Ikan Hias Air Tawar Berskala Aquarium Maupun Kolam

Ikan merupakan salah satu jenis hewan yang hidup di air dan biasanya banyak untuk dipelihara. Entah untuk keperluan sebagai hiasan saja atau untuk keperluan lain, banyak orang yang memutuskan untuk memelihara ikan. Jika hanya sebagai hiasan saja, biasanya yang mudah untuk dipelihara adalah ikan hias air tawar.

Tahukah Anda, Indonesia adalah pemasok ikan hias air tawar terbesar di dunia. Ikan hias yang dipasok mencapai sekitar 70% ke manca negara. Sehingga banyak ikan hias yang dibudidayakan di Indonesia. Antara ikan hias baik air tawar maupun ikan hias air laut ternyata lebih mudah untuk dipelihara yaitu ikan hias dari air tawar. Ada beberapa hal yang melatarbelakangi ikan hias dari air tawar lebih mudah dipelihara, antara lain :

  • Teknologi-teknologi yang diperlukan untuk memelihara ikan hias yang berasal dari air tawar lebih sederhana dan bisa ditemukan di toko perikanan.
  • Biaya yang diperlukan untuk membudidayakan ikan hias air tawar lebih terjangkau sehingga bisa dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Ikan hias air tawar ini bisa dipelihara dengan menggunakan aquarium atau bisa juga dipelihara menggunakan kolam. Hal ini disesuaikan dengan tujuan pemeliharaannya. Jika hanya untuk sebagai hiasan saja, maka menggunakan aquarium adalah yang cocok untuk dilakukan. Sedangkan, jika memelihara ikan hias ini adalah sebagai pemenuhan konsumsi atau untuk dijual belikan, maka ikan hias dari air tawar perlu dipelihara di kolam.

Berikut ini akan dibahas ikan hias dari air tawar untuk skala aquarium dan kolam yang bisa menjadi rekomendasi bagi Anda para pecinta ikan atau pembudidaya ikan.

 

Ikan Hias Air Tawar Berskala Aquarium Maupun Kolam

 

Ikan Hias Air Tawar

Ikan Hias Air Tawar

 

Baca Juga:

 

 

Ikan hias air tawar untuk dipelihara skala aquarium, antara lain :

  1. Ikan Cupang.

Ikan Cupang dengan nama Latin Betta splendens ini merupakan salah satu ikan hias yang banyak ditemukan di perairan Asia Tenggara. Ikan ini memiliki sifat agresif dan protektif dimana ikan ini dapat diadu atau ditarungkan dengan ikan sejenisnya. Kemampuan bertahan hidupnya pun cukup unik, karena bisa tetap bertahan hidup pada lingkungan yang minim oksigen.

Ikan Cupang adalah ikan hias dari air tawar yang cukup terkenal di dunia anak kecil, karena sifat ikannya yang dapat diadu. Selain karena dapat diadu, ikan cupang terkenal juga karena keindahan sisik dan ekornya. Sehingga ikan ini banyak diminati oleh banyak kalangan tidak hanya kalangan anak kecil saja. Ikan ini juga banyak dilombakan dengan mengusung nama Kontes Ikan Cupang.

 

  1. Ikan Fantail Guppy

Ikan dengan nama Latin Poecilia reculata, disebut sebagai ikan yang mirip dengan seorang wanita yang sedang memakai rok. Tubuhnya hanya memiliki panjang sekitar 2-2,5 inchi. Ikan Guppy jantan memiliki warna sisik yang lebih menyala dan indah dibandingkan dengan ikan betina yang memiliki warna kusam. Perkembangbiakannya cukup cepat, hanya memerlukan waktu 4-5 minggu untuk menghasilkan 30-100 anakan.

 

  1. Ikan Louhan

Ikan ini sempat ramai di Indonesia, dan hingga sekarang masih banyak diminati oleh masyarakat dunia. Ikan hias jenis ini tergolong ikan hias termahal. Daya tarik ikan ini yaitu terletak pada bagian tubuhnya yang seolah-olah membentuk suatu tulisan. Selain itu, benjolan di kepala ikan Louhan juga menjadi keunikan tersendiri bagi para pecintanya. Ikan ini cukup agresif sehingga bisa menjadi predator dan siap memangsa ikan jenis lain.

 

  1. Ikan Mas Koki

Pemilik nama Latin Carrassius auratus merupakan ikan yang banyak dicari oleh para pecinta ikan hias karena bentuknya yang unik, indah, dan lincah. Sehingga ikan ini cocok untuk hiasan di aquarium.

Selain ikan hias air tawar yang dikembangkan di aquarium, ada pula ikan hias yang bisa dipelihara dalam skala besar seperti kolam, ikan-ikan tersebut antara lain :

  1. Ikan Mas Koi

Ikan ini merupakan ikan hias yang berasal dari air tawar yang sering kali di temui di kolam ikan rumahan. Ikan ini cocok untuk dipelihara pada skala kolam karena keindahan dari ikan ini adalah terletak pada bagian punggungnya.

  1. Ikan Wakin

Ikan ini hampir mirip dengan ikan Mas Koi yang cocok juga untuk dipelihara di kolam ikan.

  1. Ikan Kumpai

Ikan ini memiliki sirip yang panjang dan berumbai. Letak keindahannya pun pada bagian punggung dari ikan ini. Sehingga sangat cocok untuk menjadi hiasan berskala kolam.

  1. Ikan Komet

Ikan ini memiliki tubuh yang kecil dengan warna yang indah untuk dipandang. Ikan ini sering disebut sebagai anakan dari ikan Mas Koi.

Itulah beberapa ikan hias air tawar yang dapat dipelihara di aquarium atau di kolam. Anda bisa mencoba untuk memeliharanya, sebagai hiasan atau hiburan di rumah. Secara tidak langsung, ikan hias membantu Anda untuk menghibur diri dan menghilangkan penat dalam kehidupan sehari-hari

Leave a Reply