banyak ikan yang dapat berinteraksi baik dengan pemiliknya.

Baca Juga:

 

Jenis ikan Oscar yang terkenal dan harganya yang mahal

 

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, ikan ini memiliki banyak corak menarik di badannya. Beberapa juga memiliki warna tubuh yang menawan sehingga membuat banyak orang tertarik untuk memeliharanya. Dari banyak jenis ikan jenis Oscar dengan beragam pesonanya, ada 3 ikan yang sangat mempesona dan menjadi primadona. Adapun 3 ikan jenis Oscar yang terkenal diantaranya adalah sebagai berikut.

 

  1. Oscar red

Jenis ikan Oscar yang pertama adalah ikan jenis Oscar red. Ikan ini menjadi primadona karena kecantikan gradasi warna tubuhnya. Ikan jenis ini sangat terkenal dan menjadi salah satu jenis yang banyak dicari. Oleh karena itu, harganya pun cukup fantastis. Badannya memiliki dominan warna merah dengan gradasi dari oranye sampai kuning. Bagian ujung siripnya ada yang berwarna hitam sehingga menyerupai border. Perpaduan warna yang sangat cantik dan menarik bukan?

 

  1. Oscar tiger

Oscar jenis tiger tidak kalah mempesonanya. Seperti namanya, ikan ini memiliki corak layaknya harimau dengan banyak bintik di tubuhnya. Warna dominan badannya adalah warna hitam dan merah dengan gradasi oranye dan abu-abu. Warna merah menyala sangat apik berpadu dengan warna hitam pekat membentuk pola yang cantik. Jika dikembangkan dengan sesama Oscar tiger, maka hasilnya akan menjadikan ikan dengan jenis yang sama. Karakteristik ikan ini mendekati seperti ikan jenis Oscar yang asli yang ada di alam bebas sehingga ikan dengan corak ini dianggap sebagai penampakan ikan Oscar asli yang ada di alam bebas. Hal ini membuat harganya menjadi lebih mahal.

  1. Oscar albino

Hewan peliharaan albino selalu mendapatkan ruang khusus di hati pecintanya. Hal ini karena albino dianggap suatu kejadian yang rare atau jarang terjadi. Oleh karenanya, ikan jenis Oscar albino juga menjadi salah satu jenis ikan yang banyak dicari oleh banyak orang karena kecantikannya.

Nah, itu tadi ulasan mengenai ikan Oscar dan berbagai jenis ikan tersebut yang banyak dicari dan memiliki harga yang fantastis. Anda dapat menjadikan ikan jenis Oscar ini sebagai salah satu hewan peliharaan yang menarik. Selamat mencoba!

Leave a Reply