Ikan Nemo, Ikan Badut Lucu Favorit Banyak Orang

Salah satu yang sangat terkenal dari Indonesia adalah keindahan bawah lautnya yang dihuni ribuan spesies laut. Mulai dari terumbu karang, ikan, hingga berbagai biota laut lainnya menghiasi bawah laut Indonesia. Oleh karena itu, Indonesia dinilai sebagai salah satu negara yang memiliki biota laut terlengkap dan terindah di Indonesia. Hal inilah yang membuat banyak wisatawan, baik dalam negeri maupun mancanegara yang ramai-ramai mengunjungi Indonesia untuk menikmati keindahan bawah laut Indonesia dengan cara snorkeling maupun diving atau menyelam. Salah satu ikan yang sangat terkenal dan tak asing serta menjadi favorit bagi para penyelam adalah ikan nemo.

Ikan Nemo, Ikan Badut Lucu Favorit Banyak Orang

Ikan Nemo

Ikan Nemo

 

Nemo, adalah nama salah satu jenis ikan yang tak lagi asing di telinga. Nama ikan ini memang sudah ada dari dulu, tapi dibandingkan dengan ikan-ikan lainnya, ikan nemo memiliki kepopuleran yang lebih. Hal ini karena ikan ini sangat iconic, karena pernah menjadi aktor utama dalam sebuah film animasi dari Disney yang rilis pada sekitar tahun 2007. Dalam film yang diberi judul Finding Nemo tersebut, ikan ini diceritakan sebagai ikan yang tinggal di anemon laut yang indah. Ikan ini juga tinggal di antara terumbu laut yang sangat indah bersama ikan-ikan laut indah lainnya. Oleh karena film ini sangat terkenal, banyak orang yang kemudian menyukai nemo, termasuk anak-anak kecil. setelah film Finding Nemo ini sukses di pasaran, banyak orang yang kemudian tertarik untuk memeliharanya di rumah karena ikan ini begitu lucu dan bentuknya sama dengan apa yang dilihat dalam film.

Dalam bahasa Indonesia, ikan ini sebenarnya dahulu dikenal dengan nama ikan badut. Sebutan ikan badut ini bukan karena ikan ini bisa melucu layaknya badut yang biasa tampil dalam berbagai acara ulang tahun maupun di taman bermain, namun karena kombinasi warnanya yang seperti sering dipakai oleh badut. Ikan ini memiliki dua warna yang mendominasi tubuhnya yaitu putih dan orange.

Selain itu, bentuk dan ekspresi muka dari ikan nemo ini terlihat imut dan lucu yang menambah nama ikan badut semakin cocok disematkan untuk ikan ini. Ikan ini menjadi favorit anak-anak yang dibuat berbagai tiruannya, mulai dari boneka, balon, baju, topi dan lain-lain. Ikan ini menjadi sangat iconic diantara masyarakat khususnya anak-anak. Bahkan karena ikan ini begitu populer, Disney kembali membuat film dengan Nemo, Ayah Nemo dan Dory sebagai pemerannya. Kali ini, film ini diberi judul Finding Dory, yang menjadikan Dory, teman dari Ayah Nemo sebagai inti cerita.

Namun, walaupun Dory yang dijadikan sebagai peran utama, namun Nemo dan ayahnya tetap menjadi sentral bagi film ini. Nemo sebagai ikan kecil yang lucu dan imut mengobati kerinduan para penggemarnya yang sudah lama rindu. Begitu populernya film Finding Nemo, film ini diputar berulang kali dalam sebuah stasiun tv setiap liburan sekolah tiba. Anehnya, film ini tak pernah membosankan untuk ditonton. Hal ini mungkin karena animasi yang menampilkan keindahan bawah laut dengan berbagai perpaduan warna yang sangat indah dan tidak membosankan.

Baca Juga: ikan Sapu Sapu Fakta Dan Keunikannya

 

Fakta Unik Ikan Nemo

 

Ikan nemo kemudian menjadi begitu populer dan sangat disukai. Tak heran banyak orang yang kemudian mencari tau lebih dalam mengenai ikan super lucu tersebut. Sebenarnya, ikan ini bukanlah ikan endemik Indonesia, melainkan ikan yang umum ada di lautan hangat atau tropis. Di Indonesia, ikan ini bisa ditemui di berbagai lautan dengan kumpulan terumbu karang yang masih terjaga.

Beberapa perairan yang diketahui menjadi tempat tinggal ikan ini antara lain adalah di perairan dekat pantai yang masih banyak terumbu karangnya, maupun di perairan yang lebih dalam namun masih termasuk dalam ekosistem karang laut. Di Indonesia sendiri, beberapa daerah yang menjadi rumah bagi ikan ini diantaranya adalah Raja Ampat Papua, Bunaken, Karimun Jawa, dan masih banyak lagi. Ikan ini tidak hidup di lautan lepas, karena ikan ini hidup bersama ikan-ikan lain di terumbu. Rumah ikan ini disebut dengan anemon laut, yaitu semacam rumput lunak yang akan bergoyang-goyang apabila terkena arus air. Ikan ini hidup di dalamnya. Namun, jangan sekali-kali menyentuh anemon laut untuk bisa melihat ikan di dalamnya, karena Anda dapat tersetrum. Ya, anemon laut memang memiliki tegangan listrik. Namun, ikan nemo sama sekali tak kesetrum karena ikan ini memiliki lapisan kelenjar di kulitnya yang melindunginya dari setruman anemon laut.

 

Cara Menjaga Nemo Tetap Lestari

Bagi Anda para penggemar ikan nemo, pastilah tidak mau bukan kalau ikan yang super lucu ini punah? Nah, salah satu cara untuk menjaganya tetap lestari di lautan adalah dengan tidak merusak terumbu karang yang menjadi rumah bagi ikan ini beserta jutaan ikan indah lainnya. Walaupun saat ini ikan ini bisa dipelihara dalam akuarium, namun cara penangkapan dan pemeliharaannya haruslah dengan prosedur yang baik dan tidak merusak lingkungan…

Leave a Reply