Fakta Menarik Seputar Ikan Mujair Untuk Kesehtan

Siapa sih yang tidak tahu ikan mujair? Ikan ini adalah salah satu jenis ikan air tawar yang cukup terkenal namanya karena kelezatannya jika diolah menjadi masakan. Saking eksisnya, ikan ini sampai dibuat judul lagu dangdut oleh salah satu penyanyi dangdut terkenal Indonesia, Ayu Ting Ting. Tidak hanya terkenal akan kelezatannya, ikan ini juga terkenal mudah dibudidayakan dan memiliki banyak manfaat. Perkembangbiakan ikan ini dikenal amat cepat, karenanya disarankan untuk menempatkan mujair di kolam tersendiri dan dipisahkan dari ikan-ikan yang lainnya.

Selain hidup di air tawar ikan ini juga dapat hidup di air payau. Ikan mujair juga terkenal dengan kelincahan berenang. Ciri fisik mujair secara umum, yaitu memiliki bentuk tubuh yang pipih, mulut yang cenderung besar dengan gigi halus, memiliki sirip dada dan sirip perut yang berwarna hitam kemerahan, sirip punggung dan buntutnya amat lincah menentukan gerakan di dalam air kesana-kemari, sirip punggungnya memiliki duri yang cukup tajam dan keras.

 

Fakta Menarik Seputar Ikan Mujair Untuk Kesehtan

Ikan Mujair

Ikan Mujair

 

Banyak info yang menyebutkan bahwa ikan ini tidak layak untuk dikonsumsi. Hal ini karena banyak orang yang memiliki anggapan bahwa ikan mujair merupakan ikan yang mengandung zat kimiawi tinggi, karena merupakan ikan ternak yang umumnya diberi antibiotik yang sangat memungkinkan terpapar pestisida (umumnya digunakan untuk memberantas hama). Ikan ini juga cenderung memakan kotorannya sendiri, padahal dalam kotorannya tersebut mengandung banyak mikroba jahat yang dapat mengganggu fungsi tubuh. Banyak juga yang beranggapan, karena memakan kotorannya sendiri, ikan ini sumber penyakit kanker dan dianggap mengandung dioxin. Dioxin adalah senyawa racun kimiawi yang bersifat karsinogen atau zat pemicu kanker. Sebab, jika dioxin telah masuk ke dalam tubuh manusia, butuh waktu 7 hingga 12 tahun untuk benar-benar bersih dari tubuh.

Namun, sebetulnya tidak demikian. Kini, ikan mujair banyak ditempatkan di kolam sendiri dan dibudidayakan dengan cara alami. Untuk menjaga keamanan, pastikan membeli ikan ini di tambak atau tempat budidaya ikan yang jauh dari pencemaran limbah agar daging yang dikonsumsi benar-benar daging ikan berkualitas. Sebab sebetulnya, mujair memiliki kandungan gizi yang tinggi dan cukup lengkap guna mendukung kesehatan tubuh, bahkan beberapa penelitian mengatakan ikan ini sangat baik dikonsumsi untuk ibu yang sedang mengandung. Ikan ini memiliki kandungan omega-3 yang banyak dan berfungsi untuk mengatrol atau meningkatkan kecerdasan otak. Untuk ibu hamil, omega-3 tentunya sangat diperlukan agar pembentukan dan pertumbuhan otak sang buah hati maksimal. Tidak hanya itu, ikan ini juga mengandung kalium, kalsium, fosfor, vitamin B12, vitamin B3, vitamin B5, kalsium, zat besi, hingga protein tinggi.

Baca Juga:

 

Tentunya penelitian ini tidak sama pada setiap ikan, namun jika diambil sampel rata-rata dapat disimpulkan beberapa manfaat ikan mujair, diantaranya sebagai berikut:

  1. Menguatkan dan menjaga struktur tulang

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ikan ini mengandung fosfor dan kalsium yang merupakan vitamin yang dibutuhkan tulang. Fosfor merupakan mineral yang dibutuhkan agar tulang menjadi kuat dan mencegah osteoporosis, serta membentuk gigi yang kuat.

  1. Baik untuk pertumbuhan

Kandungan gizi nomor satu pada ikan ini adalah terletak pada kandungan proteinnya yang tinggi. Protein dan juga kalsium merupakan kandungan kunci untuk tumbuh kembang anak. Protein juga berfungsi untuk menggantikan sel-sel mati, membuat otot berkembang, dan menjaga tubuh agar tetap kuat.

  1. Mencegah kanker prostat

Kanker prostat adalah salah satu kanker yang sangat berbahaya yang dapat menyerang kaum adam. Bagi kaum adam, kanker prostat memang sulit dihindari, apalagi ketika usia lanjut. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kandungan selenium pada ikan ini dapat mencegah muncul dan berkembangnya kanker prostat.

  1. Meningkatkan kinerja otak

Kalau yang satu ini, pastinya sudah tidak dapat diragukan lagi. Kandungan omega-3 dan kalium pada ikan ini terbukti mampu meningkatkan kinerja otak. Kalium dapat meningkatkan oksigenisasi ke otak dan menyeimbangkannya di dalam tubuh. Omega-3 juga dapat membantu mencegah terjadinya penyakit yang berkaitan dengan otak, yaitu stroke. Hal ini karena omega-3 disinyalir dapat menurunkan kolesterol jahat di dalam darah.

  1. Menjaga berat badan ideal

Banyak orang yang diet dan tidak sama sekali memakan daging karena daging adalah sumber lemak yang membuat badan menjadi gemuk. Hal ini tentu tidak berlaku bagi daging ikan mujair, karena ikan ini memang tinggi protein, namun rendah kalori. Jadi, ikan ini sangat cocok dimasukkan dalam daftar menu untuk menurunkan berat badan tanpa harus melakukan diet ketat yang cenderung tidak baik untuk kesehatan.

Demikianlah beberapa manfaat ikan mujair yang sedikit banyak dapat membuka pikiran Anda, bahwa ikan ini juga memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan. Yuk, konsumsi mujair…

Leave a Reply