Ikan Neon Tetra Aquascape Cantik Dan Mungil

Ikan Neon Tera  merupakan salah satu jenis ikan hias yang tempat hidupnya di air tawar. Ukuran tubuh dari ikan ini berukuran sangat kecil karena memiliki ukuran maksimal hanya mencapai 3 cm. Pemilik nama latin Paracheirodon innesi ini merupakan ikan asli yang berasal dari sungai blackwater atau clearwater di Tenggara Kolombia Peru Timur, dan Brasil Barat, termasuk anak sungai dari Solimoes. Suhu air dari daerah tersebut antara 20oC dan 26oC atau 68oF dan 79oF yang merupakan suhu yang cocok untuk Ikan Neon tera agar tetap hidup. Terkenal dengan warnanya yang cerah membuat ikan tetap terlihat di sungai blackwater dan hal ini menjadi ciri khas dimana ikan ini banyak digemari oleh pecinta ikan hias. Gemerlap warna membuat neo tera cocok untuk menjadi hiasan di aquarium ditambah dengan gerak ikan yang selalu menggerombol sehingga membuat menarik untuk dijadikan hiasan ruangan.

Neon tetra merupakan jenis ikan omnivora dimana pemakan pelet kecil dan cacing beku. Makanan kecil lain yang biasa dimakan yaitu artemia, daphnia, frozen, bloodworm, tubifex, dan  micropellet. Pelet tropis jika tenggelam juga bisa menjadi sumber makanannya. Umur hidup dari ikan ini selama sepuluh tahun, jika di aquarium umur hidupnya hanya mencapai 5 tahun. Ikan neon tera ini bisa dipelihara di dalam aquarium dengan ukuran panjang minimal 60 cm. Ikan ini memiliki sifat pemalu, maka sebaiknya dipelihara secara berkoloni dengan sesama jenisnya. Tidak disarankan dipelihara dalam satu aquarium dengan ikan besar atau ikan yang lebih agresif karena hal ini bisa menyebabkan ikan ini merasa stres dan cepat mati. Hidup ikan ini bisa berdampingan dengan ikan guppy, atau dengan jenis lain dari tetra. Aquarium tempat hidup ikan ini lebih baik jika ditanami tanaman hidup dan kayu-kayu yang menyerupai lingkungan Amazon asli.

Ikan Neon Tetra Aquascape Cantik Dan Mungil

Ikan Neon Tetra

Ikan Neon Tetra

 

Para pecinta ikan hias tentu sudah menjadikan ikan neon tera sebagai ikan yang cocok untuk dipelihara. Hal ini karena ikan ini memiliki ciri khas pada tubuhnya yang berwarna warni. Bagian atas di perutnya berwarna putih perak dan ada garis horizontal berwarna biru sepanjang sisi ikan dari hidung hingga pangkal sirip. Terdapat warna merah pada bagian tengah tubuh sampai ke pangkal sirip ekor. Pada bagian punggung dari ikan ini berwarna transparan. Warnanya yang menyala ini disukai oleh para penggemarnya atau bahkan orang lain yang melihatnya.

Ikan neontera terkenal sebagai ikan hias yang tidak terlalu sulit untuk dipelihara. Ukuran tubuhnya yang kecil sehingga tidak memerlukan tempat yang begitu besar. Selain itu, juga dengan ketahanan tubuhnya yang cukup kuat hingga tidak mudah mati. Bagi para pecinta ikan hias, bisa mencoba beberapa langkah ini agar bisa memelihara neon tetra dengan baik dan benar, yaitu :

Baca Juga:

 

  • Kenali karakteristik dari Neon Tetra

Ikan kecil ini cukup pemalu sehingga tidak cocok bila dipelihara satu aquarium dengan ikan lain yang mungkin lebih agresif. Hal ini bisa mengganggu kehidupan ikan ini dan dapat membuatnya menjadi stres. Akan tetapi, ikan ini lebih cocok jika dipelihara tidak hanya satu ekor, alangkah baiknya jika dipelihara hingga 10 ekor dalam satu aquarium. Hidupnya bisa berdampingan hanya dengan sesama jenisnya atau dengan ikan guppy. Warna tubuhnya yang menarik dan cantik membuat ikan ini lebih cocok di tempatkan di ruangan yang kurang pencahayaan dengan suhu sekitar 20oC.

  • Ciptakan habitat yang cocok untuk ikan

Memelihara ikan neon tera memang mudah tetapi tetap harus memperhatikan hal yang mungkin saja berpengaruh terhadap kehidupan ikan. Salah satunya adalah lingkungan baru di aquarium yang akan menjadi tempat tinggalnya. Ikan ini lebih cocok hidup dengan lingkungan yang ideal dimana aquarium menggunakan tanaman alami dan menciptakan suasana seperti habitat aslinya. Perlu juga diberikan tanaman perdu air kecil sebagai tempat persembunyian dari ikan ini. Hal ini dikarenakan neon tetra suka untuk bersembunyi. Selain itu, kandungan pH yang disukai adalah pada kondisi asam yaitu pada pH 6,4. Suhu air juga harus tetap dijaga dimana suhu yang ideal adalah sekitar 16-27oC.

  • Pemberian pakan yang tepat

Dalam memelihara suatu hewan peliharaan, hal yang penting diperhatikan adalah pakannya. Pemberian pakan harus tepat agar ikan bisa mendapatkan nutrisi yang tepat untuk pertumbuhannya. Ikan neon tera sudah terkenal sebagai ikan pemakan segala. Maka ikan ini bisa diberikan makanan alami maupun buatan seperti pelet ikan.

  • Pencegahan penyakit

Ikan merupakan makhluk hidup, bisa saja terkena penyakit dan mati. Maka untuk bisa mencegahnya, perlu dilakukan pencegahan penyakit. Cara untuk bisa mencegah penyakit pada ikan neon tera yaitu dengan mengkarantina ikan-ikan yang diduga menderita sakit, agar ikan ini tidak menularkan penyakitnya kepada ikan lain.

Leave a Reply