Macam-Macam Ikan Layang dan Manfaatnya

Bagi banyak laki-laki memancing adalah salah satu hobi yang banyak digemari dan salah satu ikan yang sering dipancing adalah memancing ikan layang. Walaupun banyak orang yang terkadang memandang sebelah mata hobi ini karena hanya menghabiskan waktu untuk menunggu kail disambar ikan, tetapi bagi para penggemar hobi ini, memancing merupakan salah satu kegiatan yang bisa membuat otak fresh kembali setelah lelah bekerja selama berhari-hari. Tak aneh apabila banyak orang di akhir pekan sengaja meluangkan waktu untuk menekuni hobi memancing ini dengan pergi ke rawa atau ke sungai atau bisa juga ke laut untuk memancing. Hobi ini biasanya disukai oleh para laki-laki, baik yang masih muda maupun yang sudah dewasa. Hobi memancing juga dinilai sebagai hobi yang bisa menyatukan berbagai kalangan, mulai dari orang biasa hingga para pejabat. Bahkan berkat hobi memancing ini, banyak perkumpulan atau komunitas memancing yang sudah terbentuk. Biasanya komunitas-komunitas ini memiliki agenda untuk memancing di tempat-tempat yang sudah disepakati. Namun, ada juga orang-orang yang memiliki hobi ini tetapi tidak ikut dalam komunitas hanya menjadikan memancing sebagai kegiatan di waktu senggang.

Banyak orang yang memiliki hobi memancing tetapi belum tahu secara detail tentang ikan layang. Ikan ini merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki habitat di laut. Ikan ini termasuk dalam kingdom animalia dan merupakan famili dari Carangidae. Ada beberapa jenis dari ikan ini antara lain :

Macam-Macam Ikan Layang dan Manfaatnya

Ikan Layang

Ikan Layang

 

  • Decapterus akaadsi Abe
  • Decapterus koheru
  • Decapterus kurroides disebut juga layang anggur
  • Decapterus macarellus disebut juga layang biru
  • Decapterus macrosoma disebut juga layang deles
  • Decappterus maruadsi disebut juga layang jepang
  • Decapterus muroadsi
  • Decapterus punctatus
  • Decapterus russelli
  • Decapterus scombrinus disebut juga layang meksiko
  • Decapterus smithvanizi
  • Decapterus tabl Berry disebut juga layang ekor merah

Ikan layang berbagai spesies tersebut tersebar di berbagai perairan di seluruh dunia. Berikut adalah uraian dari masing-masing spesies dari ikan layang.

  • – Decapterus macarellus atau layang biru

Layang biru hidup di perairan tropis di seluruh dunia. Ikan ini berbentuk makerel atau disebut juga makerel scad.

  • – Decapterus kurroides atau layang anggur

Layang anggur merupakan ikan yang memiliki tubuh panjang dan pipih. Di sisi atas ikan ini berwarna biru hijau sedangkan bagian bawah atau bagian perut berwarna putih keperakan. Ikan ini memiliki sisik yang menyebar dari kepala hingga mata. Sirip ikan ini berwarna merah, sementara tulang ikan ini termasuk lunak. Ikan ini memiliki habitat di perairan dalam dan hidup secara bekelompok di kedalaman antara 100 sampai 300 meter. Di alam bebas, ikan ini memakan plankton dan larva jenis crustacea.

  • – Decapterus macrosoma atau layang deles

Ukuran terbesar dari ikan ini bisa mencapai 25 cm di perairan aslinya dan hidup secara berkelmpok. Ikan ini memiliki beberapa ciri-ciri yang menonjol yaitu ikan ini memiliki sirip kecil, sirip punggung, dan sirip dubur. Sisik ikan ini tebal pada bagian sisinya. Ikan ini berbentuk panjang dan mirip seperti cerutu, dengan badan agak tebal seperti ikan tongkol. Ikan ini memiliki beberapa warna yaitu warna kehijauan di bagian atas, putih keperakan di bagian bawah perut, sedangkan siripnya berwarna kuning pucat. Selain itu di bagian ingsang berwarna hitam totol-totol.

Beberapa ikan layang di atas merupakan ikan yang mudah dijumpai di Indonesia. Ikan ini memiliki beberapa manfaat, yaitu dijadikan sebagai menu masakan dan juga dijadikan sebagai obat berbagai penyakit karena ikan ini terbukti memiliki beberapa khasiat. Berikut adalah beberapa ulasan mengenaik khasiat ikan layang yang terbukti bagus untuk tubuh, baik dimasak maupun dijadikan obat.

Baca Juga:

Ikan ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yaitu dapat mencapai 22 gr sedangkan lemak pada ikan ini cenderung rendah yaitu hanya 1 per 7 gr ikan. Karbohidrat yang dimiliki ikan ini hampir tidak ada sehingga aman dikonsumsi bagi Anda yang sedang diet. Ikan ini juga diketahui memiliki kandungan magnesium yang tinggi yaitu 50 magnesium dan fosfor yang dapat mencapai 150 gram. Ikan ini juga bagus bila dikonsumsi oleh anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan karena mengandung banyak zat besi yaitu 2 mg. Ikan ini juga mengandung berbagai macam vitamin di dalamnya seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C dan omega 3.

Ikan ini memiliki khasiat mengobati berbagai macam jenis penyakit seperti obat bagi penyakit kanker usus karena mengandung calciferol. Selain itu, ikan ini juga berkhasiat dalam mencegah penyakit jantung karena mengandung omega 3 sehingga sangat baik dikonsumsi ketika usia muda maupun tua agar terhindar dari penyakit jantung. Ikan layang ini juga dapat menurunkan resiko diabetes karena mengandung asam lemak tak jenuh yang dapat mengontrol kadar gula dalam tubuh…

Leave a Reply