6 Jenis Ikan Louhan Termahal Dan Tercantik Di Dunia

Anda tentunya sudah tidak asing lagi bukan mendengar nama ikan louhan? Yup, ikan satu ini memang termasuk ikan hias yang paling populer di dunia. Bagaimana tidak? Louhan dikenal memiliki bentuk badan yang unik dengan kepada yang menonjol, juga memiliki aneka warna warni yang menarik yang tentunya akan sangat cantik menghiasi kolam akuarium di rumah. Louhan atau dalam bahasa inggris yakni Flowerhorn merupakan spesies ikan yang tergolong dalam famili Cichlidae. Mulanya, louhan ini memiliki habitat di kawasan Malaysia dan Taiwan, namun seiring perkembangannya kini juga sudah banyak menjadi peliharaan para penggemar ikan hias di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, louhan hingga kini masih menjadi primadona di kalangan penggemar ikan hias, sehingga tak heran budidaya louhan pun kian menjamur.

Selain menjadi jenis ikan yang populer, ternyata louhan juga punya banyak fakta unik dan menarik. Namun banyak diantara penggemar ikan hias yang belum mengetahui hal tersebut, melainkan hanya memelihara saja tanpa mengenal karakteristik dan sifat ikan louhan yang mereka pelihara. Melihat popularitas louhan yang cukup tinggi, sekarang pun ikan hias ini banyak yang dijual dengan harga yang fantastis sesuai dengan karakteristik spesies louhan itu sendiri. Nah, untuk itulah kali ini kita akan sedikit mengulas tentang beberapa jenis louhan yang populer yang juga dipasarkan dengan harga paling mahal. Ada apa saja ya? Yuk langsung saja simak deretan louhan dengan harga paling mahal berikut ini:

 

6 Jenis Ikan Louhan Termahal Dan Tercantik Di Dunia

Ikan Louhan

Ikan Louhan

Baca Juga:

 

  1. Louhan Golden Red

Ikan louhan jenis Golden Red atau Golden Trimaculatus merupakan louhan yang habitat asalnya dari Thailand. Ciri khas dari louhan golden red ini, sesuai namanya, yakni memiliki perpaduan warna apik antara merah dan kuning sehingga menghasilkan warna emas yang unik. Namun kecantikan warna louhan golden red baru bisa terlihat ketika ia dewasa, di mana ketika golden red masih kecil maka akan tampak sama dengan louhan zenzhu. Keunikan warna yang begitu cantik pada louhan golden red ini tak heran membuatnya menjadi mahal, yakni bisa mencapai Rp 900.000.000,- per ekornya.

  1. Louhan Golden Flower

Louhan termahal yang kedua adalah louhan Golden Flower atau juga disebut dengan louhan Kamfa. Jenis louhan yang satu ini memiliki ciri khas dari siripnya yang kaku dan lebih lebar dibandingkan dengan louhan jenis lainnya. Ciri lainnya dari louhan Golden Flower adalah tidak adanya marking pada bagian tubuhnya, berbeda dengan louhan pada umumnya. Meski demikian, louhan Golden Flower punya daya tarik dari benjolan kepalanya hingga warnanya yang mengkilap. Untuk per ekor louhan Golden Flower sendiri bisa dipasarkan dengan harga tertinggi mencapai Rp 200.000.000,-.

  1. Louhan Rainbow King

Jenis louhan rainbow king ini memiliki keunikan dari marking pada tubuhnya yang berbeda-beda pada masing-masing ikan. Rainbow king memiliki bentuk tubuh yang kotak dengan marking yang memanjang, dan warna-warni menarik dengan warna merah dan kuning yang dominan. Rainbow king dikenal karena memiliki perpaduan warna yang cantik, sehingga tak heran ikan louhan jenis ini banyak dipelihara oleh para pecinta louhan. Per satu ekor louhan rainbow king sendiri dipasarkan dengan kisaran harga Rp 1.000.000,- dan akan lebih mahal tergantung dari marking yang dimilikinya.

  1. Louhan SRT

Louhan SRT atau Super Red Texas merupakan jenis louhan termahal berikutnya. Jenis louhan SRT ini adalah hasil persilangan antara louhan golden red dengan louhan texas chiclid sehingga menciptakan louhan dengan paduan warna menarik dan juga cantik. Louhan super red texas sendiri dipasarkan dengan kisaran harga sekitar Rp 500.000,- per ekornya.

  1. Louhan SRS

Selanjutnya adalah louhan SRS atau super red Synspillum. Ikan louhan yang berasal dari Thailand ini memiliki warna khas merah bata yang semu oranye. Selain itu, Louhan SRS juga memilki ciri khas dari warna matanya yang merah atau kuning. Harga per ekor SRS sendiri bisa dipasarkan dengan kisaran harga Rp 500.000,-.

  1. Louhan Zenzhu

Ikan louhan termahal yang selanjutnya adalah louhan Zenzhu atau Cenchu yang juga dikenal dengan nama louhan mutiara. Dinamakan louhan mutiara karena pada tubuh louhan Zenzhu ini terdapat motif bintik-bintik kecil yang sekilas nampak berkilau seperti mutiara. Ada dua jenis louhan Zenzhu yakni Zenzhu klasik dan Zenzhu modern. Perbedaannya, louhan Zenzhu klasik memiliki motif mutiara yang lebih banyak dan juga ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan yang versi modern.

Namun yang menjadi daya tarik dari louhan Zenzhu modern adalah benjolan di kepalanya yang lebih besar dibandingkan dengan Zenzhu klasik, sehingga Zenzhu modern ini lebih banyak dicari. Untuk warna sendiri, louhan Zenzhu memiliki warna khas yakni merah terang. Satu ekor ikan louhan Zenzhu bisa dipasarkan dengan kisaran harga Rp 40.000,- hingga Rp 1.200.000,-….

Leave a Reply