Ikan Mas Koki yang Beragam Bentuk yang Cantik dan Unik

Salah satu jenis ikan hias yang bisa mempercantik akuarium Anda adalah ikan mas koki. Ikan yang sangat dikenal di dunia, termasuk juga Indonesia ini memiliki banyak penggemar karena bentuk tubuh yang dimiliki terbilang unik dan cantik. Meskipun memiliki bentuk yang unik dan cantik, namun ikan ini juga dinilai aneh dan sulit untuk ditebak. Jadi, tidak mengherankan ketika banyak orang yang menyatakan bahwa ikan jenis ini sangatlah fantastik. Dengan bentuknya yang cantik, ikan ini memiliki jenis-jenis yang beragam. Untuk itu, artikel ini akan membahas jenis-jenis dari ikan mas koki.

 

Ikan Mas Koki yang Beragam Bentuk yang Cantik dan Unik

Ikan Mas Koki

Ikan Mas Koki

 

  • Oranda

Jenis yang pertama ini merupakan jenis ikan mas koki yang sangat terkenal di dunia. Bahkan Oranda memiliki cukup banyak penggemar, yang mana hal ini dikarenakan Oranda dinilai mirip dengan jenis Lionhead. Sirip bagian punggung menjadi pembeda antara Oranda dan Lionhead. Jika dilihat lebih seksama, Oranda mempunyai sirip di punggung dengan ukuran rata-rata panjang, sedangkan Lionhead tidak memilikinya. Selain itu, Oranda juga memiliki tubuh yang lebih panjang dibanding Lionhead.

  • Bubble Eye

Bubble Eye dinilai sebagai jenis ikan mas koki yang paling unik. Hal ini disebabkan oleh posisi mata ikan ini tertutup oleh gelembung atau menyerupa balon. Sayangnya, jika Anda tidak bisa merawat ikan jenis ini akan menyebabkan gelembung tersebut pecah.

  • Ryukin

Berbeda nama, beda juga jenisnya. Ryukin memiliki keunikan yakni mempunyai sirip yang sangat besar. Jika melihat ukuran badannya, sirip yang dimiliki dua kali lebih besar dari ukuran badan Ryukin. Biasanya Anda akan melihat Ryukin berwarna merah, namun ada beberapa jenis Ryukin yang memiliki warna lebih bervariasi dan tidak hanya warna merah.

Baca Juga:

 

  • Komet

Jenis Komet mungkin sangat familiar bagi Anda, karena sering terlihat dipajang di toko ikan maupun pinggir jalan. Jika ikan mas koki memiliki keunikan di bagian mata atau sirip, maka Komet memiliki keunikan dengan tubuhnya yang ramping. Tidak hanya tubuhnya yang ramping, Komet juga memiliki satu ekor yang panjang.

  • Black Moor

Sebagian besar jenis ikan ini didominasi oleh warna merah terang, namun berbeda dengan Black Moor yang didominasi oleh warna hitam dan sedikit warna kuning keemasan. Selain itu, Black Moor juga memiliki mata yang besar dan melotot.

  • Lionhead

Seperti dijelaskan sebelumnya, ikan jenis ini memiliki ciri khas dengan tidak memiliki sirip di bagian punggungnya, sehingga Lionhead hanya memiliki sirip berjumlah 5 buah. Bentuk tubuhnya yang pendek menyebabkan dirinya menyerupai bentuk telur. Jika diperhatikan dengan seksama, bagian punggung ikan ini terlihat agak cembung dan melengkung di bagian ekor. Sirip pada dada dan perut berukuran pendek dan kecil, sedangkan bagian ekornya juga terbilang pendek dan mekar sehingga bentuknya menyerupai telapak tangan. Lionhead termasuk ikan yang populer di Jepang.

  • Sisik Mutiara

Ikan jenis ini disebut juga sebagai chinsurin memiliki bentuk yang cukup unik. Sisik yang timbul pada tubuhnya dengan kombinasi warna terlihat sebagai warna mutiara. Sisik Mutiara memilik tubuh yang gemuk sehingga terlihat seperti bola pingpong. Dengan sirip berjumlah 6 buah yang rata-rata berukuran pendek dimiliki oleh Sisik Mutiara.

  • Fantail

Jika Lionhead menduduki posisi teratas sebagai jenis ikan mas koki yang populer, maka Fantail berada di peringkat berikutnya bagi masyarakat Jepang. Fantail memiliki ekor yang kembar berbentuk bulat sehingga terlihat seperti sebuah telur. Ekornya yang kembar tersebut terlihat mekar dan berukuran panjang seperti yang dimiliki oleh jenis veltail a.k.a. tosa (ekor rumbai). Fantail memiliki sirip di bagian punggungnya yang berbentuk tegak dengan dua buah sirip di bagian dada serta dua sirip lainnya di bagian anus.

  • Veltail

Serupa dengan Fantail, Veltail juga memiliki sirip berjumlah 6 buah pada tubuhnya yang cantik ini. Namun terdapat perbedaan letak siripnya dengan Fantail, yaitu Veltail memiliki dua buah sirip di bagian dada, dua buah sirip di bagian anus, satu buah terletak di ekornya, dan satu lagi terletak pada punggungnya. Rata-rata sirip yang dimiliki Veltail berukuran panjang dengan bentuk tubuh ikan ini yang bulat dan gemuk. Bentuk badannya tersebut membuat ikan ini bergerak dengan lambat. Bila Veltail berusaha untuk berenang, tubuhnya menjadi gemetar dan seolah tidak mampu mengapungkan badannya yang bulat. Dengan sirip panjang dan gemulai yang dimilikinya, saat berenang sirip-sirip tersebut ikut bergerak sehingga menjadi hal menarik untuk dilihat.

  • Butterfly Tail

Tidak kalah cantik dan unik dengan ikan mas koki lainnya, Butterfly Tail dapat menjadi pilihan Anda untuk mempercantik akuarium yang Anda miliki. Butterfly Tail atau yang dikenal dengan jikin termasuk jenis yang paling langka. Ikan ini memiliki keunikan, yakni ekornya yang membentuk huruf X atau bentuk diagonal…

Leave a Reply