10 Ikan Hias Kecil Air Tawar yang Mudah dipelihara

Anda ingin memilhara hewan di rumah? Memelihara ikan hias bisa menjadi pilihannya. Dibandingkan memilihara hewan peliharaan lain, memilihara ikan hias kecil air tawar yang mudah dipelihara banyak memberikan keuntungan bagi Anda. Karena apabila memelihara kucing, anjing, burung atau kelinci biasanya dapat menyebabkan lingkungan rumah Anda kotor dan bau. Selain itu ikan merupakan hewan yang tidak mengeluarkan suara sehingga tidak berisik.

Masih ada lagi manfaat memelihara ikan hias. Menurut penelitian, memelihara ikan hias di rumah dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Pemandangan gerak-gerik ikan hias di dalam akuarium atau dalam kolam ikan dapat menenangkan pikiran dan dijadikan obat penghilang stress. Nah, bagi Anda yang sering mengalami stress, tekanan darah tinggi atau menderita penyakit Alzheimer, Anda bisa mencoba memelihara ikan hias dirumah. Atau bagi Anda yang sering mencari ide dan inspirasi, ikah hias juga bisa menjadi solusi agar cepat menemukan inspirasi atau ide-ide baru. Berikut beberapa jenis ikan hias kecil air tawar yang mudah dipelihara :

10 Ikan Hias Kecil Air Tawar yang Mudah dipelihara

Ikan Hias Kecil Air Tawar yang Mudah dipelihara

Ikan Hias Kecil Air Tawar yang Mudah dipelihara

Baca Juga:

 

  1. Ikan Mas Koki

Jenis ikan ini sudah sangat populer dan banyak orang memilihara ikan mas koi. Ikan mas koi menjadi ikan hias yang favorit karena merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang mudah dicari. Ikan ini terkenal dengan bentuknya yang sangat menggemaskan dengan mata balon dan bentuk tubuhnya yang unik dengan ekor yang indah sehingga apabila diamati dari luar akuarium sangat menggemaskan.

  1. Ikan Hias Koi

Ikan hias koi sering dipelihara di dalam kolam ikan yang terdapat di halaman rumah ataupun di taman-taman dalam rumah. Ikan koi terkenal dengan keindahan warna kulitnya yang cerah dan berwarna-warni. Gerak-gerik ikan ini dipercaya mampu menenangkan pikiran apalagi jika ditambah dengan adanya air mancur buatan di kolam ikan, maka suara air yang gemericik semakin menambah rasa tenang dan nyaman untuk mengusir stress.

  1. Ikan Hias Sumatra

Sesuai namanya, ikan hias yang satu ini berasal dari pedalaman pulau sumatra dan warnanya juga mirip dengan harimau sumatra yaitu loreng hitam dan orange. Bentuk tubuhnya yang mungil sekitar 2-3 cm membuat ikan ini terkenal lincah sehingga apabila dipelihara dalam akuarium sangat indah.

  1. Ikan Cupang

Ikan cupang sangat populer dikalangan penggemar ikan karena ikan cupang merupakan jenis ikan hias kecil air tawar yang mudah dipelihara bahkan ikan ini bisa ditempatkan di mana saja dan tidak memerlukan bantuan pompa oksigen. Bentuk ikan cupang sangat indah, terutama pada siripnya sehingga membuat banyak kompetisi yang mempertaungkan keindahan sirip ikan cupang.

  1. Ikan Guppy

Ikan guppy merupakan ikan yang sangat mungil dengan panjang dari kepala hingga ekor sekitar 2,5 cm saja. Corak ekornya menjadi daya tarik tersendiri sehingga ikan hias yang satu ini banyak dipelihara di akuarium sebagai penghilang stress.

  1. Ikan Neon Tetra

Memeilihara ikan neon juga disarankan bagi Anda yang ingin menghilangkan stress. Gerak-gerik ikan ini yang suka bergerombol dipercaya dapat menenangkan pikiran. Warna kulitnya yang cerah juga sangat menarik perhatian mata.

  1. Ikan Discus

Ikan discus memiliki bentuk tubuh yang unik, yaitu sangat pipih. Selain itu warnanya juga sangat indah. Biasanya ikan hias ini memiliki warna kulit yang cerah sehingga membuat pikiran lebih fresh jika memandangnya dalam akuarium.

  1. Manfish

Ikan hias manfish bisa dibeli dengan harga sekitar 5000 rupiah saja. Ikan ini merupakan ikan hias kecil air tawar yang mudah dipelihara karena sifatnya yang sangat kalem dan harganya yang terjangkau. Sifatnya yang kalem dapat memudahkan Anda saat akan menguras akuarium.

  1. Rainbow Fish

Ikan hias rainbow merupakan jenis ikan hias kecil air tawar yang mudah dipelihara dan memiliki jumlah hingga 53 spesies. Ikan ini berasal dari Papua, Australia, dan Sulawesi. Siripnya yang mengkilap menghasilkan gradasi warna dengan warna tubuhnya membuat ikan ini terlihat indah apabila dipelihara dalam akuarium.

  1. Ikan Black Ghost

Ikan hias ini sesuai dengan namanya, warna tubuhnya adalah hitam pekat dengan adanya sedikit kombinasi warna putih dibagian ekornya. Black ghost merupakan jenis ikan hias kecil air tawar yang mudah dipelihara karena Anda hanya perlu memberi pakan 2 kali dalam sehari. Pakannya juga tidak terlalu sulit seperti jentik nyamuk, pelet, dan cacing.

Nah, itulah beberapa ikan hias kecil air tawar yang mudah dipelihara yang dapat membantu Anda menghilangkan stress. Nah, selain mudah dipelihara beberapa ikan hias yang telah disebutkan diatas juga dapat dipelihara tanpa bantuan pompa oksigen sehingga Anda tidak perlu repot-repot menyediakan pompa oksigen untuk menghasilkan gelembung udara. Ikan hias yang bisa dipelihara tanpa bantuan pompa oksigen diantaranya adalah ikan cupang dan ikan guppy.

Leave a Reply