Jenis Ikan Hias Aquascape yang Bisa Mempercantik Aquarium Anda

Aquascape didesain lebih ke arah tanaman hias air dan juga kayu sebagai media tanaman. Hal ini berbeda dengan akuarium yang diperuntukkan untuk memelihara ikan hias. Aquascape dalam proses pembuatannya memang membutuhkan perhatian khusus sehingga hasilnya akan terlihat indah ketika dilihat dari luar. Tidak hanya tanaman air yang ada di dalam aquascape yang berperan sebagai keseimbangan ekosistem dalam akuarium, ikan hias juga mampu memperelok tampilan aquascape Anda. Namun, sayangnya tidak semua ikan hias cocok untuk aquascape Anda. Berikut ini beberapa jenis ikan hias aquascape yang semakin mempercantik aquarium Anda.

Jenis Ikan Hias Aquascape yang Bisa Mempercantik Aquarium Anda

Ikan Hias Aquascape

Ikan Hias Aquascape

Baca Juga:

 

  • Ember Tetra

Ikan hias aquascape yang sangat populer adalah Ember Tetra, ikan hias berwarna jingga terang dan berukuran sangat kecil. Disebut Ember Tetra karena memiliki warna jingga-darah yang terang pada tubuh ikan ini. Ikan hias jenis ini berenang secara berkelompok (schooling) sehingga akan menghasilkan jejak warna cerah di dalam aquascape Anda. Ikan ini juga sangat cocok untuk hidup di pH dengan kadar rendah dan menjadi pilihan terbaik untuk melengkapi keindahan aquascape Anda.

  • Congo Tetra

Congo Tetra adalah jenis ikan yang berasal dari sungai Kongo di Afrika ini memiliki perpaduan warna yang indah. Congo Tetra termasuk ke dalam jenis ikan yang secara aktif bergerak sehingga dinilai efektif untuk menarik ikan lain agar tidak bersembunyi di aquascape Anda. Selain Ember Tetra, Congo Tetra juga termasuk ikan yang paling banyak dipelihara dalam akuarium ataupun aquascape. Corak pada tubuh ikan hias aquascape didominasi warna perak dan pada tubuh bagian bawah ikan ini berwarna biru aquamarine, sedangkan pada tubuh bagian atas berwarna kuning keemasan. Ikan ini mengkonsumsi krustasea kecil dan pakan buatan

  • Neon Tetra

Ikan yang disebut mirip dengan Kardinal Tetra ini dapat Anda bedakan melalui warnanya. Garis merah yang melintang yang terputus di daerah perut serta garis biru yang tidak menutupi bagian punggung ikan ini membedakannya dengan Kardinal Tetra yang garis biru dan merah melintang sepanjang tubuh. Ukuran ikan hias aquascape ini maksimal kurang dari 1 inci , bahkan ketika tumbuh besar pun masih terlihat imut. Neon Tetra dijual dengan harga yang murah dan hampir bisa dibeli di semua toko hewan peliharaan ataupun toko aquarium. Dengan harga yang relatif murah, Anda bisa membeli Neon Tetra dalam jumlah 50-100 ekor agar ikan ini berenang secara berkelompok.

  • Discus

Ikan hias aquascape yang dianggap paling unik dan berwarna-warni. Discus berasal dari Amazon yang memiliki perairan gelap, sehingga warna cerah dari ikan ini dinilai untuk menemukan dan menarik pasangan. Tidak perlu bingung, Discus mampu hidup di kadar air dengan pH rendah. Meskipun dengan tampilan warna yang menarik di tubuhnya, Discus dapat tumbuh lebih besar, sehingga membutuhkan aquascape berkapasitas minimal 100 galon (378 liter). Ikan hias ini dapat dikombinasikan dengan ikan jenis Tetra dan akan menambah cantik aquascape Anda.

  • Guppy

Semua mata tertuju pada ikan hias aquascape yang satu ini. Guppy dinilai sebagai jenis yang paling terang dan tangguh di antara spesiesnya. Untuk pejantan, Guppy memiliki ekor yang besar dan terang sebagai status untuk menarik perhatian betina. Ikan hias ini memiliki hampir memiliki semua jenis warna yang intens. Sehingga menghadirkan Guppy dalam aquascape Anda menjadi pilihan yang sangat tepat. Ikan yang tidak suka dengan aliran air deras ini lebih memilih lingkungan yang lebih lambat. Sayangnya Guppy juga termasuk ikan yang rentan terhadap spesies lain, khususnya pada bagian sirip, sehingga Anda harus memelihara ikan ini dengan baik. Berbeda dengan Tetra yang berenang secara berkelompok, Guppy justru tidak demikian Karena kurangnya predator di alam.

  • Angel Fish

Angle Fish yang menjadi ikan favorit di akuarium kini juga menjadi primadona di aquascape. Berbeda dengan jenis-jenis ikan di atas yang tahan terhadap kadar air, ikan hias aquascape ini lebih sensitif terhadap perubahan kualitas air. Sehingga, jika Anda ingin memelihara ikan satu ini yang perlu diperhatikan adalah pengaturan CO2 harus memanfaatkan solenoid valve sehingga menghentikan CO2 pada malam hari.

Hal ini berguna dalam membantu untuk meminimalisir masuknya CO2 ketika tanaman sedang bernapas dan mencegah penurunan kadar pH pada air. Untuk Angle Fish jenis standar dapat tumbuh cukup besar sehingga memerlukan aquasape yang lebih besar pula. Selain memiliki keindahan, ikan ini juga aman terhadap tanaman air dan terlihat elegan untuk berbagai aquascape. Angel Fish memiliki karakter yang tenang dan kalem ini senang mengkonsumsi palet, cacing beku, serta udang. Sehingga bila di aquascape Anda terdapat udang hias, Anda perlu memperhatikannya lebih lanjut.

Simak artikel berikutnya tentang harga akuarium yang bisa Anda pilih untuk keperluan pembuatan aquascape yang indah

Leave a Reply